Tips Mengatur Budget Wisata ke Sukabumi

Apakah Anda akhirnya memutuskan untuk melakukan perjalanan ke Sukabumi yang telah Anda impikan selama bertahun-tahun? Kira-kira wisata mana saja yang akan Anda telusuri? Berapa banyak budget wisata ke Sukabumi  yang Anda butuhkan untuk pengeluaran harian saat Anda bepergian?

Mengatur biaya perjalanan ke Sukabumi perlu diatur dengan sedemikian rupa karena besar dan kecilnya budget wisata dapat sangat bervariasi tergantung pada bagaimana Anda ingin bepergian dan di mana saja destinasi wisata Sukabumi mana saja yang Anda  telusuri. Untuk Anda yang bingung, inilah cara membuat anggaran budget untuk perjalanan dan liburan impian Anda ke Sukabumi.

Cara MengaturBudget Wisata ke Sukabumi

Buat anggaran untuk transportasi utama

Anda harus mengatur dengan baik bagaimana transportasi Anda untuk menuju ke kota Sukabumi, terutama jika Anda datang dari luar kota. Jika Anda masih di daerah Jawa Barat yang dekat dengan Sukabumi dan hanya perlu berkendara beberapa jam dari rumah, mengatur budget ke kota Sukabumi mungkin tidak akan menjadi bagian besar dari anggaran Anda.

Jika  Anda datang dari luar kota seperti Jakarta atau daerah Jawa Tengah dan sekitarnya, Anda dapat melihat harga kereta untuk menentukan anggaran perjalanan. Mulai penelitian Anda mengenai harga tiket untuk mendapatkan perkiraan berapa biayanya. Jika Anda datang dari Jakarta, maka Anda perlu pergi dahulu ke Bogor.

Dari Bogor ke Sukabumi naik kereta hanya perlu mengeluarkan biaya 20.000 rupiah saja untuk sekali perjalanan. Sementara jika Anda datang dari Jawa Tengah, khususnya Semarang, Anda perlu melakukan perjalan ke Bekasi terlebih dahulu dengan budget kereta sekitar Rp 130.000. Dari Bekasi ke Sukabumi, Anda membutuhkan anggaran sekitar Rp 45.000 menggunakan bus ekonomi non AC.

Buat anggaran untuk transportasi lain

Setelah membuat budget anggaran transportasi utama, kemungkinannya adalah Anda akan membutuhkan transportasi lagi begitu Anda tiba di tujuan. Transportasi umum adalah pilihan yang bagus dalam banyak kasus karena murah dan memberi Anda perspektif yang lebih lokal.

Pencarian sederhana di internet untuk transportasi umum di kota yang akan Anda tuju akan mengarahkan Anda dengan berapa harga tiket yang perlu Anda anggarkan. Teliti pilihan Anda dalam memilih transportasi dan tambahkan biaya transportasi ini ke anggaran perjalanan Anda.

Buat anggaran untuk akomodasi penginapan Anda

Penginapan juga dapat menjadi bagian besar dari anggaran Anda tergantung pada tempat Anda ingin menginap. Tentukan jenis akomodasi yang Anda sukai, apakah itu hotel, hostel atau wisma, atau baca ulasannya, dan lihat berapa harga untuk area yang ingin Anda kunjungi.

Pastikan untuk memperbanyak jumlah malam Anda akan berada di sana. Ingat, intinya adalah bukan untuk memilih tempat yang tepat Anda akan tinggal, tetapi untuk mendapatkan gambaran tentang berapa biaya penginapan di Sukabumi. Jika Anda ingin menginap di OYO atau Reddorz, harga kisaran mulai Rp 60.000- Rp 100.000. Jika Anda ingin menginap di hotel kisaran biaya adalah Rp 150.000- Rp 300.000

Buatlah anggaran untuk makanan

Makanan biasanya merupakan anggaran yang paling sulit untuk diperkirakan. Jika Anda bepergian ke daerah Citepus, Sukabumi, maka kisaran biaya yang Anda habiskan bisa mahal karena di sana adalah kawasan wisata. Apabila Anda ingin berhemat, cobalah untuk makan di warung-warung tradisional dengan tarif makanan mulai Rp 10.000.

Buat anggaran untuk kegiatan wisata

Apakah Anda akan melakukan tur pada liburan Anda? Apakah ada biaya masuk untuk museum, taman, atau objek wisata lainnya? Apakah Anda berencana melakukan sesuatu yang lebih mahal seperti scuba diving atau snorkling? Apakah Anda suka berbelanja saat bepergian? Jika Anda hanya membeli beberapa souvenir, Anda tidak perlu menganggarkan banyak biaya.

Pastikan Anda mengatur dengan baik budget wisata ke Sukabumi dengan baik berdasarkan trik-trik di atas. Jangan lupa tambahkan Geopark Ciletuh sebagai tujuan wisata Anda nantinya.

Tags: