Cara Menyetir Mobil Matic

Teman-teman sudah berapa tahun kalian bisa mengendarai mobil? Perlu kita ketahui bahwa nyetir mobil itu merupakan suatu keterampilan yang memang membutuhkan koordinasi dan juga konsentrasi dengan baik, loh ko gitu, kenapa?

Seperti yang telah dibahas oleh mamangbengkel.com bahwa menyetir mobil itu memang membutuhkan konsentrasi yang tinggi, yang pertama ialah harus konsentrasi dalam memperhatikan ruas jalan, lalu konsentrasi memperhatikan arus lalu lintas, selain itu konsentrasi dalam mengatur kopling serta perseneling harus sesuai.

Banyak faktor-faktor dalam berkendara selain diatas yang harus kita perhatikan, misal salah satunya seperti mengatur kecepatan dari laju mobil itu sendiri. Kenapa kita harus mengaturnya? Karena kecepatan dari tenaga mobil itu sangat berpengaruh dalam kenyamanan ketika berkendara.

Hal ini tentu saja akan berlaku apabila kalian mengendarai kendaraan yang dibuat dengan transmisi manual. Lantas bagaimana dengan seseorang yang memang belum bisa atau merasa kesulitan dengan mobil yang memiliki transmisi manual?

Sungguh beruntung, karena saat ini sudah banyak perusahaan-perusahaan mobil ternama memproduksi mobil yang mengusung transmisi matic, dibuatnya mobil dengan transmisi matic ini bisa mempermudah para pengemudi untuk melakukan bepergian di dalam kota maupun luar kota.

Lalu bagaimana cara menyetir mobil matic itu? Gampang dan tidak perlu dikhawatirkan karena dibawah ini saya akan berbagi sedikit pengetahuan tentang menyetir mobil matic yang baik dan benar, tugas kalian hanyalah sedikit menyimak dan langsung mempraktekannya.

Pertama-tama kalian harus mengenal terlebih dahulu tentang sifat dari mobil matic itu seperti apa.

Sifat Mobil Matic

cara menyetir mobil matic
wornermatic.com

Mobil keluaran terbaru seperti tahun-tahun ini banyak yang mengusung teknologi matic yang artinya adalah automatic. Dengan adanya teknologi canggih seperti ini bisa mempermudah dalam penggunaannya, dan sistem keamanannya akan terasa lebih tinggi bagi pengemudi.

Untuk kalian, sebelum belajar bagaimana cara menyetir mobil matic, alangkah baiknya kalian harus mengetahui beberapa sifat dari mobil matic ini.

  • Mobil matic tidak akan nyala mesinnya apabila posisi dari perseneling mobil tidak berada di huruf P.
  • Ketika di jalan dan suasana jalanan macet, mesin mobil mati, maka mobil tersebut akan tetap diam ditempat tidak menyendat seperti mobil yang mengusung transmisi manual.
  • Mobil tidak akan mundur kebelakang ketika mesin mobil mati dan berada di medan tanjakan, sehingga pengemudi dan penumpang di dalam mobil tetap merasa tenang.
  • Konsentrasi ketika menyetir cukup fokus melihat pada monitor yang ada di bawah kemudi.

Posisi Perseneling

Setelah memahami beberapa sifat mobil matic, maka teman-teman semua akan terasa lebih mudah dalam memahami bagaimana cara belajar menyetir mobil matic yang baik dan benar. Tentunya mobil dengan transmisi manual dan matic itu terdapat perbedaan dalam beberapa bagian.

Perbedaan yang paling umum antara mobil matic dengan manual itu bisa dilihat dari segi jumlah pedal yang ada di dalam mobil tersebut. Pedal untuk mobil yang bertransmisi manual itu memiliki 3, sedangkan untuk mobil yang bertransmisi matic hanya memiliki 2 pedal saja.

Selain itu, mobil matic ini mempunyai posisi perseneling yang berbeda dengan manual, maka dari itu akan saya jelaskan dibawah ini:

  • Posisi P (Park) Posisi P ini digunakan ketika sedang keadaan mobil itu berhenti atau parkir. Pastikan posisi perseneling ini berada di posisi P ketika mobil sedang dalam keadaan diam.
  • Posisi R (Return) Posisi R ini digunakan apabila mobil itu akan mundur kebelakang.
  • Posisi N (Neutral) Posisi N ini bisa digunakan juga dalam keadaan jalanan macet, sehingga pengendara mobil matic tersebut tidak merasa kelelahan. Namun, ketika dalam keadaan macet kita lebih memilih untuk menggunakan posisi N agar mobil diam.
  • Posisi D (Drive) Posisi D ini digunakan apabila mobil itu akan melaju kedepan. Oh iya, Drive ini terdiri dari beberapa bagian, apa saja? Yaitu D1, D2 dan D3. Lantas masing-masing dari drive tersebut kegunaannya untuk apa? D2 dan D1 digunakan apabila kecepatan dari mobil itu rendah.

Untuk menghidupkan mesin mobil matic, kalian harus memastikan bahwa posisi dari perseneling tersebut tepat di bagian huruf P dan injak pedal pada bagian rem, kemudian mengontakkan kontak mesin untuk menghidupkan mesin dari mobil matic itu.

Diamkan beberapa menit untuk memanaskan mesin mobil tersebut, kemudian setelah mesin mobil itu mulai panas, kalian bisa langsung melajukannya dengan cara memindahkan posisi persneling dibagian huruf P pindah ke bagian huruf D1.

Begitu juga untuk memundurkan mobil, kalian harus melakukan cara yang sama seperti yang telah saya tulis diatas sambil menginjak pedal rem perlahan-lahan, kemudian menginjakkan pedal gas apabila ingin menambah kecepatan dari mobil itu.

Mungkin sekian pembahasan kali ini tentang pelajaran bagaimana cara menyetir mobil matic yang baik dan benar, untuk kalian yang sudah membaca artikel ini semoga bermanfaat dan bisa langsung mempraktekkannya sendiri di rumah.

Selamat mencoba, semoga berhasil

Tags: