Cara Membuat Akun Instagram

Bagi Anda yang sudah lama berkecipung di dunia maya, tentu saja istilah Instagram atau yang sering kita kenal dengan IG mungkin sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Namun berbeda lagi jika Anda merupakan orang yang sedikit gaptek atau kurang mengikuti perkembangan teknologi, istilah Instagram mungkin asing bagi Anda.

Instagram atau IG merupakan sebuah Aplikasi media sosial yang memungkinkan kita dapat mengunggah suatu foto maupun video, lalu menerapkan filter menarik sebelum kita membagikanya. Selain sebagai Aplikasi berbagi foto dan media sosial, Instagram juga ramai digunakan sebagai media bisnis Online.

Cara Membuat Akun Instagram Dengan Mudah

Jika Anda belum memiliki akun Instagram maupun bingung untuk membuat akun Instagram. Jangan khawatir, bagi Anda yang mungkin saat ini sedang mencari cara untuk membuat akun Instagram Artikel dari piwiq.com ini akan membantu Anda untuk mengetahui cara membuat akun Instagram dengan mudah.

Simak penjelasannya dibawah ini:

1. Cara Membuat Akun Instagram Melalui Email atau Nomor Telepon

Cara pertama yang dapat Anda lalukan untuk membuat akun Instagram adalah dengan mendaftar melalui Email atau nomor Telepon Anda. Cara ini merupakan cara yang paling mudah dan praktis.

Berikut caranya:

  • Pertama, silahkan Anda Download dan Install Aplikasi Instagram di App Store (iPhone) atau Google Play Store (Android) terlebih dahulu.
  • Jika sudah, kemudian buka Aplikasi Instagram tersebut.
  • Pada halaman utama Instagram, tap Buat Akun menggunakan Email atau Nomor Telepon.
  • Kemudian Anda akan menjumpai 2 opsi, yaitu opsi melalui Email atau Nomor Telepon. Silahkan Anda pilih sesuai keinginan Anda. Kami sendiri lebih merekomendasikan untuk menggunakan Email saja.
  • Lalu masukan Email Anda pada kolom yang telah disediakan, kemudian pilih selanjutnya.
  • Selanjutnya Anda akan diwajibkan untuk mengisi nama lengkap beserta passwordnya.
  • Jika sudah, Anda juga dapat menyesuaikan nama dengan mengubah nama pengguna yang Anda inginkan. lalu tap selanjutnya.
  • Setelah itu akan muncul menu yang menginfokan kita dapat menghubungkan Instagram dengan Facebook atau lewati. Untuk mempercepat Anda bisa pilih lewati.
  • Selesai, akun Instagram Anda telah berhasil dibuat.

2. Cara Membuat Akun Instagram Melalui Akun Facebook

Selain menggunakan Email atau nomor Telepon, Anda juga dapat membuat akun Instagram melalui akun Facebook Anda. Namun karena ini lewat Facebook, jadi syarat utamanya Anda harus mempunyai akun Facebook.

Berikut caranya:

  • Pertama, silahkan Anda Download dan Install Aplikasi Instagram di App Store (iPhone) atau Google Play Store (Android) terlebih dahulu.
  • Jika sudah, kemudian buka Aplikasi Instagram tersebut.
  • Untuk akun Facebook yang telah terhubung dengan Smartphone, Anda hanya perlu mengetuk lanjutkan sebagai (nama Facebook Anda).
  • Setelah itu Anda akan dimintai opsi melanjutkan atau mengubah nama pengguna. Silahkan Anda isikan nama pengguna jika Anda ingin mengubahnya.
  • Jika nama telah dimasukan, tunggu hingga terdapat tanda centang yang menyatakan bahwa nama tersebut memang belum digunakan. Lalu tap selanjutnya.
  • Setelah itu, Anda akan dimintai menghubungkan akun Instagram dengan kontak Facebook Anda. Silakan pilih jika Anda ingin menghubungkannya, atau Anda juga bisa memilih selanjutnya/lewati.
  • Pada tampilan menu selanjutnya Anda akan dimintai untuk menambahkan foto profil Instagram. Silahkan tambahkan foto, atau Anda juga bisa memilih lewati.
  • Saat Anda memilih lewati, Anda akan disajikan tampilan Ingat Kata Sandi. Jika Anda menekan OKE, maka seterusnya Anda tinggal menekan profil jika ingin login. Namun jika Anda memilih lewati, saat akun ter-logout Anda harus memasukan info login kembali.
  • Selesai, akun Instagram Anda telah berhasil dibuat.

Kedua cara diatas adalah cara membuat akun Instagram melaui Smartphone. Untuk cara membuat akun Instagram melalui PC/Laptop, caranya pun juga tidak jauh berbeda dari cara membuat akun Instagram melalui Smartphone. Hanya saja untuk tampilan Instagram melalui website pada PC/Laptop akan sedikit berbeda.

Tips Meningkatkan Keamanan pada Akun Instagram

Namun hal yang perlu diingat bahwa Instagram merupakan media sosial, dimana semua orang di seluruh dunia akan dapat mengakses profil Anda. Mungkin sebagian dari Anda tidak lagi ambil pusing soal privasi, tetapi pasti ada sebagian orang yang sangat memperdulikan privasinya.

Berikut langkah-langkah cara untuk membuat Instagram Anda lebih aman, simak penjelasannya dibawah ini:

1. Aktifkan Sebagai Akun Pribadi

Cara pertama yang dapat  Anda lakukan untuk menjaga keamanan akun Instagram Anda adalah dengan cara mengubah akun publik Anda menjadi akun pribadi.

Hal ini akan memungkinkan Anda berbagi foto dengan sekelompok orang tertentu sambil tetap menyembunyikannya dari orang lain. Dengan begitu, hanya orang tertentu yang dapat melihat aktivitas Anda.

2. Blokir Akun Yang Mencurigakan

Mendapatkan pengikut yang banyak itu bagus, tetapi praktik digital yang bagus adalah menelusuri daftar pengikut tersebut secara teratur dan memastikan bahwa Anda tidak memiliki akun spam atau akun mencurigakan.

Hanya karena akun Anda bersifat publik, bukan berarti Anda tidak bijak memilih pengikut. Jika akun tersebut berpotensi penipuan, tidak ada salahnya Anda untuk melaporkannya atau memblokirnya.

3. Aktifkan Autentikasi Dua Faktor

Pada opsi pengaturan, Anda juga dapat memilih untuk menambahkan keamanan ekstra dengan cara mengaktifkan otentikasi dua faktor. Hal ini akan melindungi akun Anda ketika diakses oleh perangkat yang tidak Anda kenal.

Misalnya, jika Anda masuk ke PC/Laptop baru atau Smartphone teman Anda, disini Anda dapat meminta kode masuk yang akan dikirim dengan aman ke perangkat yang Anda pilih. Jika itu bukan Anda, login akan gagal dan siapa pun yang mencoba mengakses akun Anda akan ditolak secara otomatis.

Diatas adalah artikel yang membahas tentang bagaimana cara membuat akun Instagram dan tips meningkatkan keamanan akun Instagram Anda, semoga artikel ini bisa membantu Anda.

Tags: