2 Cara Screenshot Paling Mudah di Laptop

Ada beberapa cara screenshot gambar di laptop yang bisa kita coba. Salah satunya dengan menggunakan aplikasi screenshot seperti Greenshot atau bisa juga menggunakan aplikasi ShareX. Kadang kita sering kepo ya, mana aplikasi screenshot yang terbaik di antara keduanya. Padahal kita tahu ada banyak sekali aplikasi screenshot PC yang bisa kita pakai.

Meski demikian kita biasanya cenderung lebih nyaman memakai salah satu aplikasi saja. Enggak perlu mengaktifkan semua untuk satu perangkat laptop. Masalahnya untuk menentukan aplikasi mana yang paling pas untuk kita ini butuh referensi dari pengalaman pengguna. Atau bisa juga kita coba satu persatu untuk melihat fungsi menu dan fitur-fiturnya.

Namun, ada cara lebih simpel yang bisa kita coba tanpa harus mencoba satu persatu aplikasi screenshot tersebut. Kita bisa baca-baca artikel tutorial atau review mengenai aplikasi tersebut. Sehingga kita bisa tahu gambaran dari aplikasi screenshot yang akan kita pakai. Seperti yang pernah ditulis dalam artikel Cara Screenshot di PC, bahwa apapun aplikasi screenshot yang kita pakai, enggak ada masalah. Asal kita nyaman dan mendapatkan hasil yang kita inginkan.

Jika di artikel Cara Screenshot PC dibahas mengenai tutorial screenshot menggunakan aplikasi Lightshot dan Snipping Tools, maka di artikel ini akan dibahas bagaimana cara melakukan screenshot di laptop menggunakan aplikasi Greenshot dan ShareX.

Nah, bagaimana caranya?

Screenshot Menggunakan Aplikasi Greenshot

Pertama, kita perlu download dan install aplikasi Greenshot di laptop kita. Di mana mendapatkan aplikasi tersebut, silakan klik aja link: Download Greenshot.

Tinggal pilih saja kita mau download aplikasi Greenshot untuk Windows atau Mac. Disesuaikan saja dengan sistem pada perangkat laptop yang kita pakai.

Kedua, jika sudah terinstall, selanjutnya kita bisa mulai melakukan setting aplikasi Greenshot. Setting ini dilakukan untuk mengatur hotkey sebagai tombol mode screenshot yang kita gunakan.

Caranya buka aplikasi Greenshot, klik menu “General” dan mulailah melakukan pengaturan. Untuk lebih mudahnya silakan setting seperti yang ditunjukkan pada gambar di bawah ini:

Ketiga, untuk melakukan screenshot, silakan klik icon aplikasi Greenshot yang ada di taskbar pada pojok kanan bawah. Ada 5 mode screenshot yang disediakan, silakan pilih salah satu saja sesuai kebutuhan.

Setelah kita seleksi bidang yang dicapture, selanjutnya akan muncul menu pilihan di pojok kanan bawah. Kita bisa memilih tindakan selanjutnya, apakah hendak menyimpan hasil screenshot atau mengeditnya di lembar kerja editor gambar terlebih dulu.

Keempat, jika kita memilih “Open in image editor,” maka akan terbuka jendela baru yang menyajikan gambar hasil capture dan beberapa menu untuk melakukan editing gambar. Silakan tambahkan elemen sesuai yang kita inginkan.

Kelima, jika sudah selesai selanjutnya tinggal klik “Save” maka gambar hasil screenshot akan tersimpan di laptop.

Screenshot Menggunakan Aplikasi ShareX

Cara melakukan screenshot menggunakan aplikasi ShareX, enggak jauh beda dengan aplikasi lainnya. Pertama kita harus download dan install dulu aplikasinya di laptop. Link downloadnya ada di sini: ShareX Download.

Besar file-nya sekitar 7,53 MB, sehingga enggak terlalu berat ketika didownload dan diinstall ke laptop. Anggap aja kita sudah menginstalnya di laptop ya. Selanjutnya kita coba melakukan screenshot menggunakan aplikasi tersebut.

Pertama, silakan jalankan aplikasi ShareX. Bila melalui tombol start atau mealui icon yang ada di taskbar.

Akan muncul jendela baru yang menunjukkan daftar hotkey dan deskripsinya yang menjelaskan mode-mode screenshot yang bisa kita gunakan. Selain itu juga tampilan beberapa menu di bar aplikasi ShareX.

Kedua, untuk melakukan screenshot, kita bisa lakukan dengan menekan hotkey di keybord laptop. Di sini kita harus ingat tombol apa saja yang harus digunakan. 

Jika kita merasa susah mengingat hotkey, kita bisa coba lakukan screenshot melalui aplikasi ShareX. Caranya tinggal buka saja aplikasinya, lalu klik menu “Capture” kemudian pilih mode screenshot yang kita inginkan. 

Setelah kita klik, maka gambar hasil capture akan muncul di lembar kerja aplikasi ShareX. Di lembar kerja ini kita bisa langsung upload atau bisa juga melakukan editing tambahan. 

Untuk melakukan editing, silakan klik menu “Tools” kemudian pilih “Image Editor.” Kemudian klik “Load image from clipboard.” Beberapa saat kemudian akan muncul jendela baru seperti lembar kerja editing gambar. Silakan klik “Save” jika sudah selesai.

Ketiga, silakan lihat hasil screenshot di folder “Screenshot” yang ada dalam folder “ShareX” yang terdapat dalam folder “Dokumen” di laptop kita.

Nah, mudah sekali bukan? Silakan coba dan rasakan mana aplikasi yang paling nyaman buat kita. 

Itulah cara screenshot di laptop dengan menggunakan aplikasi Greenshot dan ShareX. Semoga bermanfaat, silakan share artikel ini agar banyak yang mendapat manfaat dari artikel ini.

Tags: