Aplikasi Edit Lagu Mp3

Memutar sebuah lagu menjadi aktivitas yang menyenangkan. Kadangkala kita juga butuh sebuah aplikasi edit lagu untuk menciptakan lagu baru sesuai keadaan hati. Apakah kamu juga begitu?

Mengedit sebuah lagu memang membutuhkan skill yang bagus dan olah rasa yang baik agar hasilnya enak didengar.

Berikut ini beberapa pilihan terbaik aplikasi edit musik yang berhasil kami kutip dari situs teknologi, Gawainesia.

1. Timbre 

timbre edit lagu

Aplikasi edit mp3 yang paling banyak penggunanya salah satunya adalah Timbre. Aplikasi ini bisa untuk mengedit audio maupun video. Kamu juga bisa menggunakan Timbre tanpa harus membayar aplikasinya.

Timbre memiliki fitur yang sangat disukai orang awam. Di antara fitur yang menjadi favorit para pengguna adalah pengubahan kecepatan audio, audio dan video joiner hingga pemotong audio dan video.

Kamu juga bisa mencari referensi lagu di perpustakaan FFmpeg yang disediakan Timbre. Banyaknya lagu yang ada bisa dieksplorasi akan memenuhi sesuai dengan selera musikmu.

Terdapat beberapa format audio yang bisa kamu gunakan dalam aplikasi Timbre ini, sehingga kamu bisa mengedit lagu dari berbagai sumber. Berikut format yang disediakan: M4A, FLAC, MP3, WMA, ALAC, WV, OGG, AAC, WAV, PCM, AIFF.

2. Music Maker Jam

Edit Music Maker Jam

Melakukan edit lagu di hp tampak mengasyikkan bukan? Kamu bisa melakukannya dengan mudah! Caranya cukup mengunduh aplikasi Music Maker Jam melalui Google Play dan App Store.

Music Maker Jam dibekali fitur yang sederhana tetapi dapat meningkatkan kreativitasmu dalam mengedit lagu. Kamu akan diberikan referensi lebih dari +300 paket lagu dan +100 lagu single.

Hasil edit lagu akan semakin enak didengar, saat ditambah efek suara dari Music Maker Jam. Selain itu, kamu juga bisa langsung memposting hasilnya di media sosial seperti facebook, instagram, dsb.

3. Music Speed Changer

Music Speed Changer

Kamu bisa melakukan editing lagu dengan hanya menggunakan smartphone saja. salah satu aplikasi yang direkomendasikan adalah Music Speed Changer. 

Aplikasi edit audio ini mampu mengubah audio dengan kecepatan tinggi tanpa mengubah titi nada yang sudah baku. Ada banyak fitur yang bisa kamu gunakan, di antaranya adalah:

  • Pemutaran ulang, kamu bisa memutar ulang editan lagu yang sudah dibuat sehingga memungkinkan untuk diperbaiki lagi.
  • Pengatur tempo dan ritme, Music Speed Changer juga membekali aplikasi dengan fitur pengatur tempo dan ritme untuk menghasilkan nada-nada baru. 
  • Pembalik audio, mengubah nada lagu menjadi terbalik, tetapi tetap dinamis dan enak didengar. 

Music speed changer juga akan selalu diperbaharui dengan fitur terkini sehingga aplikasi ini tidak akan ketinggalan zaman. Tidak perlu bergonta-ganti aplikasi bukan?

4. MP3 Cutter and Ringtone Maker

Edit MP3 Cutter and Ringtone Maker

Aplikasi pemotong lagu bernama MP3 Cutter and Ringtone Maker ini bisa memudahkan kamu dalam membuat kreasi lagu baru melalui proses editing. Kamu cukup membutuhkan hp sebagai alatnya. 

Kemudahan lain dari aplikasi ini adalah bisa menyimpan hasil editan secara langsung di memory internal/ eksternal. Cara mendapatkan aplikasinya, cukup diunduh melalui Google Play dan Appstore. 

Fitur yang disediakan MP3 Cutter and Ringtone Maker cukup lengkap, modern dan mudah digunakan. Kamu bisa bebas membuat editan dengan tambahan efek suara dan pengaturan tempo musik. Sungguh keren bukan?

5. AudioLab

AudioLab Edit Lagu

AudioLab menjadi sebuah aplikasi terobosan untuk mengedit lagu dengan fitur paling paling modern, maju dan cepat. Aplikasi ini dikenal menghasilkan suara jernih dan jelas layaknya rekaman di studio. 

Kamu akan diberikan fitur yang cukup lengkap dan sangat mudah digunakan, di antaranya yakni fade in and fade out, pengaturan volume dan tempo audio, trimmer audio, extract audio, dan sebagainya.

Kamu bisa menggunakan aplikasi ini jika format lagunya berupa WMA, AAC, MP3,, FLAC, WAV, dan M4A. Jika kamu ingin membagikan hasil editan ke media sosial, cukup tekan ‘share’. Mudah bukan?

6. WaveEditor

WaveEditor Edit Mp3

Salah satu aplikasi edit lagu terbaik untuk hp Android dan iOS adalah WaveEditor. Aplikasi ini akan memudahkan kamu untuk mengedit audio dan membuat rekaman hanya menggunakan hp saja. 

WaveEditor ini telah melengkapi aplikasinya dengan beberapa efek musik keren yang bisa digunakan, misalnya: crusher, normalisasi, filter, paduan suara, dan lain-lain.

Beberapa fitur menarik yang ditawarkan WaveEditor bisa kamu gunakan secara optimal untuk mengedit sebuah lagu favorit, di antaranya adalah:

  • Pengaturan screen.
  • Rekaman audio.
  • Editing dan mixing multi-track.
  • Format rekaman MP3 dan WAV.
  • Fungsi Panning, seleksi dan zooming.
  • Alat visual osiloskop, spektogram dan FFT.
  • Format impor dan ekspor file.
  • Browser file built-to.
  • Tersedia meter amplitudo.
  • Adanya mikrofon USB.

7. MS Studio

MS Studio Edit Lagu Mp3

Salah satu aplikasi edit musik yang cukup profesional adalah MS Studio. Aplikasi ini memiliki beberapa fitur edit cukup lengkap seperti pemotongan lagu, MP3 Spitter hingga pengaturan tempo. 

Semua fitur canggih yang ada pada aplikasi ini bisa kamu gunakan secara gratis. Hal ini bisa dioptimalkan untuk meningkatkan skill editing. Jangan lupa untuk membagikannya ke media sosial.

MS Studio adalah aplikasi masa kini yang bisa memenuhi kebutuhan generasi milenial dalam meningkatkan kreativitas bermusik tanpa harus dihalangi budget, waktu dan tempat. 

8. AudioDroid

AudioDroid Musik Editor

Aplikasi yang tidak kalah menarik dari beberapa yang telah disebutkan di atas adalah AudioDroid. Kamu bisa mengunduhnya secara gratis melalui App store maupun Google Play. 

AudioDroid didukung dengan format audio WAV, AAC, MP3, MP4 dan AMR. Kamu bisa juga mengonversinya ke beberapa format lain.

Fitur yang disediakan aplikasi ini cukup lengkap dan membantu kamu untuk membuat kreasi lagu baru, misalnya nada alarm, pemberitahuan, dan iring. 

Kamu juga bisa membagikan hasil karya edit musik melalui sosial media seperti instagram, twitter, facebook, email, bluetooth, hingga whatsapp. Sangat keren dan memudahkan bukan?

9. FL Studio Mobile

FL Studio Mobile Editor

Kamu tidak perlu bingung lagi dan repot-repot membuka laptop ketika akan menggabungkan mp3 favoritmu. Kamu bisa melakukannya lewat smartphone melalui aplikasi FL Studio Mobile.

Ada beberapa fitur yang bisa kamu gunakan untuk proses mengedit lagu, di antaranya adalah:

  • Keyboard piano dan drum pads
  • Efek lagu berjumlah +2 juta
  • Impor dan ekspor file audio
  • Mixer musik
  • Pengontrol MIDI
  • Wifi support 
  • Tata letak layar

10. Lexis Audio Editor

Lexis Audio Editor Mp3

Lexis Audio Editor merupakan salah satu aplikasi editor musik yang paling banyak penggunanya. Aplikasi ini bisa kamu unduh melalui Appstore dan Google Play secara cuma-cuma. 

Beberapa format audio yang bisa kamu gunakan dalam aplikasi ini yakni WMA, AAC, M4A, WAV dan FLAC. Sedangkan fitur yang melengkapi aplikasi ini adalah:

  • Normalisasi audio
  • Fade in and fade out
  • Trimmer audio 
  • Mixing audio
  • Kompresor audio
  • Perekam audio
  • Pemutar ulang lagu
  • Ten-band equalizer

Lexis Audio Editor akan memperbarui fitur barunya pada dua minggu atau sebulan sekali. Hal ini akan membuat aplikasi edit lagu di smartphone kamu tidak akan ketinggalan tren. 

Kamu bisa mengasah kemampuan editing lagu dan musik melalui berbagai aplikasi edit lagu seperti yang sudah dijelaskan di atas. Aplikasi mana yang paling kamu suka atau paling sering kamu gunakan?

Tags: