Cara Mendapatkan Uang dari Internet

Belakangan ini, pekerjaan menjadi freelancer banyak diminati karena bisa dilakukan di manapun dan kapan pun alias fleksibel. Freelancer atau pekerja lepas menjadi salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang efektif dengan penghasilan yang menjanjikan.

Tidak hanya sebagai sampingan, banyak orang juga menjadikan pekerjaan freelancer sebagai pekerjaan utama karena hasilnya yang memuaskan. Bagi kamu yang tertarik mendapatkan uang dari internet, berikut ini beberapa rekomendasi pekerjaan freelance yang bisa kamu coba.

Cara Mendapatkan Uang dari Internet Melalui Freelance

Di era digital seperti saat ini, internet dan gadget bisa kamu manfaatkan untuk menghasilkan pundi-pundi uang. Berikut ini beberapa pekerjaan freelance yang bisa kamu coba untuk mendapatkan penghasilan tambahan dengan bermodalkan gadget dan koneksi internet.

1. Jasa Penulis Artikel

Salah satu cara untuk mendapatkan uang dari internet adalah dengan membuka jasa penulisan artikel. Mungkin sebagian orang menganggap bahwa menulis merupakan pekerjaan yang sepele, bukan? Padahal kenyataannya tidak semudah dan sesepele itu.

Di samping isi tulisan yang kamu buat harus berkualitas, kamu juga harus memahami ejaan dan kaidah bahasa Indonesia yang baik dan benar. Bidang ini sangat cocok untuk kamu yang memang menyukai dunia tulis-menulis sebagai salah satu hobi yang dapat menghasilkan uang.

Jenis pekerjaan penulis artikel ini juga bermacam-macam seperti content writing, ghost writer, review, script writing, dan lain sebagainya. Untuk menjadi penulis artikel, kamu tidak perlu memiliki blog sendiri karena kamu bisa memanfaatkan platform freelancer seperti Projects atau Sribulancer.

2. Copywriter

Bagi sebagian orang mungkin masih bingung apa bedanya antara copywriter dengan content writer. Copywriter merupakan pekerjaan menghasilkan tulisan yang nantinya ditujukan untuk memasarkan suatu produk alias call to action.

Sementara itu, content writer bekerja untuk menghasilkan tulisan yang tujuannya memberikan edukasi atau membagikan informasi. Di era digital seperti saat ini, pekerjaan sebagai copywriter cukup dibutuhkan terutama oleh perusahaan startup yang membutuhkan branding produk.

3. Social Media Admin

Menjadi social media admin atau admin sosial media merupakan salah satu cara mendapatkan uang dari internet yang efektif. Tugas social media admin yaitu mengelola, mempromosikan suatu produk, atau hanya sekadar menyampaikan informasi melalui media sosial.

Bagi kamu yang berminat menjadi freelancer social media admin, kamu tentunya harus selalu up to date dengan informasi terkini sekaligus perkembangan di dunia teknologi alias tidak boleh gaptek (gagap teknologi).

4. SEO Specialist

Pekerjaan sebagai freelancer SEO specialist memang cukup menjanjikan di era digital seperti saat ini. Pekerjaan ini sangat dibutuhkan oleh banyak perusahaan, terutama perusahaan startup untuk mengoptimalkan website perusahaan.

Seorang SEO specialist memiliki peranan yang penting dalam pekerjaan content writing. Dengan adanya peranan dari seorang SEO specialist, website perusahaan akan lebih mudah ditemukan di mesin pencarian Google dan meningkatkan viewers.

5.   Blogger

Cara lain mendapatkan uang dari internet yaitu dengan menjadi seorang blogger. Tidak jauh berbeda dengan penulis lepas, seorang blogger juga harus memiliki ide-ide yang kreatif dan keahlian mengolah kata yang baik. Untuk menjadi blogger dengan trafik yang bagus, kamu tentunya harus konsisten.

Peluang yang bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan penghasilan dari internet melalui blog yaitu dengan melakukan iklan berbayar, mempromosikan produk afiliasi, mengadakan kursus online, menjual materi pembelajaran, dan lain sebagainya.

6.   Desainer Grafis

Jenis pekerja lepas atau freelancer selanjutnya yang bisa kamu coba yaitu menjadi desainer grafis. Pekerjaan ini sangat cocok untuk kamu yang memiliki keahlian di bidang desain grafis, seperti pembuatan logo perusahaan, banner, spanduk, dan berbagai desain lainnya.

Peluang menjadi pekerja lepas desainer grafis juga sangat menjanjikan dengan gaji yang terbilang besar. Hal ini dikarenakan kebutuhan akan desain grafis yang tinggi, sedangkan banyak perusahaan tidak mampu mempertahankan karyawan secara full time.

7.  Translator

Bagi kamu yang memiliki kemampuan dalam berbahasa asing, kamu bisa menjadikannya sebagai pekerjaan dengan penghasilan yang menjanjikan. Pekerjaan ini juga tidak mengharuskan kamu untuk datang ke kantor setiap hari sehingga lebih fleksibel.

Pekerjaan ini cocok untuk kamu yang ingin mendapatkan penghasilan tambahan cukup dengan bermodalkan gadget dan jaringan internet. Ketika menjadi pekerja lepas sebagai translator, kamu biasanya akan diminta untuk menerjemahkan jurnal, dialog film, blog, dan konten lainnya.

8.  Transcriber

Bagi kamu yang ingin mendapatkan uang dari internet tapi tidak memiliki pengalaman yang cukup, menjadi transcriber bisa menjadi pilihan yang tepat. Pekerjaan ini hanya membutuhkan kemampuan mendengarkan dan mengetik yang baik.

Singkatnya, tugas seorang transcriber adalah menulis ulang percakapan dari narasumber atau film. Untuk bisa menjadi seorang transcriber, kamu hanya perlu modal laptop atau komputer serta jaringan internet untuk bekerja.

9. Youtuber

Cara mendapatkan uang dari internet selanjutnya yang menjanjikan yaitu menjadi Youtuber. Belakangan ini, platform Youtube memang sedang booming di kalangan milenial. Bahkan banyak anak-anak muda yang menjadikan Youtuber sebagai cita-cita mereka.

Pekerjaan freelancer satu ini cocok untuk kamu yang memiliki ide-ide kreatif dan keahlian mengedit video. Penghasilan yang bisa kamu dapatkan dari Youtube juga sangat fantastis apabila kamu sudah memiliki banyak subscribers dan viewers.

Untuk mengawali pekerjaan sebagai Youtuber, kamu cukup bermodalkan kamera smartphone, aplikasi edit video, dan koneksi internet. Meski begitu, tetap diperlukan konsistensi dan kreativitas agar channel Youtube yang kamu buat bisa disukai dan diminati penonton.

10. Afiliasi

Cara lain untuk mendapatkan uang dari internet yaitu bergabung dengan program afiliasi. Sistem afiliasi pada dasarnya sama seperti revenue sharing (berbagai pendapatan).

Tugasmu adalah memberikan ulasan atau merekomendasikan suatu produk dari merchant tertentu melalui website atau akun media sosial yang kamu miliki. Saat mempromosikan produk dari merchant tersebut, jangan lupa untuk menyertakan link afiliasi.

Dengan begitu, pengunjung website atau pengikutmu di media sosial akan membeli produk dari merchant tersebut melalui link atau kode referral yang sudah kamu bagikan. Nantinya, kamu akan memperoleh keuntungan dari pihak merchant yang bekerjasama dalam bentuk komisi.

11. Jual Foto

Bagi kamu yang hobi fotografi, menjual foto juga bisa menjadi salah satu cara mendapatkan uang melalui internet yang hasilnya cukup menjanjikan, lho. Kamu bisa memasarkan hasil foto bidikanmu sendiri melalui media sosial atau situs Shutterstock.

Penghasilan yang bisa kamu dapatkan dari menjual foto di Shutterstock juga cukup menggiurkan bahkan bisa mencapai $34.000. Selain Shutterstock, bagi kamu yang masih pemula bisa mencoba platform lain seperti Virtual Society atau 500px.

12. Jualan Online

Cara mudah untuk mendapatkan uang dengan memanfaatkan internet selanjutnya yaitu membuka toko online. Belakangan ini, semakin banyak orang yang tertarik berbelanja secara online karena mudah, praktis, dan efisien.

Alasan inilah yang bisa menjadi peluang bagi kamu untuk membuka toko online. Bagi kamu yang memiliki modal minim, kamu bisa menjualkan produk milik orang lain terlebih dahulu menggunakan sistem dropship atau reseller.

Pastikan juga supplier tempat mengambil barang benar-benar terpercaya dan menyediakan barang yang berkualitas agar konsumen tidak kecewa dan toko onlinemu bisa terus berkembang.

Beberapa cara mendapatkan uang dari internet di atas bisa kamu coba terapkan untuk memperoleh penghasilan tambahan. Karena hasilnya yang cukup menjanjikan, tidak sedikit orang yang menjadikan freelance sebagai pekerjaan utama.  

Tags: