Cara Install Microsoft Visual C++

Kamu pengguna laptop atau komputer Windows 10? Pernah mendapati error seperti “MSVCR100.DLL is missing”? Maka salah satu solusinya adalah dengan menginstall Microsoft Visual C++.

Lantas, bagaimana cara install Microsoft Visual C++ di Windows 7/8/10?

Nah simak penjelasannya nanti di bagian tengah artikel ini.

Apa Itu Microsoft Visual C++?

Microsoft Visual C++ adalah program penting yang harus diinstall pada komputer dengan basis sistem operasi Windows, baik itu Windows XP, Windows 7, Windows 8, maupun Windows 10. Program ini berfungsi untuk mengaktifkan bahasa C dan C++ yang mana kedua bahasa pemrograman ini terdapat di banyaj aplikasi dan game.

Oleh karena itulah, Microsoft Visual C++ memiliki peranan yang fatal bagi komputer berbasis Windows. Apa yang akan terjadi jika program Microsoft Visual C++ tidak terdapat di Windows? Kamu mungkin akan menerima pesan error seperti yang sudah dijelaskan di bagian atas artikel tadi.

Oleh sebab itu, mengetahui cara install Visual C++ ini adalah yang hal penting karena merupakan salah satu cara mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing atau error serupa lainnya di komputer Windows.

Sudah tidak sabar untuk segera mengetahui cara installnya? Simak di bawah ini yuk!

Cara Install Microsoft Visual C++

Langsung saja, silakan ikuti langkah-langkah cara install Microsoft Visual C++ berikut:

  1. Download Microsoft Visual C++ Redistributable versi terbaru secara resmi melalui situs Microsoft dengan mengklik tautan ini.
  2. Pada laman tersebut, untuk pengguna Windows 32-bit download file dengan nama x86, sementara bagi pengguna Windows 64-bit, download file dengan nama x64.
  3. Setelah proses download selesai, klik dua kali pada file tersebut.
  4. Jendela instalasi Microsoft Visual C++ akan muncul, centang opsi I agree to the license terms and conditions dan klik tombol Install.
  5. Tunggu sampai proses instalasinya selesai (biasanya hanya memakan waktu kurang dari 1 menit).
  6. Jika sudah selesai, akan muncul pesan Setup Successful yang menandakan bahwa Visual C++ sudah selesai dan berhasil diinstal. Terakhir, tinggal klik tombol Close.

Cara di atas berlaku untuk semua versi Windows. Sekarang, cobalah jalankan program atau game yang tadinya error, seharusnya tidak muncul error lagi dan bisa dijalankan dengan baik.

Error Saat Proses Instalasi Microsoft Visual C++

Mendapatkan error saat proses instalasi berlangsung yang disertai pesan tertentu? Tenang, jangan panik dulu. Solusi untuk ini sebenarnya cukup simpel, yaitu jalankan filenya dengan cara klik kanan dan pilih Run as administrator.

Biasanya maslaah stuck atau gagal instal bisa langsung teratasi dengan cara ini.

Namun, jika pesan yang kamu terima adalah “Visual C++ has been detected” atau “Visual C++ has been installed on this device”, artinya versi Visual C++ yang kamu coba instal tadi sudah ada dan terinstal di komputer kamu.

Jadi, kamu tidak perlu repot-repot menginstalnya lagi atau kamu bisa coba instal versi Visual C++ yang berbeda. Misalnya jika tadi kamu mencoba instal Visual C++ 2017, cobalah untuk menginstal Visual C++ 2015.

Kalau kamu tidak merasa pernah menginstalnya sebelumnya dan terheran-heran mengapa bisa sudah terinstal, maka jawabannya adalah bisa jadi program Visual C++ tersebut ikut terinstal ketika kamu menginstal game atau driver baru.

Apakah Wajib Menginstall Microsoft Visual C++?

Jawabannya adalah tergantung. Jika kamu menggunakan komputer atau laptop Windows kamu untuk pekerjaan yang cukup berat seperti kebutuhan multimedia atau gaming, maka Visual C++ wajib diinstal. Bukan tanpa alasan, pasalnya, banyak aplikasi-aplikasi dan game membutuhkan program ini.

Atau jika kamu mendapatkan error file DLL is missing, maka Visual C++ juga harus kamu instal.

Sementara jika kamu menggunakan Windows hanya untuk pekerjaan ringan seperti mengetik dan browsing saja, maka menginstal Microsoft Visual C++ hukumnya tidak lagi wajib.

Bagaimana? Cukup mudah untuk dimengerti, kan?

Nah cukup sekian pertemuan kita pada artikel kali ini tentang cara install Microsoft Visual C++ Redistributable.

Tags: