Atap Galvalum

Selama ini, menggunakan genteng sebagai bahan atap rumah adalah hal yang rumlah selain menggunakan kayu dan juga triplek.

Tetapi ketiga bahan tersebut tidak lagi banyak digunakan utamanya untuk hunian bertajuk modern. Kini banyak orang yang menggunakan galvalum untuk atap rumah mereka. Material yang juga disebut baja ringan ini mengacu pada desain rumah di negara Jepang.

Ada banyak hal yang menjadi kelebihan menggunakan baja ringan ini sebagai atap rumah dibandingkan menggunakan material kayu, triplek, ataupun genteng.

Berapa harganya dan apa saja kelebihannya? Berikut informasi lengkapnya.

Pengertian Galvalum

Galvalum merupakan material yang biasa kita kenal dengan sebutan baja ringan. Material ini terbuat dari galvanis dan alumunium, sehingga disebut galvalum.

Karakteristiknya, tipis, ringat, dan lebih kuat disbanding material atap lainnya, kayu misalnya.


Harga Atap Galvalum

Secara umum, harga atap galvalum mulai dari Rp 40.000an saja. Anda dapat membeli atap jenis ini dalam satuan, meter, lembar, ataupun roll.

Untuk harga per lembar ada di angka Rp 270.000an, sementara harga per rollnya ada di angka Rp 2 jutaan.

Harga Seng Galvalum per Meter

NoUkuranKetebalanHarga
11,219 x 1m x 11,85 kg/meter1,2 mmRp 334.750
21,219 x 1m x 9,94 kg/meter1 mmRp 279.750
31,219 x 1m x 8,02 kg/meter0,8 mmRp 228.750
41,219 x 1m x 7,07 kg/meter0,7 mmRp 200.750

Harga Galvalum Merk Surya per Lembar

NoUkuranSatuanHarga
10,25 mm x 300 cm1 lembarRp 100.000
20,25 mm x 240 cm1 lembarRp 80.000
30,3 mm x 300 cm1 lembarRp 115.000
40,3 mm x 240 cm1 lembarRp 60.000
50,3 mm x 210 cm1 lembarRp 70.000
60,3 mm x 180 cm1 lembarRp 80.000

Kelebihan Atap Galvalum

1. Tipis dan lebih ringan.

Kelebihan pertama menggunakan galvalum sebagai material atap rumah adalah bahannya yang tipis dan juga ringan. Hal ini dikarenakan bahan penyusun galvalum adalah galvanis dan alumunium yang memiliki sifat lebih tipis.

Dengan menggunakan material ini untuk atap rumah, maka pekerja dapat memindahkannya dengan mudah. Berkenaan dengan kelebihan galvalum ini, situs dekadeko menyampaikan bahwa atap galvalum ini cocok untuk diterapkan di rumah perkotaan guna menghadirkan konsep rumah yang tampak luas dan luwes.

2. Bebas dari rapuh dan juga rayap.

Selain tipis dan ringan, galvalum juga bebas dari kerapuhan seperti yang dialami oleh triplek dan juga kayu. Bukan hanya itu, menggunakan baja ringan ini juga akan menghindarkan dari serangan hewan ganas yang menyerang kayu yakni rayap.

Dengan menggunakan galvalum, maka anda akan terhindar dari hal yang menjadi momok bagi rumah yang berbahan dasar kayu.

3. Lebih ekonomis.

Menggunakan galvalum sebagai pilihan atap anda akan memberikan anda kesempatan untuk menghemat banyak biaya.

Hal ini dikarenakan anda tidak perlu mengganti rangka atap rumah secara sering karena menggunakan galvalum sifatnya awet sekali. Atap jenis ini tergolong awet karena tahan terhadap rayap dan kelapukan pada rangka atap.

4. Proses pembangunan hunian yang relatif lebih cepat.

Berbeda dengan proses pemasangan atap dari kayu yang memerlukan pengukuran dan pemotongan yang akurat, memasang atap menggunakan galvalum lebih mudah untuk dilakukan. Anda dapat langsung memasang galvalum tersebut sebagai atap rumah anda.

Dengan begini, maka proses pembangunan hunian anda menjadi lebih singkat.

Yang lebih mengejutkan adalah, bahkan jika anda sedang membangun rumah bertipe 36, anda hanya akan membutuhkan waktu kurang lebih tujuh hari untuk pemasangan atap galvalum. Waktu ini sangat jauh berbeda dengan jika anda menggunakan bahan lainnya.

Sangat cepat, kan?

5. Lebih awet atau tahan lama.

Meskipun harga galvalum cukup terjangkau, nyatanya bahan ini mampu bertahan lebih lama dibandingkan dengan material atap lainnya.

Hal inilah yang melatarbelakangi mengapa galvalum banyak dipilih sebagai bahan atap untuk rumah, ruko, ataupun gudang.

Sifatnya yang lebih anti karat jika membuatnya menjadi favorit banyak orang.

6. Membuat hunian anda lebih kuat dan kokoh.

Selain banyak manfaat diatas, galvalum juga memiliki kemampuan untuk membuat rumah anda menjadi kokoh serta kuat.

Hal ini utamanya bagi anda yang tinggal didaerah yang memiliki potensi bencana alam yang tinggi. Tentu anda ingin memiliki hunian yang kokoh dan mampu melindungi anda serta keluarga, kan? Galvalum inilah jawabannya.

7. Cocok dengan ragam jenis cat.

Selain 6 keunggulan yang lain, atap galvalum juga memiliki keuggulan daya rekat yang lebih fleksibel dengan ragam jenis cat maupun warna, serta lebih tahan lama. Tentunya ini menjadi nilai plus agar hunian makin jadi menarik meskipun di tengah terik matahari.

Kelebihan yang dimiliki galvalum tersebut dapat menjadi pertimbangan untuk anda agar lebih memilihnya sebagai material atap rumah anda dibandingkan dengan bahan yang lainnya.

Tampaknya menggunakan atap galvanum menarik untuk dicoba, dimana saya bisa mendapatkannya?

Pastinya Anda bisa memperoleh di toko bangunan terdekat. Namun, saat ini penjualnya juga sudah banyak kita temukan di beragam toko online, misalnya tokopedia, bukalapak, atau indotrading. Apakah atap rumah anda sudah terbuat dari galvalum? Mungkin anda dapat mempertimbangkannya kembali.

Semoga artikel ini bermanfaat!

Tags: