9 Cara Menyiapkan Pernikahan yang Hemat dan Singkat

Tidak semua pasangan kekasih memilih tanggal menikah berjarak jauh dengan bertunangan. Beberapa bahkan ada yang memutuskan untuk menikah dalam jarak waktu yang singkat.

Padahal kita semua tahu kalau sebuah pernikahan membutuhkan persiapan yang cukup matang agar prosesinya berjalan lancar. Tips di bawah ini mungkin bisa menjadi inspirasi bagi kamu yang hanya punya waktu sedikit.

cara menyiapkan pernikahan

9 Cara Menyiapkan Pernikahan

1) Dokumen

Hal terpenting yang harus disiapkan sebelum menikah tentunya dokumen. Setelah kamu dan pasangan sudah menentukan tanggal yang tepat, mulailah mengumpulkan berkaas yang dikumpulkan untuk melapor ke KUA dan kelurahan.

Dokumen ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Kalian butuh surat pengantar yang kadang harus mengantri untuk membuatnya.

2) Daftar tamu undangan

Buatlah daftar tentang siapa saja yang akan kamu undang ke dalam prosesi agama maupun resepsi. Jika budgetnya tidak banyak, pernikahan cukup dihadiri oleh keluarga dan sahabat saja.

Mereka yang telah berkontribusi besar ke dalam kehidupan kamu sebaiknya juga menikmati hari bahagiamu. Jangan sampai tamu undangan yang datang malah tidak kamu kenal sama sekali.

3) Lokasi menikah dan resepsi

Kalau kamu ingin terima beres, sebaiknya pilihlah lokasi seperti gedung serbaguna yang ada di lingkungan rumah. Rumahmu tidak perlu berantakan apalagi harus kelelahan untuk beres-beres pasca pesta.

Namun pilihan menikah di rumah juga bukanlah hal yang buruk. Selain menghemat budget, kamu juga merasa lebih homie dan bebas menentukan kapan acara selesai.

4) Undangan low-budget

Kartu undangan tidak perlu harga yang mahal. Alasannya adalah sesudah dibaca oleh yang diundang, maka kartu akan dibuang.

Mubazir, bukan?

Lagipula, harga yang murah belum tentu tidak berkualitas. Pilih desain yang minimalis namun terkesan elegan. Semakin sederhana desainnya, maka harga yang bisa kamu dapatkan juga semakin murah.

5) Souvenir unik dan murah

Barang ini sepertinya sudah menjadi hal yang wajib sebagai rasa berterima kasih kepada tamu yang datang. Kamu bisa menyiapkan berbagai souvenir dengan harga terjangkau, mulai dari alat makan, dompet sederhana, mug, hingga sukulen.

Belilah di toko yang memang menyiapkan souvenir pernikahan karena banderol harganya jauh lebih rendah daripada ecer.

Bila Anda membutuhkan ide souvenir pernikahan, yang murah, unik, dan bagus bisa cek di otwhalal.com. Sekilas, otwhalal.com merupakan website yang membahas mengenai pernikahan dari pranikah.

6) Hidangan tamu

Tidak perlu banyak atau menu yang aneh-aneh. Tamu undangann akan sangat senang jika makanan yang dihidangkan memiliki rasa yang enak.

Pastikan jasa katering yang digunakan sudah berpengalaman, sehingga kamu dan tamu tidak kecewa. Jika tidak bisa menyiapkan makanan besar, sediakan snack-snack atau jajanan tradisional yang enak.

7) Vendor

Usahakan vendor yang kamu gunakan hanya satu, sehingga harga yang kamu dapatkan juga sangat baik.

Biasanya vendor atau WO membuat daftar paket harga yang sudah mencakup semuanya. Jika dekorasi, rias dan katering menggunakan vendor yang berbeda, biasanya harga yang dipasang menjadi lebih mahal.

8) Busana

Sudah barang wajib pernikahan menggunakan busana khusus bagi sebagian keluarga. Nah, agar hasilnya maksimal kamu bisa memesannya jauh hari sebelum acara pernikahan dilaksanakan.

Namun, supaya lebih hemat kamu perlu untuk memetakan siapa saja yang hendak dibuatkan busana yang seragam. Bagaimanapun ini tentunya harus sesuai dengan budget yang kamu miliki.

9) Tim behind the scene

Di balik acara yang sangat berarti buat hidupmu, kamu butuh orang-orang yang bisa membuat acaramu menjadi lebih bermakna.

Misalnya adalah fotografer dan hiburan dalam pesta. Manfaatkan kesediaan teman-teman kamu. Mereka akan dengan senang hati menjadi ornag yang berperan dalam hari spesialmu.

Persiapan yang singkat dan budget hemat untuk menikah bukanlah hal yang tidak mungkin.

Selama kamu bisa mengatur pengeluaran dan tegas dengan budget, penghematan bisa dilakukan.

Bahkan dalam waktu kurang dari 3 bulan saja, persiapan ini bisa kamu laksanakan dengan santai. Asalkan kamu bisa membedakan mana hal yang menjadi prioritas dalam pernikahan dan mana yang bukan.

Dari beberapa tips di atas semoga bisa membantu kamu untuk mempersiapkan pernikahan. Selamat dan sukses untuk acara kamu nantinya.

Tags: