Cara Membuat Artikel

Jika seorang belum terbiasa menulis maka akan merasakan kesusahan didalam membuat tulisan pertamanya.

Sehingga landasan utama yang harus diperhatikan ketika sebelum menuliskan artikel, yaitu memahami dahulu cara-caranya atau tipsnya supaya dapat menulis artikel menjadi mudah dan menarik untuk dibaca.

Bagi Anda yang ingin tau cara membuat artikel menjadi lebih mudah dan menarik untuk dibaca, silahkan simak ulasan ini hingga selesai.

Cara Membuat Artikel Menjadi Lebih Menarik

Akan lebih baiknya untuk Anda simak dahulu berbagai contoh artikel berikut lengkap! Dan mudah untuk dipahami.


Sudah melihat contoh pembahasan diatas? Maka selanjutnya yaitu Anda bisa mulai memahami cara membuatnya dibawah ini.

Langkah-langkah yang harus Anda perhatikan sebelum membuat artikel yaitu sebagai berikut:

#1. Tentukan Judul

Landasan yang paling utama sebelum Anda menulis artikel yaitu tentukan dahulu judul yang akan Anda buat pembahasan artikel.

Sehingga ini akan menjadi lebih mudah nantinya ketika Anda membuat artikel, supaya bisa terarah saat melakukan penulisan artikel itu sendiri.

#2. Kumpulkan Sumber Informasi

Langkah selanjutnya yaitu kumpulkan sebanyak mungkin sumber informasi yang terkait dengan pembahasan artikel yang akan Anda buat.

Jadi ketika Anda telah memperoleh sumber informasi yang sesuai dengan pembahasan dan yang teruji kebenaran sumber datanya.  Sehingga sangat dianjurkan untuk mempunyai sumber informasi lebih dari satu supaya tulisan lebih dapat berbobot serta mempunyai bermacam sudut pandang.

Apabila Anda telah menguasai apa yang terdapat dalam sumber data informasi mengenai pembahasan artikel Anda, maka untuk penyusunan tulisan artikel dapat dicocokan dengan apa yang Anda sedang pikirkan.

#3. Membuat Kerangka Tulisan

Membuat kerangka tulisan penyusunan artikel supaya tidak melebar kemana- mana, jadi Anda wajib untuk membuat terlebih dahulu kerangka tulisan.

Catatlah inti yang akan dibahas pada pembukaan, isi serta penutup. Kemudian buat artikel yang panjang, umumnya bagian isi terdapat poin pembahasan dari sub judul, tujuannya supaya postingan lebih gampang dimengerti, lebih terstruktur isinya serta lebih gampang saat menuliskan pembahasannya.

#4. Memulai Menulis Artikel

Setelah melakukan pengumpulan sumber informasi terkait pembahasan Artikel yang akan Anda buat dan membuat kerangka, maka langkah berikutnya Anda baru membuat atau memulai menuliskan artikel yang telah ditentukan pembahasannya.

Tulislah setiap poin pembahasan yang cocok dengan kerangka yang sudah disusun. Pada langkah ini, tulisan Anda tentu hendak mengalir begitu saja sesuai dengan yang Anda pikirkan.

Andapun tidak perlu takut atau kawatir apabila belum mahir menulis, yang perlu wajib dicoba yaitu harus dilatih terus-menerus menulis yang sesuai dengan apa yang terdapat dalam benak Anda. Jangan menyudahi saat menulis, cuma buat mengoreksi tulisan. Karena tulisan artikel dapat dikoreksi serta dibenahi dikala Anda berakhir menulis nantinya.

Bila ingin mulai mengoreksi tulisan artikel sebaiknya sehabis selesai menuntaskan satu kalimat tulisan, karena dikhawatirkan nanti ide yang terlintas di benak Anda akan menghilang.

#5. Mengedit Tulisan Artikel

Setelah melakukan penulisan artikel selesai maka jagan langsung untuk dipublis begitu saja, alangkah baiknya untuk mengoreksi atau mengedit terlebih dahulu tulisan artikel Anda.

Sehingga ketika artikel sudah benar-benar tidak ada kesalahan dan sudah diperbaiki, maka baru tulisan artikel Anda siap untuk dipublis dimedia manapun.

Demikianlah mengenai pembahasan cara membuat artikel, semoga dapat bermanfaat dan berguna untuk Anda yang sedang membutuhkannya.

Tags: