5 Cara Menghapus Chromium di Semua Jenis Windows

Pernah menemukan sebuah aplikasi bernama Chromium di PC Windows kamu? Apakah itu? Dilansir dari situs referensi teknologi Ubixlo, sebenarnya Chromium merupakan browser dari sebuah proyek open-source. Nah sumber kode terbukanya inilah yang membuat akses pengembangannya menjadi lebih bebas dan luas daripada browser lainnya semacam Google Chrome. Sehingga tak heran jika Chromium lebih rentan dimasuki virus maupun malware.

Lantas bagaimana cara mengetahui apakah Chromium itu dimasuki virus atau tidak? Cobalah untuk menginstal suatu aplikasi, misal aplikasi edit foto, kemudian jika tidak disadari tiba-tiba muncul logo Chromium, maka bisa dipastikan itu adalah Chromium yang disisipi virus.

Selain itu ketika kamu sedang menggunakan web browser Google Chrome misalnya, kemudian secara tiba-tiba Chromium terbuka dengan sendirinya. Maka Chromium tersebut sudah tidak asli ataupun secara sengaja/tidak sengaja telah terjangkiti virus dan malware.

Lalu bagaimana cara menghapus Chromium yang terjangkit virus tersebut? Adapun cara untuk menghapus Chromium adalah sebagai berikut.

Cara Menghapus Chromium

  1. Di Windows 7, 8, 10
  2. Dengan Regedit
  3. Menghapus Chromium di Google Chrome
  4. Dengan Aplikasi
  5. Di Mac OS

1. Di Windows 7, 8, 10

Buat pengguna Windows, baik itu Windows 7, 8, maupun 10, kamu bisa menghapus Chromium dengan cara sebagai berikut:

Langkah #1: Buat pengguna Windows 7, kamu Klik Start Menu > pilih Control Panel. Selain itu buat pengguna Windows 8 dan 10, kamu langsung mencari Control Panel melalui Search Box atau kotak pencarian dengan cara mengetik Control Panel.

Langkah #2: Selanjutnya pada Control Panel, kamu pilih Program and Feature > cari Chromium klik kanan di mouse > klik Uninstall. Selain itu juga kamu bisa klik Uninstall di bagian atas bar.

Akan tetapi jika ternyata Chromium belum terhapus, maka kamu bisa menghapus Chromium melalui folder Chromium yang ada di dalam sistem. Hanya saja kebanyakan folder Chromium bersifat hidden file. Jadi untuk dapat menemukannya, kamu harus mengatur konfigurasinya terlebih dahulu.

Adapun langkah-langkahnya sebagai berikut:

Langkah #1: Kamu buka Windows Explorer terlebih dahulu. Ada banyak cara untuk membukanya, cara tercepat adalah dengan cara tekan logo Windows+Edi keyboard. 

Langkah #2: Buat pengguna Windows 7, klik Organize > pilih Folder and search options. Sementara pengguna Windows 8 dan 10, klik menu File, > klik Change Folder and search options.

Langkah #3: Setelah itu buka menu View > klik Show hidden files, folders and drives > klik Apply > klik OK.

Langkah #3: Selanjutnya pilih Local Disc (C) > klik folder Users > pilih folder Apps Data > pilih folder Local.

Langkah #5: Kamu cari folder bernama Chromium kemudian hapus seluruh isinya dengan cara klik folder Chromium lalu tekan CTRL+A untuk memblok semua yang ada di dalam Chromium > tekan ALT+Del untuk menghapus permanen.

Nah itu tadi cara menghapus Chromium dari perangkat Windows 7, 8, 10. Jika ternyata cara di atas masih belum berhasil, kamu bisa menggunakan cara di bawah ini.

2. Dengan Regedit

Jika cara diatas masih belum berhasil menghapus Chromium, kamu masih bisa menggunakan cara lainnya, yakni dengan mengakses Regedit. Kamu bisa menggunakan cara ini di semua OS Windows, mulai dari Windows 7, 8, 10.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah #1: Buat pengguna Windows 7, kamu buka Start Menu > ketik Regedit di Search Box atau kolom pencarian > tekan Enter. Buat pengguna Windows 10 dan 8, kamu bisa langsung mengetik Regedit di Search Box atau kolom pencarian > tekan Enter

Langkah #2: Setelah Regedit Editor terbuka, kamu pilih HKEY Current User > pilih folder Software > gulir ke bawah cari folder Chromium.

Langkah #3: Jika sudah ketemu, arahkan kursor mouse ke Chromium > klik kanan pada folder tersebut > pilih opsi Delete.

Langkah #4: Jika semua tahapan sudah dilakukan, restart atau mulai ulang perangkat dan jangan lupa untuk melakukan Disc Clean Up.

Itulah cara menghapus Chromium dengan menggunakan Regedit. Selain menggunakan Regedit, kamu juga perlu menghapus Chromium dari Google Chrome agar data-data kamu bisa lebih terjaga. Adapun caranya seperti di bawah ini.

3. Menghapus Chromium di Google Chrome

Selain menghapus Chromium dari perangkat, kamu juga perlu menghapus Chromium dari Google Chrome. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

Langkah #1: Kamu buka buka Google Chrome > klik Settings > klik Tools dan Extensions.

Langkah #2: Setelah itu klik plugins/add-ons Chromium > pilih Trash Icon atau Remove untuk menghilangkan entri ekstensi Chromium tersebut.

Langkah #3: Jika halaman awal browser kamu telah diubah oleh Chromium, maka buka Settings > pilih menu On startup > pilih opsi Open a specific page or set of page > lalu klik Set page dan hapus alamat website yang mencurigakan dengan klik tombol X.

Langkah #4: Setelah itu pilih add new untuk mengganti halaman awal dan rubah menjadi alamat google (www.google.com)

Langkah #5: Selanjutnya buka kembali menu Settings > pilih Manage Search Engine di menu Search dan hapus website penelusuran yang mencurigakan.

Langkah #6: Setelah itu reset Google Chrome dengan cara buka menu Settings > pilih Reset Browser Settings > klik Reset untuk konfirmasi mulai ulang setelan.

Nah itu tadi langkah-langkah menghapus Chromium dari Google Chrome. Mungkin langkah-langkah di atas agak sedikit berbeda. Semua itu tergantung seri Chrome yang kamu gunakan.

Kamu tinggal menyesuaikan saja menu yang ada di dalam Chrome dengan langkah-langkah di atas. Semua tulisan menu nya hampir sama kok. Kamu tinggal menyesuaikan saja.

4. Dengan Aplikasi

Selain menggunakan cara-cara diatas, kamu bisa menggunakan aplikasi atau software untuk menghapus Chromium. Ada berbagai aplikasi yang bisa kamu gunakan untuk menghapus Chromium. Salah satu aplikasi tersebut adalah IObit uninstaller.

IObit uninstaller merupakan salah satu aplikasi gratis yang berfungsi untuk menghapus program terpasang pada Windows sampai bersih ke akar-akarnya.

Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut: 

Langkah #1: Jika kamu belum memiliki aplikasi IObit uninstaller, silahkan download terlebih dahulu pada situs resminya kemudian instal aplikasinya.

Langkah #2: Kamu buka aplikasi IObit uninstaller kemudian tunggu hingga halaman beranda IObit Uninstaller terbuka, dan cari aplikasi yang bernama Chromium

Ketika mencari Chromium, sebaiknya pastikan jika kamu berada pada menu Programs All programs > Uninstall unnecessary program to free up more space.

Langkah #3: Jika kamu sudah menemukan Chromium, klik aplikasi Chromium > klik Uninstall

Langkah #4: Sebelum memilih Uninstall, kamu akan diberikan pilihan Create a restore point before uninstall (pembuatan restore point) dan Automatically remove residual files (penghapusan residual files)

Buat yang masih bingung, Restore point merupakan kondisi di mana IObit membuat file sistem cadangan sebelum melakukan penghapusan Chromium. Sehingga, jika nanti ada error, bisa dikembalikan lagi seperti semula. 

Sementara Residual file merupakan data-data yang tersimpan, tapi posisinya sudah tidak aktif karena file utama sudah terhapus. Contohnya registry, cache, dan sejenisnya. 

Kalau saran dari kami sebaiknya pilih Automatically remove residual files.

Langkah #5: kamu tunggu proses penghapusan aplikasi Chromium sampai selesai. Kemudian jika muncul pesan pop-up Are you sure you want to uninstall Chromium? kamu pilih centang Also delete your browsing data? Pilih pesan Uninstall dan tunggu hingga proses uninstall selesai

Nah itu tadi cara menghapus Chromium dengan menggunakan aplikasi. Tidak sulit bukan caranya? 

Lantas, bagaimana jika kamu menggunakan OS Mac? Apakah Chromium bisa dihapus? kamu bisa menghapus Chromium dengan mengikuti langkah-langkahnya di bawah ini.

5. Menghapus Chromium di Mac OS

Buat pengguna OS Mac, kamu bisa menghapus Chromium dengan langkah-langkah sebagai berikut:

Langkah #1: Klik tombol Go yang berada di pojok kanan atas > pilih menu Applications.

Langkah #2: Tunggu hingga semua folder muncul lalu cari folder bernama Chromium > klik kanan folder Chromium > pilih opsi Move to Trash.

Nah itu tadi cara menghapus Chromium di Mac. Cukup mudah bukan caranya?

Setelah kamu berhasil menghapus Chromium dari perangkat, kamu juga perlu berhati-hati agar tidak menginstal Chromium yang tidak resmi lagi. 

Kamu juga perlu berhati-hati ketika mendownload software dari website yang kurang jelas. Apalagi jika web tersebut tidak menggunakan sertifikat SSL untuk keamanannya. 

Karena itulah, sebaiknya kamu berhati-hati dalam menggunakan Chromium. Apalagi sampai menjadikanya sebagai browser default di perangkatmu. Lebih baik lagi jika kamu menggunakan browser yang lebih aman dan stabil. 

Tags: