Cara Install Driver Windows

Driver merupakan sebuah perangkat lunak yang memiliki tugas mengontrol setiap perangkat keras yang terpasang pada komputer. Hal ini dilakukan agar perangkat keras tersebut bisa berfungsi dengan baik, karena tanpa driver, beberapa perangkat keras tidak akan bisa berfungsi.

Seperti contoh yang diberikan oleh charis.id, VGA yang terpasang di komputer kemungkinan besar tidak akan langsung terdeteksi oleh sistem operasi, sebab belum ada driver yang terinstall di komputer. Oleh karena itu, agar VGA bisa berfungsi, maka harus menginstall driver terlebih dahulu.

Kasus perangkat keras yang tidak berfungsi sering terjadi pada komputer yang baru saja di install ulang. Hal ini dikarenakan sistem operasi komputer tersebut memang belum terdapat driver dan kita harus menginstall driver tersebut secara manual.

Apakah Anda sudah tahu cara install driver di Windows? Kalau belum, pada kesempatan kali ini kami akan memberikan langkah-langkahnya secara rinci agar mudah dipahami.

Cara Menginstall Driver Komputer Windows

Untuk menginstall driver di Windows, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Oh ya, cara ini berlaku untuk semua versi Windows ya, baik itu Windows 7, 8, maupun 10.

1. CD Driver

Jika Anda membeli laptop baru, biasanya akan ada CD Driver yang memang sengaja disertakan. Hal ini dimaksudkan agar jika suatu saat terdapat masalah pada driver, seperti contoh driver corrupt dan semacamnya, pengguna tinggal menginstallnya dari CD tersebut.

Untuk menginstall driver melalui CD caranya sangat mudah, berikut penjelasannya:

  • Pertama, masukkan CD Driver ke laptop Anda dan tunggu sampai CD tersebut terdeteksi.
  • Jika sudah, masuk ke Device Manager dengan cara klik Start lalu ketikkan Device Manager.
  • Selanjutnya, klik kanan pada driver yang masih ada tanda serunya lalu pilih Update Driver.cara install driver windows
  • Kemudian, pilih Browse my computer for driver software karena kita akan menggunakan CD Driver.cara install driver windows
  • Pada bagian Search for driver software in this location, silahkan arahkan ke CD yang terdeteksi laptop. Jika sudah, klik Next.cara install driver windows
  • Silahkan tunggu proses instalasi driver, jika sudah silahkan klik Close saja karena driver sudah berhasil di install.cara install driver windows
  • Selesai.

Beberapa driver memerlukan proses restart agar perangkat keras bisa berfungsi dengan baik. Jadi, setelah proses instalasi driver selesai, silahkan restart laptop ataupun komputer Anda.

2. Driver Pack

Driver Pack merupakan aplikasi yang memiliki fungsi untuk install driver secara otomatis. Aplikasi ini sering digunakan oleh para teknisi komputer karena penggunaannya memang sangat mudah. Jika Anda baru saja menginstall Windows 10 ataupun versi Windows lainnya, maka aplikasi ini sangat cocok untuk digunakan.

Sebelum menggunakannya, Anda harus mengunduh aplikasi ini, silahkan cari di Google karena aplikasi ini memang gratis dan sudah banyak tersebar.

Sekadar info, ukuran aplikasi ini memang besar, saya sarankan untuk mengunduh Driver Pack 13 saja karena ukurannya hanya sekitar 4GB. Jika Anda menginginkan Driver Pack dengan versi lebih tinggi, misal Driver Pack 17, maka file yang harus Anda unduh sebesar 17GB.

Oh ya, agar bisa digunakan secara offline, silahkan download Driver Pack Offline Installer saja. Jika sudah, silahkan ikuti langkah berikut ini:

  • Pertama, silahkan buka aplikasi Driver Pack yang sudah diunduh.
  • Tunggu beberapa saat, nanti akan ada informasi berapa jumlah driver yang belum terinstall. Langsung saja klik Install automatically.cara install driver windows
  • Tunggu proses instalasi selesai, lamanya proses tergantung jumlah driver yang diinstall, semakin banyak sudah pasti semakin lama prosesnya.cara install driver windows
  • Jika proses selesai, silahkan klik Finish.cara install driver windows
  • Selesai.

Sama halnya dengan cara sebelumnya, Anda direkomendasikan untuk melakukan restart pada laptop ataupun komputer yang digunakan.

Demikianlah cara install driver Windows dengan menggunakan CD Driver dan Driver Pack. Semoga artikel ini bisa bermanfaat dan membantu Anda dalam melakukan instalasi driver.

Tags: