Cara Membuat Bootable Flashdisk Linux

Sebagai sistem operasi yang bisa digunakan secara gratis, tak jarang ada pengguna Windows yang ingin mencoba Linux. Sama halnya dengan Windows, Linux juga membutuhkan bootable untuk instalasi.

Untuk membuat bootable, Anda memiliki opsi untuk menggunakan media flashdisk ataupun DVD. Namun, cara yang paling populer saat ini adalah membuat bootable dengan flashdisk.

Alasannya sudah pasti ya karena tidak semua laptop memiliki CD-ROOM. Jadi, untuk meminimalisir hal tersebut, alangkah lebih baiknya Anda membuat bootable Linux di flashdisk saja.

Sebelum melangkah lebih lanjut, silahkan persiapkan bahan-bahan di bawah ini terlebih dahulu:

1. File ISO Linux

Yang pertama dan paling utama, silahkan tentukan Distro Linux yang ingin Anda gunakan, apakah ingin menggunakan Ubuntu, Linux Mint, Arch Linux, ataupun Distro lainnya.

Jika saat ini Anda belum memiliki file ISO Linux, silahkan download terlebih dahulu di website official masing-masing distro. Untuk lebih lengkapnya, bisa ketikkan saja “Download Ubuntu” di Google.

2. USB Flashdisk

Anda bebas untuk menggunakan flashdisk merk apa saja. Yang terpenting, kapasitas flashdisk tersebut harus lebih besar daripada ukuran file ISO yang Anda download sebelumnya.

Ini menjadi hal yang harus Anda perhatikan, karena jika ukuran flashdisk Anda lebih kecil daripada ukuran file ISO Distro Linux, maka proses pembuatan bootable tidak akan berhasil.

3. Software Rufus

Sebenarnya, ada banyak software yang bisa digunakan untuk membuat bootable Linux. Namun, Rufus sudah sangat cukup untuk menangani semua proses tersebut.

Salah satu kelebihan Rufus adalah tersedia dalam bentuk installer maupun portable. Ketika Anda hanya ingin menggunakan Rufus sekali saja, maka versi portable lebih cocok untuk digunakan.

4. Laptop / Komputer Windows

Dalam pembuatan bootable Linux di flashdisk, cara paling mudah adalah menggunakan OS Windows. Jadi, saya sangat menyarankan Anda untuk menggunakan Windows saja.

Selain itu, saya juga akan mencontohkan langkah-langkah ini menggunakan OS Windows.

Cara Membuat Bootable Linux dengan Rufus

cara membuat bootable linux dengan rufus

Jika semua bahan di atas sudah Anda persiapkan, maka Anda sudah bisa memulai proses pembuatan bootable Linux dengan Rufus.

Silahkan ikuti langkah demi langkah di bawah ini:

  1. Pertama, silahkan download software Rufus terlebih dahulu.
  2. Setelah itu, lakukan instalasi jika Anda memilih versi installer dan langsung buka aplikasinya jika Anda memilih portable.
  3. Setelah aplikasi Rufus terbuka, pastikan flashdisk Anda sudah terdeteksi di bagian DEVICE.cara membuat bootable flashdisk linux
  4. Kalau sudah terdeteksi, klik SELECTdan pilih file ISO Distro Linux yang sudah Anda siapkan.cara membuat bootable flashdisk linux ubuntu
  5. Untuk pengaturan lainnya, silahkan Anda samakan saja dengan gambar di bawah ini.cara membuat bootable linux
  6. Jika sudah, langsung klik START untuk memulai proses pembuatan bootable flashdisk Linux.
  7. Jika muncul pop up seperti gambar berikut, silahkan pilih Write in ISO Image Mode (Recommended) lalu klik OK.cara membuat bootable linux mint di flashdisk
  8. Akan muncul pop up sekali lagi, silahkan langsung klik OK saja.
  9. Tunggu prosesnya sampai selesai.

Setelah pembuatan bootable dengan Rufus selesai, Anda sudah bisa menggunakannya untuk instalasi Linux.

Tapi tentunya, Anda harus mengatur BIOS terlebih dahulu agar bisa booting melalui flashdisk. Cara masuk BIOS setiap laptop biasanya berbeda-beda, ada yang menggunakan tombol F1, F2, Del, atau lainnya.

Bagi Anda pengguna laptop Lenovo, Anda bisa baca cara masuk BIOS Lenovo paling mudah. Untuk pengguna merk laptop lainnya, silahkan bisa searching saja di Google agar lebih jelas.

Demikianlah artikel mengenai cara membuat bootable flashdisk Linux. Jika masih ada pertanyaan terkait hal di atas, silahkan tuliskan melalui kolom komentar.

Tags: