Contoh Teks Ceramah Beserta Strukturnya untuk Anak Sekolah

Saat ini banyak orang memanfaatkan contoh teks ceramah untuk melatih kemampuannya. Teks ceramah merupakan tulisan yang bertujuan menyampaikan informasi yang bermakna kepada sekelompok orang. Tak jauh berbeda seperti contoh teks eksposisi, informasi yang disampaikan di dalam sebuah contoh teks ceramah juga sebaiknya berdasarkan fakta dan benar adanya.

Selain tergantung cara penyampaiannya, isi dari teks ceramah juga berperan penting. Agar bisa menguasainya, simak contoh teks ceramah berikut ini:

Contoh Teks Ceramah Tentang Kelas Pembentukan Karakter untuk Anak SMA

Masa SMA adalah masa-masa pubertas anak-anak. TIdak heran jika dalam masa tersebut banyak anak yang mengekspresikan diri dengan berbagai bentuk. Ada yang berperilaku nakal hingga berusaha menjadi anak teladan. Oleh karena itu, para guru pun sering memberikan ceramah kepada anak didiknya perihal karakter untuk anak SMA. Lantas, seperti apa ceramahnya? Contoh teks ceramahnya ada di bawah ini:

1. Pembuka

Selamat pagi, salam sehat untuk semua. Bagaimana kabar teman-teman? Semoga semuanya diberi kesehatan, baik fisik maupun psikologis. Teman-temanku, kita semua sedang berada pada situasi yang tidak pasti.

Tidak dapat dipungkiri pandemi Corona virus yang semakin lama semakin ganas, tentunya memberi dampak dalam kehidupan masyarakat. Bahkan, kesehatan mental menjadi isu yang semakin banyak disuarakan oleh masyarakat zaman ini.

2. Isi

Teman-teman, saya prihatin melihat banyak orang yang memiliki stigma negatif akan meminta bantuan akan kesehatan jiwa. Padahal, ketika badan kita yang sakit, tanpa ragu kita segera ke dokter. Bagaimana dengan masalah psikologis? Mengapa ia harus dibedakan sampai harus parah dulu baru ditangani?

Teman-teman, saya melihat pesatnya kenaikan jumlah orang yang mengalami masalah psikologis seiring tingginya tekanan zaman modern yang lebih kompleks. Banyak remaja melaporkan peningkatan stres dan kecemasan selama berada di rumah saja.

Ada dua hal yang saya perhatikan. Pertama, ini menandakan bahwa jumlah orang yang mengalami masalah kesehatan mental sebenarnya jauh lebih tinggi daripada yang terlihat mata. Kedua, kenaikan jumlah ini menandakan semakin banyak orang yang memberanikan diri untuk mencari bantuan. Ini poin yang bagus.

Mengapa ini adalah poin yang bagus? Kesadaran diri untuk meminta bantuan terkait kondisi psikologis merupakan langkah awal yang baik. Pentingnya memperhatikan kondisi mental diri sendiri membuka kepekaan diri terhadap empati dan pemahaman terhadap orang lain di sekitar kita.

Maka kemudian, diharapkan bisa menjadi langkah awal untuk memulai perubahan. Apabila teman-teman merasakan perubahan dalam kondisi psikologis yang mengganggu kehidupan sehari-hari pada diri sendiri, jangan ragu untuk meminta bantuan.

3. Penutup

Demikian teman-teman, pembahasan yang dapat saya sampaikan untuk saat ini. Akhir kata, saya merasa senang karena anak muda yang peduli akan isu kesehatan mental semakin banyak, sehingga dapat membimbing generasi penerus dalam menghadapi tantangan hidupnya.

Oleh karena itu, saya berharap teman-teman yang membutuhkan bantuan psikologis bisa menghubungi saya dan rekan-rekan melalui kontak berikut ini. Yuk, lebih kenal dan sayang sama diri sendiri, setelah itu barulah kita bisa membantu sesama. Selamat pagi, semangat pejuang kesehatan mental!

Contoh Teks Ceramah untuk Kelas Pertemuan Rohani Islam Anak SMP

Pengenalan terhadap agama memang harus diperkenalkan sejak dalam kandungan. Penguatan keagamaan pun harus ditekankan di masa sekolah. Untuk itu sebagai pengajar yang baik, harus bisa memberikan ceramah keagamaan yang baik dan benar agar diterima oleh murid-muridnya. lantas, seperti apa ceramah mbnya? Berikut ini contoh teks ceramah yang bisa dijadikan referensi:

1. Pembuka

Assalamualaikum Warahmatullah Wabarakatuh. Alhamdulillah, kita memanjatkan rasa syukur karena atas seizin Allah SWT kita dipertemukan hari ini dalam kondisi sehat. Anak-anakku, pada kesempatan kali ini akan diberikan sebuah ceramah mengenai keikhlasan.

2. Isi

Ikhlas? Bukankah kita semua sudah sangat familiar dengan yang namanya ikhlas? Iya, mungkin anak-anak sudah sering mendengar ajakan untuk ikhlas. Padahal sebenarnya, seperti apa sih ikhlas? Apakah dengan menerima keadaan saja kemudian berdoa pada Allah agar masalahnya segera selesai? Tentu tidak.

Anak-anakku, Allah sangat menyukai hamba-Nya yang berjuang dengan mengharap ridha Allah di setiap langkahnya. Rasulullah pernah mengingatkan kita bahwa Allah tidak menerima amal ibadah seseorang apabila tidak dikerjakan dengan ikhlas mengharap ridha Allah.

Demikian dikutip dari HR Abu Dawud dan Nasa’i. Dari sabda ini apa yang bisa kita ambil? Bahwa kehidupan kita di dunia ini semua milik Allah, baik keindahan dan keburukan yang kita dapatkan dan rasakan.

Senantiasa ingatlah Allah, maka setiap hal yang kita alami akan dihadapi dengan ikhlas. Meski keringat bercucuran, tenaga terkuras, bersedekah sebanyak apapun, namun bila semuanya tidak dilakukan dengan ikhlas dan hanya ingin mendapatkan pengakuan dari sesama maka akan sia-sia.

Berharap dari Allah tidak memerlukan banyak kekhawatiran, misalnya tuntutan harus mencapai target seperti ini, seperti itu, dan hal duniawi lainnya. Semakin dekat dengan Allah, kita justru akan menambah amalan ibadah dan pemahaman lebih jauh akan damainya Islam dengan sendirinya.

3. Penutup

Demikian ceramah yang bisa saya sampaikan pagi ini. Harapannya, kita semua dapat belajar menerapkan keikhlasan di setiap keadaan yang menimpa. Apabila hati kita sudah diliputi keikhlasan bahwa semua ini merupakan tantangan yang harus dihadapi dan ingin mencari ridha dari Allah SWT.

Maka kita bisa mengatasinya dengan lebih sadar dan tidak penuh penolakan. Hati yang ikhlas dan dekat pada Allah membawa kita pada pikiran yang lebih jernih, sehingga InsyaAllah bisa menghadapi apa yang ada di depan mata dengan tenang dan percaya diri. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Contoh Teks Ceramah untuk Kelas Agama Islam Anak SD

Tidak hanya itu di jenjang SMP saja, anak di jenjang Sekolah Dasar pun juga harus diajarkan tentang agama, lebih lagi agama Islam. Hanya saja, bentuk penyampaian ceramahnya berbeda dengan anak SMP. Serta, bahasa yang digunakan pun berbeda. Berikut ini contoh teks ceramah untuk anak SD tentang keIslaman:

1. Pembuka

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh. Selamat pagi, anak-anakku. Bagaimana kabarnya? Sebelum memulai, mari kita ucapkan syukur kepada Allah sehingga kita semua bisa sehat dan berkumpul di sini bersama-sama. Alhamdulillah. Anak-anak, apakah sudah berdoa hari ini? Kenapa berdoa itu penting? Contoh teks ceramah hari ini akan membahas tentang doa.

2. Isi

Kita berdoa kepada Allah SWT. Berdoa ini adalah perbuatan yang baik dan harus dilakukan oleh semua umat Islam. Saat berdoa, kita tidak hanya menyampaikan keinginan saja, melainkan juga bisa dimulai dengan mensyukuri berkah yang kita miliki hari ini.

Berdoa adalah ibadah dengan pahala yang besar. Allah SWT telah menyampaikan bahwa kita sebagai manusia diperintahkan agar berdoa. Nah, kalau berdoa seringkali ada yang masih ingin cepat selesai, jadi berdoanya cepat-cepat dan sekedar karena disuruh saja, misalnya.

Anak-anak, ketika kita berdoa maka sebenarnya kita sedang berbicara pada Allah SWT. Sama halnya dengan kita. Saat kita sedang diajak bicara oleh seseorang, lalu orang itu bicaranya terlalu cepat dan seperti ingin segera selesai, tentu rasanya tidak enak bukan? Apalagi, saat berdoa kita berbicara pada Allah SWT, sang pencipta dunia beserta isinya.

Berdoa secara sadar adalah hal yang sangat penting. Lho bu, kita kan berdoa memang sadar? Betul, tapi ada kalanya kita melakukan itu seolah karena harus saja. Misalnya kita gosok gigi karena disuruh ibu, kemudian jadinya cepat dan kurang bersih. Sama halnya dengan berdoa. Berdoa dengan khusyuk, seperti berbicara hal penting yang cuma kita dan Allah yang tahu.

3. Penutup

Anak-anakku, membiasakan berdoa dengan sadar bisa dimulai sejak sekarang. Kita semua masih diberikan kehidupan oleh Allah, marilah mensyukuri dengan terus berkembang menjadi lebih baik. Demikian ceramah untuk pertemuan hari ini, semoga bisa diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

Itulah contoh teks ceramah yang dapat digunakan untuk melatih kemampuan ceramah. Seperti yang terlihat dicontoh, ada tiga bagian yang perlu ada dalam bacaan. Mulai dari bagian pembuka yang merupakan tesis utama, bagian isi sebagai penjelasan argumen, dan terakhir penutup untuk memberi penegasan ulang.

Tags: