Cara Belajar Fotografi untuk Pemula

Salah satu hobi yang sedang tren saat ini ialah fotografi. Banyak orang yang menggemari kegiatan tersebut mulai dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa sekalipun.

Fotografi bisa dilakukan baik dengan kamera ponsel hingga kamera DSLR dan mirrorless. Anda pun juga bisa memiliki hobi yang sama seperti mereka.

Untuk itu Anda perlu belajar fotografi mirrorless bagi pemula.

Barangkali Anda akan bertanya-tanya mengapa harus kamera mirrorless? Hal tersebut karena kamera mirrorless memiliki preview gambar yang lebih akurat serta mudah dibawa kemana-mana.

Lantas, apa saja hal yang perlu diperhatikan dalam belajar fotografi khususnya bagi pemula?

1. Kenali kamera fotografi Anda.

cara belajar fotografi untuk pemula

Jika Anda serius ingin belajar fotografi, sebaiknya Anda memiliki setidaknya kamera mirrorless. Persoalan harga, kamera mirrorless terbilang cukup terjangkau dan tersedia di pasaran. Persoalan kualitas? Tidak usah khawatir.

Sebab, beberapa kamera mirrorless sudah mampu menyalip kualitas kamrea DSLR khususnya kelar entry level. Menarik, bukan?

Untuk menemukan kamera mirrorless yang rekomended untuk belajar maupun profesional Anda bisa melihat ulasannya di Google, YouTube, melihat di website review: misalnya di situs rekomended.com, atau menanyakan langsung pada praktisinya.

2. Pahami pengaturan kamera Anda.

belajar fotografi untuk pemula

Setelah mempunyai kamera fotografi, sekarang waktunya Anda memahami dasar-dasar pengaturan kamera Anda.

Pahami benar-benar pengaturan kamera tersebut agar Anda tidak kebingungan dalam menjalankan fungsinya. Mulai dari auto hingga manual.

Kemudian, jangan lupa untuk memahami fungsi esensial lainnya demi mendapatkan hasil foto yang maksimal melalui kamera tersebut.

3. Praktik, praktik, dan praktik.

praktik belajar fotografi untuk pemula

Dengan sering membawa kamera kemana-mana, maka Anda pun akan rutin berlatih mengambil gambar yang ada di sekitar Anda. Jangan sampai hal-hal menarik di luar sana Anda lewatkan begitu saja tanpa mengabadikannya dengan kamera Anda.

Di samping itu, cara ini merupakan cara yang terbilang simple dan memudahkan Anda untuk belajar fotografi.

Jangan takut bereksperimen

Ketika Anda sedang belajar fotografi, maka sebaiknya Anda jangan sekalipun menyerah ketika melakukan kesalahan dalam pengambilan gambar.

Teruslah mencoba dan terus mencoba agar mendapatkan hasil yang diinginkan. Tanpa adanya latihan dan kesalahan, Anda tentu tidak akan tahu bagaimana skil Anda akan terlatih.

4. Perhatikan secara saksama objek bididkan Anda.

Ketika Anda tengah mengambil gambar, maka perhatikanlah secara saksama objek bidikan Anda. Bahkan tidak terkecuali objek-objek sederhana justru akan memberikan hasil foto yang memuaskan.

5. Kuasai settingan kamera dan pahami efeknya.

Untuk memaksimalkan hasil foto Anda, maka Anda harus mampu menguasai settingan kamera Anda serta memahami apa saja efek yang dapat Anda berikan pada objek bidikan Anda.

Dengan memahami settingan kamera tersebut, maka Anda akan mendapatkan hasil gambar yang memukau.

6. Nikmati setiap momen belajar Anda.

belajar fotografi

Ketika belajar fotografi, sebaiknya Anda jangan gegabah. Semua hal perlu proses untuk menjadi ahli. Belajarlah dan terus belajar serta nikmatilah setiap momen fotografi Anda dengan mengcapture hal-hal menarik di luar sana.

7. Setting objek bidikan foto Anda dengan format RAW.

Saat Anda hendak membidik objek, sebaiknya Anda melakukan setting terlebih dahulu pada kamera mirrorless Anda dalam format RAW.

Dengan melakukan setting kamera menggunakan format RAW, maka Anda akan memperoleh keuntungan dalam hal keleluasaan Anda ketika hendak kembali mengotak-atik hasil objek bidikan Anda.

8. Upgrade ilmunya.

Baik di YouTube, blog, ataupun buku saat ini banyak yang memberikan ilmu photography. Youtube misalnya, ada channel om Triadi Darwis yang bisa Anda serap ilmu-ilmunya, akadika, Hery Mulyadi, dan channel lainnya.

Atau bisa pula mengikuti kelas photographynya di official websitenya om Tradi Darwis.

Di samping 9 hal tersebut, ketika Anda memutuskan untuk belajar fotografi, Anda juga dapat memanfaatkan internet sebagai sumber referensi, mengenali exposure, komposisi dan lensa kamera Anda serta yang tidak kalah penting adalah membuat daftar yang ingin Anda dapatkan.

Semoga artikel seputar fotografi bagi pemula tersebut dapat bermanfaat bagi Anda. Selamat mencoba.

Tags: