Cara Print Bolak Balik

Literasi merupakan salah satu hal yang memajukan peradaban manusia. Tanpa literasi yang marak, sumber pengetahuan pastinya menjadi terbatas. Dahulu orang menulis melalui secarik kertas menggunakan tinta. Cara tersebut pun masih dilakukan hingga sekarang. Namun untuk keperluan tertentu membutuhkan proses menulis yang cepat, sehingga teknologi menjadi hal yang diAndalkan.

Saat ini menulis bisa dilakukan melalui perangkat elektronik seperti laptop atau pc. Namun tulisan tersebut harus dilakukan proses print terlebih dahulu agar bisa muncul di atas secarik kertas. Untuk proses print sendiri memiliki berbagai jenis teknik, termasuk print bolak balik pada satu kertas.

2 Macam Cara Print Bolak Balik

Print bolak balik bisa Anda lakukan di rumah dengan menggunakan berbagai cara. Namun semua itu tentunya bergantung pada kapasitas perangkat yang Anda gunakan. Untuk printer sendiri memiliki kapasitas yang berbeda-beda berdasarkan fungsinya. Di bawah ini adalah langkah-langkah yang bisa Anda lakukan untuk mulai melakukan print bolak balik:

1. Dengan Cara Otomatis

Terdapat banyak jenis printer berdasarkan fitur yang dimilikinya. Salah satu fitur menarik pada printer ialah Duplex Printing. Printer yang memiliki fitur ini memiliki kemampuan untuk mencetak secara otomatis pada selembar kertas dengan dua sisi sekaligus. Cara ini bisa dilakukan jika printer Anda memiliki fitur tersebut. Ikuti langkah berikut untuk memulai:

  • Pertama, buat terlebih dahulu file yang akan Anda print
  • Jika file sudah siap, pada menu bar Microsoft Word di bagian atas, pilih menu Lalu akan muncul berbagai pilihan menu. Pilih menu Print. (Untuk melakukannya dengan cara singkat, Anda cukup membuka file yang ingin Anda print di Microsoft Word, kemudian tekan CTRL + P)
  • Jika sudah, akan muncul ke halaman baru untuk mengatur proses mencetak. Terdapat beberapa pilihan menu untuk mengatur percetakan, yakni Printer untuk mengatur perangkat printer Anda, dan juga Setting untuk mengatur opsi cetak yang diinginkan. Pilih Setting
  • Kemudian akan muncul dropdown menu yang menyediakan berbagai opsi, langsung saja pilih Print on Both Sides
  • Jika sudah, klik ikon Print yang bergambar printer. Kemudian printer akan memulai proses penyetakan

2. Dengan Cara Manual

Cara berikut ini sebetulnya tidak memiliki perbedaan signifikan dari langkah sebelumnya, karena dalam prosesnya melalui kolom menu yang sama, yakni menu Print. Ikuti langkah-langkah berikut untuk memulai:

  • Siapkan dokumen yang ingin Anda print
  • Jika sudah, pilih menu File pada menu bar di Microsoft Word
  • Lalu pilih menu Print
  • Pada menu Print, terdapat menu Setting. Pada menu Setting terdapat berbagai opsi untuk jenis pencetakan. Pilih Manually Print on Both Sides
  • Kemudian pilih ikon Print bergambar printer. Lalu proses penyetakan akan berjalan. Tunggu hingga selesai
  • Jika sudah, pada laptop/pc Anda akan muncul notifikasi yang menginstruksikan Anda untuk memasukkan kembali kertas yang sudah diprint ke tray. Namun Anda harus memastikan bahwa posisi kertas dibalik agar printer dapat mencetak di sisi lain dari kertas
  • Tunggu hingga selesai. Jika sudah, Anda sudah memiliki selembar kertas yang ke dua sisinya telah tercetak

Aktifitas mencetak merupakan salah satu hal yang saat ini sering dilakukan. Terlebih jika Anda pelajar atau mahasiswa, Anda mungkin sering diberikan tugas yang mengharuskan Anda untuk melakukan proses print untuk menyelesaikannya. Jika tugas tersebut menuntut Anda untuk melakukan print secara bolak balik, cara print bolak balik di atas bisa menjadi panduan bagi Anda.

Sumber: Ubixlo.com

Tags: