Cara Menggunakan Aplikasi Smule

Disaat senggang, kita pasti menggunakannya untuk  hobi yang disukai. Mungkin salah satu dari kalian hobi karaoke bareng teman. Daripada membuang waktu karaoke dan bermacet ria di jalan, mending karaoke dirumah saja. 

Apa bisa karaoke dirumah? Jawabannya bisa. Dewasa ini aplikasi karaoke semakin terkenal saja. Dan penggunanya juga semakin banyak. Dari sana kita bisa tahu kalau aplikasi karaoke membantu kita untuk karaokean di rumah tanpa mengeluarkan banyak uang. 

Salah satu aplikasi karaoke yang terkenal adalah Smule. Aplikasi ini sudah diunduh lebih dari 50 juta kali di Playstore.  Sebelum mengetahui cara menggunakan aplikasi Smule. Kita kenalan dulu mengenai aplikasi smule, dan fitur-fiturnya .

Aplikasi Smule

Smule merupakan aplikasi musik yang berasal dari Amerika Serikat. Aplikasi ini pada awalnya dikembangkan untuk smartphone dengan sistem iOS saja di tahun 2012. Namun menyusul ditahun berikutnya (2013), smule dirilis untuk versi Android. 

Pada tahun 2018, Smule dinobatkan oleh CNET sebagai aplikasi musik terbanyak penggunanya. Hal ini dikarenakan di tahun 2017, menggandeng bintang Dwayne Johnson untuk duet animasi yang tersedia di aplikasi Smule. 

Setelah Dwayne Johnson, Smule menggandeng bintang internasional sekelas Charlie Puth, J Balvin, bahkan bintang Indonesia Siti Badriah juga,  Aplikasi ini tersedia di Android dan juga iOS. 

Fitur Aplikasi Smule

Smule memiliki beberapa fitur yang wajib banget diketahui oleh penggunanya.  Sebenarnya akan lebih bagus lagi kalau kita membayar VIP. Harga VIP untuk setiap bulannya berkisar Rp. 14.000. Tapi gratis juga tidak masalah. 

Berikut adalah fitur aplikasi karaoke smule : 

1. Profil 

Profil merupakan laman yang berisi data dari pengguna. Untuk kamu isikan data sesuai keinginan kamu. Data profil ini digunakan untuk mempermudah pengguna smule untuk kenal satu sama lain. 

2. Listen 

Listen merupakan sebuah fitur yang bisa digunakan untuk mendengarkan rekaman dari seluruh pengguna Smule.  Fitur ini sangat membantu terutama bagi pengguna yang mencari inspirasi lagu. Pengguna juga bisa belajar agar berhasil menciptakan rekaman yang bagus.

3. Notifikasi

Notifikasi merupakan salah satu fitur yang ada di kebanyakan aplikasi sosial. Di aplikasi Smule, Notifikasi juga ada. Fungsinya untuk memberikan pemberitahuan yang menampilkan aktivitas di aplikasi Smule. 

4. Song Book

Songbook merupakan tempat kumpulan lagu-lagu. Fitur ini sangat berguna bagi pengguna untuk mencari lagu yang akan dinyanyikan.

Cara Menggunakan Aplikasi Smule

Untuk menggunakan aplikasi Smule pada dasarnya mudah. Yuk ikuti tutorialnya dari awal : 

1. Untuk Mode Solo

Mode solo memiliki arti pengguna berkaraoke sendiri. Jadi tidak ada teman untuk berduet. Berikut adalah langkah-langkahnya : 

  • Unduh aplikasi Smule di Playstore atau App Store. Buka aplikasi Smule
  • Pilih menu Song Book , lalu klik tombol Sing
  • Pilih kategori Solo 
  • Tunggu sebentar hingga lagu mulai dan diputar
  • Sebelum klik start, kamu bisa mematikan kamera atau menyalakan kamera
  • Setelah memilih mode kamera, klik start
  • Setelah rekaman selesai, kamu bisa mengedit seperti menambah caption di halaman Customize 
  • Setelah selesai dikustomisasi, hasil rekaman bisa disimpan atau dibagikan ke akun sosial media yang kamu punya

2. Untuk Mode Duet

Mode duet artinya pengguna mengajak seseorang untuk bernyanyi bersama dalam satu frame. Berikut adalah langkah-langkahnya : 

  • Unduh aplikasi Smule di Playstore atau di App Store. Buka aplikasi Smule
  • Pilih lagu yang ada di Song Book,Klik tombol Sing
  • Klik Duetatau Group
  • Smule akan memberi opsi untuk menyanyikan bagian pertama atau bagian kedua
  • Layar akan menampilkan pengguna yang siap untuk duet, pilih Join
  • Sebelum mulai, lirik akan ditampilkan. Lirik berwarna biru akan dinyanyikan lawan duet, oren untuk dinyanyikan bersama, dan abu-abu untuk kamu
  • Setelah rekaman selesai, maka bisa dikustomisasi terlebih dahulu
  • Rekaman siap diunduh atau dibagikan di sosial media yang lain

Nah itu dia informasi mengenai Smule dan  cara menggunakannya. Kami harap kamu bisa bersenang-senang dan berkaraoke ria. Semoga bermanfaat

Tags: