Cara Membuat Website dengan WordPress

Website memiliki peranan yang sangat penting dalam suatu perjalanan bisnis, organisasi maupun individu. Bagaimana tidak? Saat ini website telah menjadi suatu wadah digital yang menghasilkan pundi-pundi rupiah.

Selain itu, banyak orang diluar sana yang memanfaatkan website ini sebagai tempat utama untuk membangun personal branding. Personal branding sendiri adalah proses memasarkan diri dan karier melalui suatu citra yang dibentuk untuk khalayak umum.

Namun, tahunggak sih apa itu website? Dilansir dari Ubixlo, website adalah kumpulan halaman yang berisi suatu informasi dengan bentuk platform digital.

Dan diantara banyaknya platformyang ada di internet WordPressmenjadi salah satu platformyang paling banyak digunakan.

WordPress adalah sebuah Content Management System (CMS) yang bersifat open source. Atau sederhananya, WordPress merupakan software yang memudahkan Anda untuk membuat website dan mengelola konten secara online.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Oke, sebelum lanjut Anda perlu tahu juga bahwa WordPress terdiri dari 2 versi, yaitu WodPress.com dan WordPress.org. Lantas, apa yang membedakan dari keduanya? Mari kita ketahui melalui penjelasan berikut ini.

  • WordPress.com adalah versi gratis dari platform WordPress. Sama halnya seperti platform blogger.com maka blog WordPress ini juga tidak jauh berbeda. Di sini Anda tidak perlu memikirkan domain ataupun hosting, karena semuanya sudah disediakan oleh-oleh WordPress secara gratis.
  • WordPress.org adalah versi berbayar dari WordPress.com. Dimana Anda akan diberikan kebebasan dalam pengelolaan website dengan berbagai fitur yang disediakan. Selain itu, dari segi support, forum, themes dan plugin WordPress.org ini juga sudah sangat mendukung sekali, sehingga kamu tidak dibingungkan dengan coding untuk memilikinya website yang attractive.

Cara Membuat Website dengan WordPress

Sebagai seorang pemula, Anda mungkin bertanya-tanya gimana sihcara membuat website dengan WordPress? Sebenarnya, untuk membuat website dengan platform WordPress bisa diasumsikan cukup mudah.

Silakan ikuti panduan lengkap di bawah ini, tidak sampai hitungan jam website pribadi Anda sudah bisa dioperasikan.

Langkah #1: Buka alamat website WordPress.com kemudian pilihStart your websites.

Langkah #2:Setelah itu masukkan email pengguna, nama dan password di kolom yang yang sudah disediakan. Catat baik-baik semuanya agar ketika login di kemudian hari tidak lupa. Jika sudah, silakan pilih menu Create your account.

Langkah #3: Kemudian Anda akan diminta memasukan alamat domain website. Buatlah nama domain yang menarik dan belum ada owner-nya. Di sini kami memakai nama “komunitasmarketing” yang  nantinya akan menjadikomunitasmarketing.wordpress.com. Lalu pilih opsi Freeagar tidak perlu membayar.

Langkah #4:Pada bagian ini akan muncul beberapa pilihan paket, mulai dari personal, premium, hingga e-commerce. Dikarenakan kita akan membuat situs WordPress versi gratis maka pilih Start with a free sitepada bagian atas.

Langkah #5:Di sini Anda akan diarahkan masuk ke dashboard blog WordPress dan website yang Anda pun buat sudah siap untuk digunakan.

Langkah #5:Selesai.

Demikian tutorial kali ini mengenai cara membuat website dengan WordPress untuk pemula. Apabila ada kendala dalam proses instalasi atau tambahan dalam cara membuat website WordPress jangan sungkan untuk menyampaikannya di kolom komentar ya.

Tags: