Cara Mengecek HP Samsung Asli atau Replika

Samsung merupakan salah satu vendor HP terkenal, dengan jumlah pengguna terbanyak di dunia. Indonesia, merupakan salah satu negara yang masyarakatnya memfavoritkan Samsung sebagai brand pilihan mereka.

Dengan popularitasnya tersebut, ada beberapa pabrik yang membuat HP Samsung palsu, dimana secara segi fisik sangatlah mirip. Namun, dari segi spesifikasi, HPnya jauh beda dengan Samsung asli.

Bukan hal itu saja yang merugikan, Samsung palsu juga otomatis tidak bisa diklaim garansinya ke gerai resmi apabila terjadi kerusakan.

Lalu bagaimana sebenarnya cara mengecek, HP Samsung yang kita pakai asli atau palsu? Berikut akan kami jelaskan.

Cara Mengecek HP Samsung Asli atau Palsu (Replika)

1. Memakai Kode Rahasia

Yang pertama memakai kode rahasia. Samsung memiliki sistem, dimana mereka menanamkan kode rahasia untuk mengecek komponen. Misalnya speaker, sensor, kamera dan lain-lain.

Berikut cara pakai kode rahasia untuk cek Samsung asli:

  1. Buka menu Dial
  2. Ketik *#0*#
  3. Akan muncul halaman dari kode tersebut
  4. Selesai

Perlu diketahui, kode ini hanya berlaku menunya di HP Samsung. Kalau semisal tidak muncul di HP Samsung kamu, maka sudah bisa dipastikan HP tersebut palsu / replika.

2. Memakai Nomor IMEI

Setiap brand HP sudah menanamkan nomor IMEI ke produk mereka. IMEI ini ringkasnya berfungsi sebagai identitas, dimana setiap sistem pasti nomornya berbeda-beda.

Memakai nomor IMEI, kamu bisa mengetahui HP Samsung yang dipakai asli atau tidak. Berikut caranya:

  1. Buka menu Dial kemudian ketik *#06#. Maka akan muncul nomor IMEI HP kamu.
  2. Silahkan catat nomornya. Kalau ada dua nomor IMEI, cukup catat salah satunya saja.
  1. Selanjutnya kunjungi situs imei.info. Masukkan nomor IMEI kamu di kolom yang tersedia, kemudian klik tombol Check.
  2. Kalau HP Samsung kamu asli, maka situs imei.info akan menampilkan brand Samsung berdasarkan IMEI tersebut.

Kalau HP Samsung kamu replika, kemungkinan situs imei.info tidak akan menampilkan produk Samsung, bahkan blank.

3. Memakai CPU-Z

Samsung memiliki spesifikasi yang sudah sesuai kelasnya, dan cocok untuk kebutuhan harian. Namun hal ini tidak berlaku untuk Samsung replika.

Samsung replika, biasanya menampilkan informasi spesifikasi di dus yang berbeda dengan yang dideteksi sistem. Untuk itu, kamu perlu mengeceknya.

Caranya memakai CPU-Z:

  1. Install aplikasi CPU-Z
  2. Buka aplikasinya
  3. Maka kamu akan melihat informasi spesifikasi HP yang sedang dipakai
  4. Pastikan informasi spek yang ditampilkan CPU-Z dan di dus sama

4. Verifikasi Spek di Internet

Samsung asli biasanya memakai komponen Exynos. Exynos ini merupakan SoC yang diproduksi oleh Samsung. Exynos sangat jarang dipakai OEM lain, kalaupun iya, OEM tersebut sudah memiliki brand sendiri yang sudah terkenal (ketahui Apa itu OEM).

Nah, jika HP Samsung kamu terdeteksi memakai chipset selain Exynos di CPU-Z, maka kamu perlu verifikasi spek HP kamu. Apakah memang demikian atau tidak. Caranya cukup ketik “spek (tipe Samsung kamu)” di Google.

Kemudian lihat pembahasan situs-situs yang ada. Misal sesuai dengan CPU-Z, maka HP Samsung kamu asli. Tapi misal berbeda, maka bisa dipastikan HP Samsung yang kamu pakai replika.

5. Cek Fisik Samsung

Terakhir Samsung asli dan replika memiliki perbedaan mendasar dari segi fisik. Utamanya dari segi material, dimana Samsung asli (dengan tipe yang sama), memiliki material yang jauh lebih bagus dari Samsung replika.

Kemudian ada juga letak tombol. Samsung replika biasanya tombolnya tidak simetris. Misal agak terlalu bawah, bentuk tombolnya agak kecil dan lain-lain sebagainya.

Untuk mengecek fisik ini, kamu bisa melihat gambar tipe Samsung yang sesuai HP kamu di internet. Kemudian bandingkan fisiknya. Atau jika ada teman kamu yang punya tipe Samsung sama, kamu bisa cek dengan meminjam HP tersebut.

Itulah cara-cara yang bisa kamu pakai untuk mengecek Samsung asli atau tidak. Tips ini sudah 100% valid, karena sudah banyak direkomendasikan. Bahkan oleh media-media teknologi besar.

Kamu punya hal yang ingin didiskusikan mengenai HP Samsung yang dipakai? Silahkan tinggalkan komentar di bawah ini.

Tags: