Amalan Pengganti Sedekah

Sedekah merupakan amalan yang dianjurkan. Ini termasuk dalam kategori amalan sholeh yang bisa menghantarkan seseorang menuju surga Allah yang kekah. Sejatinya, seorang muslim selalu berlomba-lomba dalam melakukan sedekah.

Mereka yang memiliki harta berlimpah bisa menyedekahkan sebagian hartanya untuk saudaranya yang kurang mampu. Sebenarnya, terdapat beberapa amalan yang memiliki pahala sebanding dengan sedekah harta.

Simak ulasan tentang amalan-amalan pengganti sedekah harta berikut.

6 Amalan Pengganti Sedekah

Amalan-Pengganti-Sedekah

Sedekah dengan tulus dan ikhlas akan membuat seseorang dijamin oleh surga-Nya Allah. Selain sedekah harta, seorang muslim juga bisa melakukan beberapa amalan yang setara dengan sedekah harta.

1. Menolong orang yang membutuhkan bantuan

Manusia sejatinya adalah mahluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Setiap manusia membutuhkan manusia lain untuk bisa bertahan hidup. Jika Anda melihat orang yang sedang kesulitan kemudian Anda membantunya dengan tulus dan ikhlas, hal tersebut sama halnya ketika Anda sedang melakukan sedekah harta.

Menolong orang lain bukan hanya bisa dilakukan dengan memberikan harta saja. Karena setiap kebaikan yang diberikan baik itu sangat kecil akan tetap bernilai bagi Allah. Hendaklah setiap manusia untuk saling tolong menolong untuk bisa hidup dengan damai di dunia dan kelak di akhirat.

2. Menegakkan kebenaran atau kejujuran

Jujur adalah senjata yang harus ditegakkan oleh setiap manusia. Orang yang jujur atau amanah akan selalu mendapatkan kemuliaan. Maka, jujurlah pada setiap tindakan. Berlaku jujur dalam setiap tindakan memiliki pahala yang sebanding dengan sedekah harta.

Tidak semua orang bisa menegakkan kejujuran. Diperlukan sebuah keikhlasan untuk berkata jujur. Selain itu, kejujuran juga memerlukan sebuah kesadaran. Jika sudah demikian, maka orang tersebut benar-benar menjadi orang yang beruntung. Beruntung karena akan mendapatkan pahala sedekah, dan beruntung pula karena akan mendapatkan kemuliaan dari Allah.

3. Mengerjakan Sholat Dhuha

Salah satu keutamaan dari sholat dhuha adalah memiliki nilai amalan yang sebanding dengan bersedekah. Mengerjakan sholat dhuha memiliki keutamaan sedekah jika kita dengan ikhlas dan sungguh-sungguh melakukannya. Maksud dari kata sedekah di sini ialah ketika melakukan ibadah shalat Dhuha kita melibatkan 360 persendian di dalam tubuh.

Ganjaran sebanyak persendian itu pula yang nantinya akan didapatkan oleh manusia yang mengerjakan sholat dhuha dengan khusyu’ dan sungguh-sungguh.

Hal tersebut sesuai dengan Hadist Rasulullah. Beliau bersabda bahwa pada setiap persendian dalam diri seseorang terdapat sedekah. Setiap tasbih adalah sedekah. Setiap tahmid adalah sedekah. Setiap tahlil dan takbir adalah sedekah. Dan dua rakaat sholat dhuha setara dengan semua hal tersebut.

4. Mengerjakan Dzikir

Rasulullah SAW bersabda bahwa ketika seorang muslim membaca takbir, tahmid, dan tasbih sejumlah 33 kali setelah sholat maka dosa-dosanya akan diampuni meskipun dosanya sebanyak buih di lautan. Selain itu, setiap tasbih takbir dan tahlil memiliki nilai sedekah.

Jadi, bukan hanya orang yang memiliki harta melimpah saja yang bisa melakukan sedekah. Jika Anda merasa tidak punya apa-apa, maka bersedekahlah dengan cara yang lain. Cukup lantunkan kalimat dzikir dan amalan tersebut sudah bernilai seperti Anda melakukan sedekah harta.

5. Menahan diri agar tidak melakukan perbuatan yang dilarang agama

Islam mengajarkan setiap manusia untuk selalu menunaikan apa yang diperintahkan Allah dan menjauhi apa yang dilarang Allah. Namun ternyata, setan memiliki kemampuan yang sangat dahsyat dalam mengganggu umat manusia agar terjerumus ke lumpur dosa.

Banyak orang yang tidak bisa menahan diri dan melakukan perbuatan-perbuatan yang dilarang agama seperti zina, berbohong, memfitnah, dan masih banyak lagi. Namun, seorang muslim yang mampu menahan diri untuk tidak melakukan perbuatan yang dilarang oleh agama memiliki pahala sama seperti ketika muslim bersedekah.

6. Bekerja di jalan Allah

Setiap orang wajib bekerja untuk menjemput rizki dari Allah. Tahukah Anda, jika Anda bekerja kemudian hasil pekerjaan tersebut bermanfaat untuk orang lain adalah termasuk bersedekah. Jadi, bekerjalah dengan ikhlas sehingga Allah akan menambahkan kenikmatan untuk Anda.

Simak dan baca : Doa Perlindungan

Jangan ragu untuk bersedekah. Sedekah itu bisa dilakukan dengan berbagai macam cara. Seseorang yang tidak memiliki harta sama sekali pun tetap bisa melakukan sedekah. Apalagi jika Anda memiliki banyak harta. Jangan pernah berpikir akan menjadi miskin kalau bersedekah dalam jumlah banyak.

Tags: