Doa Pengantin

Setiap umat islam memang sudah diciptakan berpasang-pasangan antara pria dan wanita yang diikat dalam pernikahan. Nah, bagi Anda yang akan melaksanakan pernikahan maka sebaiknya bacalah doa pengantin agar dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan yang diinginkan. Dengan berdoa kita berarti berserah diri mengharapkan datangnya kebaikan dari Allah SWT.

Anjuran Menikah

Anjuran menikah memang sudah dijelaskan dalam Al Quran yang memiliki tujuan untuk medapatkan keturunan. Hal tersebut dijelaskan dalam firman Allah pada surah An Najm ayat 45, berikut ini.
وَ اَنَّہٗ خَلَقَ الزَّوۡجَیۡنِ الذَّکَرَ وَ الۡاُنۡثٰی

Artinya:
“Dan bahwasanya Dialah yang menciptakan berpasang-pasangan pria dan wanita.”

Dari hadist tersebut memang dijelaskan bahwa manusia diciptakan untuk berpasang-pasangan antara pria dan wanita yang digabungkan dalam pernikahan untuk mendapatkan keturunan. Menikah itu dianjurkan bagi Anda yang sudah baligh agar terhindar dari maksiat.

Doa Untuk Pengantin

Dengan berdoa maka kita akan menyampaikan permintaan yang kita inginkan, dengan demikian maka doa restu memang akan dimakna sebagai pemberian izin kepada orang yang mengharapkannya. Anda juga dapat mengucapkan doa untuk pengantin agar membuat kehidupan pengantin tersebut menjadi lebih bahagia.

بَارَكَ اللهُ لَكَ وَبَارَكَ عَلَيْكَ وَجَمَعَ بَيْكَمُاَ فِيْ خَيْرٍ

“Baarakallaahu Laka Wa Baaraka ‘Alaika Wa Jama’a Bainakuma Fii Khoir”
Artinya:
“Semoga Allah memberi keberkahan padamu, memberi keberkahan atasmu, dan semoga Dia mengumpulkan di antara kalian berdua dalam kebaikan.” (HR.Ahmad dan Hakim).

Doa tersebut diajarkan oleh Rasullllah yang memang terlupakan oleh umat muslim. Jika berkunjung ke acara pernikahan maka sebaiknya bacalah doa tersebut agar mendatangkan kebaikan kepada kedua mempelainya. Selain itu, juga dapat menjadi amalan untuk kita yang menjadi pembacanya sehingga mendatangkan pahala.

Makna Doa Untuk Pengantin

Sudah pasti doa untuk pengantin yang kita pelajari di atas memiliki banyak makna yang dalam, apa saja makna doa pengantin tersebut? Yuk ketahui makna doa tersebut yang kami kutip dari Fahmipedia berikut ini.

Meminta Keberkahan Untuk Kedua Mempelai

Ketahuilah makna doa untuk pengantin yang pertama yaitu untuk meminta keberkahan. Hal tersebut terdapat dalam lafal “Baarakallahu laka” (بَارَكَ اللهُ لَكَ) yang memiliki arti semoga Allah memberi keberkahan padamu. Apa itu keberkahan? Kenalilah bahwa berkah berarti kebaikan yang datangnya dari Allah SWT baik dalam bentk kualitas maupun kuantitas.

Nah, keberkahan yang didoakan untuk pengantin yaitu rezeki yang halal. Hal tersebut dijelaskan dalam firman Allah SWT dalam surah An Nur ayat 32:

وَ اَنۡکِحُوا الۡاَیَامٰی مِنۡکُمۡ وَ الصّٰلِحِیۡنَ مِنۡ عِبَادِکُمۡ وَ اِمَآئِکُمۡ ؕ اِنۡ یَّکُوۡنُوۡا فُقَرَآءَ یُغۡنِہِمُ اللّٰہُ مِنۡ فَضۡلِہٖ ؕ وَ اللّٰہُ وَاسِعٌ عَلِیۡمٌ

Artinya:
“Dan, kawinkanlah orang-orang yang layak (berkawin) dari hamba-hamba sahayamu yang lelaki dan hamba-hamba sahayamu yang perempuan. Jika mereka miskin, Allah akan memampukan mereka dengan karunia-Nya. Dan, Allah Maha Luas (pemberian-Nya) lagi Maha Pengetahui.” (QS. An-Nuur ayat 32)

Dalam ayat tersebut dijelaskan bahwa orang fakir maupun miskin, tetapi mereka menikah karena Allah SWT maka akan menndatangkan karunia-Nya sehingga akan mendatangkan rezeki yang halal.

Meminta Keberkahan Untuk Keturunannya

Selanjutnya, makna yang terdapat dalam doa pengantin tersebut yaitu meminta keberkahan untuk keturunannya. Nah, doa tersebut terungkap dalam lafal “Wabaarakallahu ‘alaika” (وَبَارَكَ عَلَيْكَ) yang memilii arti semoga Allah memberikan anak-anak dan keturunan yang baik padamu.

Apa yang dimaksudkan dengan memberikan keberkahan kepada keturunannya? Berarti memanjatkan doa agar dari kedua mempelai tersebut memiliki keturunan yang memiliki anak sehat, terampil, soleh maupun solehah yang akan mendapatkan kebaikan untuk orangtuanya.

Jika dipahami ternyata doa pengantin yang dipanjatkan dari orang lain kepada kedua mempelainya maka akan banyak mendatangkan keberkahan. Bahkan, bisa juga mendapatkan keberkahan untuk keturunannya kelak.

Hubungan Sakinah, Mawaddah, dan Wa rahmah

Ketika Anda mendoakan pengantin maka jangan lupa untuk menyertakan semoga menjadi keluarga yang sakinah, mawaddah, wa rahmah. Hal tersebut juga dijelaskan dalam Al Quran surah Ar Rum ayat 21:

وَ مِنۡ اٰیٰتِہٖۤ اَنۡ خَلَقَ لَکُمۡ مِّنۡ اَنۡفُسِکُمۡ اَزۡوَاجًا لِّتَسۡکُنُوۡۤا اِلَیۡہَا وَ جَعَلَ بَیۡنَکُمۡ مَّوَدَّۃً وَّ رَحۡمَۃً ؕ اِنَّ فِیۡ ذٰلِکَ لَاٰیٰتٍ لِّقَوۡمٍ یَّتَفَکَّرُوۡنَ

Artinya:
“Dan, di antara tanda-tanda kekuasaa-Nya ialah Ia menciptakan untukmu istri-istri dari jenismu sendiri, supaya kamu cenderung dan merasa tenteram kepadanya, dan dijadikan-Nya di antaramu rasa kasih dan sayang. Sesungguhnya, pada yang demikian itu benar-benar terdapat tanda-tanda bagi kaum yang berpikir.” (QS. Ar-Rum ayat 21)

Dengan memanjatkan doa pengantin tersebut pastinya akan membantu kedua mempelainya untuk mendapatkan keberkahan dalam pernikahannya sehingga bisa menjadi pasangan yang sakinah, mawaddah, dan warahmah.

Bentuk Mengingat Allah SWT

Dengan memanjatkan doa pengantin maka hal tersebut juga menjadi bentuk untuk mengingat Allah SWT. Oleh karena itu, akan mendatangkan amalan dalam bentuk pahala kepada orang yang mendoakan pengantinnya. Selain itu, doa yang baik tersebut juga akan berbalik sehingga akan mendatangkan kebaikan bahkan meningkatkan derajat Anda dihadapan-Nya.

Bentuk Rasa Kasih-Sayang

Ketika kalian mendoakan orang yang sedang menikah pastinya hal tersebut juga menjadi bentuk rasa kasih-sayang antar sesama umat muslim. Dengan begitu tentunya akan meningkatan silaturahmi.

Tidak ada doa yang tiada syafaat atau manfaatnya sehingga jadilah pribadi yang baik selalu mendoakan sesama muslim. Ketika berdoa untuk orang lain maka kebaikanmu juga akan menyertaimu. Doa yang dipanjatkan kepada pasangan juga menjadi satu restu yang diberikan.

Oleh karena itu, setiap umat muslim jangan lupa memberikan doa restu dengan memanjatkan doa pengantin agar mendapatkan kebaikan dan meninggikan derajat kita kemudian memberikan kebaikan kepada pengantinnya.

Memberikan Rasa Kententraman

Selanjutnya, ketika Anda memanjatkan doa pengantin maka akan memberikan rasa kentraman. Jadi, saat menghadiri hajatan acara pernikahan maka sebaiknya berdoa untuk pengantinnya agar membuat acaranya menjadi lebih tentram sehingga akan memperlancar acara yang dijalankan tersebut.

Mempererat Rasa Kasih Sayang Pengantinnya

Terakhir, makna dari doa untuk pengantin yaitu dapat mempererat dari rasa kasih sayang pengantinnya. Dengan demikian sebagai umat muslim medoakan segala kebaikan kepada pengantinnya maka hal tersebut juga akan berbalik kepada Anda yang mendoakannya.

Ternyata, doa pengantin akan memberikan manfaat yang sangatlah baik untuk kedua mempelainya. Selain itu, juga akan menjadi salah satu bentuk doa restu yang diberikan kepada pengantinnya.

Tags: