Cara Mempercantik Halaman dan Mendapatkan Penghasilan

Pernah mendengar tentang tabulampot. Arti dari istilah ini sebenarnya merupakan singkatan dari tanaman buah yang tumbuh di dalam pot. Dengan kata lain tanaman buah yang memang sengaja dibudidayakan dengan cara ditanaman dalam pot. Tujuan dari teknik ini adalah agar meningkatkan produksi buah dan juga bisa digunakan sebagai hiasan. Metode penanaman tanaman ini bisa memanfaatkan ruangan terbatas.

Sebenarnya teknik ini telah lama digunakan untuk menaman beberapa jenis tanaman lainnya. Namun memang belum terlalu optimal untuk digunakan dalam budidaya buah. Saat ini penggunaan pot untuk menaman tanaman jenis buah mulai banyak digemari karena lebih praktis dan tidak membutuhkan lahan yang luas. Pot juga bisa digeser ke tempat lain tanpa harus mencabut tanaman yang telah hidup.

Tujuan dari Tabulampot

Setiap metode yang dihasilkan tentunya memiliki tujuan yang ingin dicapai. Begitu juga dengan metode penanaman tanaman buah dalam pot ini. Dari pengertiannya secara garis besar dapat Anda simpulkan bahwa tujuan dari metode ini adalah lebih mengoptimalkan penanaman tanaman buah pada lahan yang sempit. Beberapa tujuan yang bisa Anda dapatkan dengan metode ini antara lain:

  1. Dapat digunakan sebagai tanaman yang dapat mempercantik halaman atau rumah Anda. Tanaman buah yang ditanam di dalam pot akan memberikan daya tarik tersendiri sehingga lebih cantik untuk dilihat.
  2. Teknik ini akan lebih memudahkan Anda untuk merawat jenis tanaman buah. Harapannya adalah tanaman buah ini dapat lebih produktif, selain itu juga perawatan tanaman yang di dalam pot akan lebih intensif dan maksimal.
  3. Tanaman buah biasanya membutuhkan lahan yang luas. Namun dengan menanam di dalam pot akan menjadi tantangan tersendiri bagi para pelaku budidaya, bagaimana menanam tanaman buah dengan baik di lahan yang sempit.
  4. Memanfaatkan lahan yang tidak begitu luas agar menjadi lebih produktif.

Kelebihan dan Kelemahan Tanaman dalam Pot

  1. Kelebihan
  2. Anda dapat menyalurkan hobi tentang budidaya berbagai macam tanaman buah dengan memanfaatkan pot sehingga memaksimalkan lahan yang sempit.
  3. Perawatan tanaman dalam pot menjadi lebih terjamin. Salah satunya adalah dalam hal pemenuhan nutrisi, penanganan terhadap hama, dan juga pemenuhan kebutuhan air yang dapat Anda pantau.
  4. Anda dapat langsung menikmati hasil dari buah yang dipanen dan bisa juga dijadikan bisnis dengan menjual hasil panen tersebut.
  5. Kelemahan
  6. Walaupun terbilang simpel namun tidak semua jenis tanaman bisa Anda tanam dengan cara seperti ini. hal ini disebabkan oleh karakteristik masing-masing tanaman buah yang berbeda-beda.
  7. Karena ditanam di dalam pot maka tanaman memiliki keterbatasan dalam pertumbuhan akar tanaman.
  8. Produksi yang dihasilkan walaupun terbilang cukup namun tidak bisa sebanyak tanaman buah yang ditanam secara konvensional.

Contoh Tanaman Buah Dalam Pot

Beberapa contoh jenis tanaman buah yang bisa Anda tanam dalam media pot antara lain buah jambu, jeruk, buah sawo, dan juga buah strawberry. Jenis tanaman tersebut mudah untuk hidup pada lahan yang sempit dan tidak membutuhkan perawatan khusus. Info lebih lanjut tentang tabulampot ini dapat Anda ikuti di TaniMuda yang merupakan laman yang membahas semua hal tentang budidaya tanaman buah dalam pot.

Tags: