Ciri Ciri Sejarah

Sejarah merupakan peristiwa atau kejadian yang terjadi pada masa lampau, sehingga kejadian tersebut sudah benar-benar tidak ada lagi dimasa sekarang. Dengan peristiwa kejadian sejarah seseorang bisa mengambil pelajaran yang ada dan bisa menambah ilmu pengetahuan bagi pembaca atau bisa juga mengambil pelajaran dari kisah sejarah tersebut.

Adapun seseorang mungkin sudah ada yang memahami mengenai makna dari sejarah, akan tetapi ada juga yang belum mengerti mengenai ciri ciri sejarah maupun fungsinya itu seperti apa.

Maka bahasan kali ini akan mengenai seputar ciri ciri sejarah, silahkan simak ulasannya berikut ini.

Ciri Ciri Sejarah Secara Umum

Ciri Empiris

Ciri yang pertama yang ada pada sejarah ialah empiris, maksudnya yaitu sebuah peristiwa  yang sudah terjadi pada manusia masa lampau, kemudian dijadikan sebuah dokumen atau jejak untuk  dipergunakan sejarawan sebagai referensi menemukan keberanannya.

Adanya Objek

Objek merupakan salah satu ciri yang terdapat pada sejarah. Objek disini bisa jadi waktu terjadi peristiwa atau tempat terjadinya sejarah tersebut. Sehingga objek bisa dapat berguna untuk sebagai bahan pembelajaran pada sejarah.

Adanya Teori

Ternyata sejarah juga memiliki ciri teori. Dimana teori yang ada terdapat pokok-pokok bahasan atau makna yang terkandung pada sejarah waktu itu. Sehingga ini dapat dijadikan juga sebuah proses pembelajaran bagi kita atau masyarakat setempat.

Adanya Metode

Ciri yang keempat yang harus Anda ketahui yaitu sejarah mempunyai sebuah metode, dimana metode yang terdapat pada sejarah ini untuk melakukan sebuah penelitian atau untuk mengamati peristiwa. Karena dengan adanya metode ini terdapat pedoman tradisi ilmiah.

Adanya Generalisasi

Ketika melakukan sebuah penelitian didalam peristiwa sejarah, maka akan dibutuhkan sebuah kesimpulan dan generalisasi. Sehingga dengan adanya penelitian tersebut kemudian bisa diambil sebuah keputusan kesimpulan yang akan menggambarkan peristiwa sejarah yang terjadi.

Berdasarkan kesimpulan dan generalisasi itu ditentukan dari sebuah objek, teori dan metode penelitian sejarah yang telah dilakukan.

Sejarah Merupakan Fakta dan Benar

Bisa kita ketahui juga saat sejarah tersebut telah di dokumentasikan dan sudah dilakukan penelitian tentang kebenarannya. Maka bisa dipastikan juga ciri sejarah terdapat fakta yang benar-benar terjadi.

Segala Jenis Kejadian

Maksud dari ciri berikut ini adalah sejarah merupakan sebuah peristiwa kejadian yang bisa meliputi apa saja, baik itu kejadian tempat atau tokoh-tokoh terpenting dan yang lain sebagainya. Sehingga jangan anggap sejarah hanya sebuah kejadian tertentu saja iya.

Ciri Sejarah Tidak Direka-reka

Sejarah merupakan peristiwa yang benar-benar kejadiannya dan sesuai fakta yang terjadi, Sehingga dalam kejadian peristiwa sejarah ini tidak ada sebuah adegan yang dibuat-buat atau di rencanakan.

Bersifat Penting Dan Bermakna

Seorang juga akan mendapatkan sebuah manfaat penting yang terkandung didalam sejarah ketika membaca atau memahaminya. Karena salah satu ciri yang ada pada sejarah yaitu terdapat hal-hal penting yang dapat diambil pelajarannya dan makna yang berguna untuk sebagai pengalaman berharga.

Terdapat Sebab Dan Akibat

Ciri ciri sejarah yang terakhir yang harus Anda ketahui yaitu didalam sebuah peristiwa kejadian sejarah terjadap sebab dan akibat. Sehingga seorang yang akan mengenal sebuah sejarah tersebut akan lebih mudah mengenai peristiwa sejarah yang telah terjadi.

Itulah mengenai bahasan tentang ciri ciri yang ada pada sejarah, semoga bisa dapat menambah ilmu pengetahuan Anda tentang sejarah.

Tags: