Cara Menghilangkan Garis di TV LED

Mengalami kerusakan pada TV seperti terdapat garis pada TV LED? Garis horisontal biasanay terjadi pada Layar LCD terjadi pada laptop, LCD eksternal maupun TV LCD.

Pada layar LCD notebook, monitor dan juga TV sama-sama terdiri dari 2 (dua) lapisan tipis kaca yang mengandung bahan dari  kristal cair.

Ketika kacanya yang rusak, puing-puing infiltrat lapisan kristal atau masalah lain terjadi dengan fungsi layar, ini menyebabkan garis horisontal warna muncul ketika monitor sepenuhnya diterangi.

cara menghilangkan garis di tv led

Garis-garis horizontal ini bisa saja permanen dikarenakan kegagalan internal atau sementara karena koneksi display yang rusak.

Jika garis jarang terjadi dalam penampilan layar, atau tidak terlihat permanen, Menyebabkan Garis horisontal Layar LCD disebabkan kabel video longgar.

Oleh karena kinerja perangkat layar ini turun naik, kabel menjadi longgar bahkan di laptop Garis horisontal Layar LCD paling sering terjadi.

Ada juga kejadian televisi dan monitor, sering stasioner, masih dapat mempunyai kabel longgar apabila tidak terpasang dengan benar.

Atau bahkan yang paling sering terjadi yaitu layar bergaris muncul pada layar LCD TV. Ini hal yang paling sering terjadi.

Beberapa cara memperbaiki panel LCD TV yang bergaris dengan benar agar tidak menambah kerusakan pada layer LCD TV.

  1. Perlu Pastikan kondisi

Pertama-tama, pastikan kondisi TV dalam keadaan mati dan tidak terhubung dengan aliran listrik apapun. Tahap ini sangatlah penting demi keselamatan proses perbaikan. Jangan lupa untuk memakai sarung tangan sebagai pelindung.

Apabila semua persiapan selesai, kamu bisa mulai membongkar keseluruhan cashing panel supaya bisa melihat keadaan, apakah terdapat jalur FPC atau column yang terbakar.

  1. Pengecekan tegangan

Jangan lupa untuk mengecek bagian tegangan output lc power Tcon. Masalah panel LCD TV yang terdapat garis biasanya muncul di bagian IC scan Driver MAX1708.

Semua tegangan berjalan normal, akan tetapi ketika bagian flicker muncul secara perlahan level tegangan output pada pin 13-22 akan mengalami penurunan, meskipun masih konstan di output IC power.

  1. Putuskan jalur pin out 21

Agar bisa mengatasi hal tersebut, kamu perlu melakukannya dengan cara memutuskan jalur pin out 21 yang jalur aliran menuju ke FPC dan panel.

Kemduian kamu perlu memeriksa kembali tingkat ketengannya dalam kondisi tidak ada beban atau dalam keadaan TV tidak nyala. Ketengan cenderung konstan di pin 21(+/-24).

  1. Pilih alternative lain

Apabila cara tersebut belum dapat mengembalikan kondisi TV kamu ke kondisi semula, kamu dapat menggunakan cara lain. Yakni dengan mengganti IC yang rusak atau juga panel yang rusak.

  1. Jika dihadapi dengan panel rusak

Jika memang bagian panel yang mengalami kerusakan, kamu dapat melakukan jumper langsung  (r: 10 ohm) antara tegangan out IC power dengan jalur in pada FPC atau panel yang terputus tadi.

Yang jelas dengan menentukan tingkat kerusakan terlebih dulu. Biasanya untuk monitor eksternal atau televisi, reseat setiap kabel input video atau pertimbangkan untuk mengganti kabel dengan yang baru.

Jika masalah tidak hilang, ini menunjukkan kegagalan internal, sesuatu yang sedikit konsumen dapat memperbaiki sendiri.

Apabila TV kamu mempunyai masalah atau problem seperti sensor TV yang rusak. Kamu bisa memakai jasa terbaik dari servicesparepart yang pastinya bisa menyelesaikan masalah kamu.

Adapun kerusakan yang biasanya dialami oleh TV masa kini antara lain adalah kualitas gambar yang tidak jernih, suara hilang atau tidak keluar, mati total, blank atau nyala biru, sampai dengan munculnya garis baik vertikal maupun horizontal pada layar TV.

Kerusakan yang kami maksud adalah munculnya gariz horizontal pada layar TV yang sangat mengganggu.

Nah itu dia ulasan tentang Cara menghilangkan garis di TV LED dengan benar agar tidak merusak komponen yang lainnya. Semoga bisa menjadi wawasan atau referensi kamu sebelum memperbaiki gari di TV LED.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *