Cara Kompres Rar Ukuran Paling Kecil

Salah satu aplikasi wajib yang harus ada dan sering jadi penyelamat memori di PC maupun Laptop yang menggunakan sistem operasi Windows adalah RAR. Kenapa sih kok dibilang penyelamat?

Satu kebiasaan kita yang sulit dihilangkan adalah suka nyimpen file lama dalam jumlah banyak dan besar, padahal mah PC atau Laptop kita gak canggih canggih amat!

Alhasil kita jadi mempertimbangkan untuk membeli media penyimpanan atau harddisk eksternal dengan kapasitas simpan besar (bahkan ada yang mencapai 60 TB!).

Kalo kamu punya uang lebih sih gak masalah, tapi kalo kocekmu pas-pasan, ya mau gak mau harus maksimalin kapasitas harddisk yang ada deh.

Cara untuk mengompresi ukuran file lebih kecil dari ukuran aslinya ini gak sulit karena seringnya sudah ada Winrar bawaan yang bisa mengompresi ukuran file sampai 40% dari ukuran aslinya.

Selain itu Winrar juga bisa mengarsipkan macam-macam file jadi satu atau beberapa folder berbeda dengan format .rar. Mau tau caranya? Daripada bertele-tele lagi, yuk simak artikelnya !

Download & Install Winrar

Buat kalian yang belum pernah pake dan punya Winrar, bisa terlebih dahulu mampir ke link ini untuk download. Pilih versi 32bit atau 64bit sesuai bit Windowsmu. Lalu tinggal install deh.

Cara Kompres Rar Jadi Kecil

Untuk mengompres file rar jadi berukuran kecil, kamu bisa ikuti langkah-langkah yang kami kutip dari mrandyyp.com sebagai berikut:

  1. Pertama-tama kamu bisa siapkan terlebih dahulu file-file yang mau kamu kompres. Satukan semua file itu dalam sebuah folder baru yang telah kamu persiapkan juga sebelumnya.
  2. Setelah semua filenya sudah dipindahkan dalam satu folder yang sama, maka nextkamu tinggal klik kanan pada spacekosong di foldernya. Pilih opsi Add To Archivemaka akan muncul pop-up window notifikasi.
  3. Ikuti pengaturan yang sudah kami berikan di bawah ini untuk hasil lebih optimal.

Pengaturan (Opsional):

Compression method:Pilih opsi BEST untuk kualitas kompres file terbaik.

Split to volumes, size:Gak perlu susah, pilih saja Autodetect.

Create solid archive:Kasih tanda centang.

Lock archive:Ini juga kasih tanda centang.

  1. Setelah semua pengaturan di atas selesai dilakukan, tekan tombol OK untuk segera memulai proses kompresi file. Tunggu aja, kalo filemu besar akan memakan waktu lumayan lama beberapa menit. Kuncinya adalah di filesize rar aslinya.
  2. Nah kalo berhasil, bakal muncul folder berformat Rar dengan nama file yang sama dengan file aslinya.

File Rar tidak selalu susut secara ukuran dalam jumlah drastis. Bisa saja hanya beberapa persen lebih kecil dari ukuran aslinya. Tapi jangan patah semangat ya, yuk coba terus!

Selain itu, untuk kalian yang belum tau, Winrar juga sebenarnya punya fungsi lain selain kompres file yakni untuk pengarsipan dan juga proteksi file menggunakan password. Ternyata Winrar canggih juga ya!

Tags: