Cara Mematikan HP iPhone

Pada umumnya Smartphone iPhone memang dirancang untuk dapat mematikan layar setelah beberapa waktu tertentu jika tidak digunakan, fungsinya untuk menghemat daya baterai. Hal tersebut memang bukanlah fitur baru, tetapi tidak dapat disangka, bahwa hal tersebut sangatlah bermanfaat.

Akan tetapi kamu terkadang memikirkan cara untuk bisa benar-benar mematikan iPhone kamu. Lalu bagaimana cara mematikan hp iPhone?

Mematikan iPhone sangatlah perlu dilakukan dan juga sangat membantu ketika tingkat daya baterai Hp sedang sangat rendah. Alasan lain untuk mematikan iPhone, adalah ketika smartphone tersebut menunjukkan tanda-tanda terjadi error.

Proses melakukan restart sering kali menjadi solusi bagus untuk menyelesaikan masalah seperti itu. Selain hal demikian, mematikan iPhone juga bisa dijadikan salah satu cara untuk mendapatkan waktu sendiri tanpa ada gangguan dan notifikasi ataupun panggilan masuk.

Tahap untuk Mematikan iPhone

Apapun alasannya, di bawah ini saya akan menjabarkan cara atau langkah-langkah yang perlu diketahui untuk mematikan iPhone kamu. Teknik ini bisa diaplikasikan ke hampir semua merk iPhone, mulai dari yang lama hingga keluaran terbaru.

  1. Tekan dan tahan tombol power selama beberapa detik, hingga kamu melihat sebuah pesan yang muncul di layar.
  2. Pesan tersebut berisikan konfirmasi untuk mematikan iPhone beserta dengan sebuah fitur tombol yang dapat kamu geser ke kanan untuk mematikan iPhone.
  3. Nah, jika kamu geser nanti akan muncul sebuah lingkaran yang berputar menandakan bahwa iPhone sedang memproses dan akan segera menonaktifkan dalam beberapa detik kemudian.

Poin Penting: Jika kamu tidak segera menggeser tombol yang muncul setelah kamu menahan tombol power, maka iPhone kamu secara otomatis akan membatalkan proses. Tetapi jika kamu ingin membatalkan proses tersebut, kamu bisa menekan tombol Cancel.

Cara untuk Mematikan iPhone X

Jika iPhone yang kamu miliki adalah model atau merk iPhone X, maka prosesnya sedikit lebih rumit. Hal ini dikarenakan tombol di sisi iPhone yang sebelumnya dikenal sebagai tombol power kini telah dirancang untuk mengaktifkan Siri, Apple Pay, dan fitur Emergency SOS. Dengan begitu, langkah untuk mematikan iPhone X bisa di ikuti seperti berikut ini:

  1. Tekan + tahan tombol samping dan tombol volume down secara bersamaan.
  2. Tunggu hingga muncul pesan konfirmasi untuk mematikan iPhone.
  3. Geser tombol ke kanan untuk mematikan iPhone X.

Cara Mematikan iPhone Secara Paksa

Beberapa waktu, mungkin bisa saja ketika kamu ingin mematikan iPhone menggunakan cara di atas namun tak kunjung berhasil, terutama ketika iPhone kamu berhenti bekerja. Jika begitu, kamu harus mencoba teknik yang disebut dengan Hard Reset atau mematikan paksa. Caranya sebagai berikut:

  1. Tekan + tahan tombol power dan tombol home secara bersamaan selama hingga 10 detik, atau lebih sampai layar iPhone kamu berubah menjadi warna hitam dan muncul logo Apple. Pada model iPhone 7 dan 8, tekan tombol volume down dan tombol power secara bersamaan sebagai ganti dari tombol home.
  2. Setelah logo Apple muncul, kamu bisa melepaskan tombol tersebut dan kamu tinggal menunggu iPhone hingga menyelesaikan proses restart dan berjalan normal kembali.

Cara Menyalakan iPhone Kembali

Ketika kamu sudah yakin bahwa iPhone kamu sudah mati dan kamu siap untuk menyalakannya lagi, maka begini cara untuk mnghidupkan Hp iPhonemu kembali:

  1. Tekan dan tahan tombol power hingga ikon Apple muncul di layar.
  2. Lepaskan tombol tersebut.
  3. Selanjutnya tinggal menuggu hingga iPhone kamu memunculkan tampilan awal seperti biasa.

Gimana mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga sukses.

Tags: