Doa Perlindungan yang Perlu Diajarkan Kepada Anak

Nilai keagamaan merupakan salah satu faktor yang dapat menjadi pedoman seseorang dalam hidup. Menanamkan nilai agama sejak kecil kepada anak-anak tentu memberikan kelebihan tersendiri bagi orang tua.

Karena masa perkembangan di usia dini sangat bagus dan memiliki ingatan yang sangat kuat. Sehingga pelajaran agama sejak dini akan diingat hingga dewasa.

Doa-Perlindungan

Salah satu ajaran agama yang perlu diajarkan seorang guru agama atau orang tua kepada murid atau anak didiknya adalah doa perlindungan.

Simak 5 doa perlindungan dan keselamatan yang perlu diketahui dan diamalkan oleh anak pada ulasan berikut.

Doa Perlindungan yang Perlu Diajarkan Kepada Anak

Ingin tahu apa saja lima doa yang wajib diajarkan seorang Guru kepada muridnya?

Silahkan simak ulasannya di bawah ini.

1. Doa untuk orang tua

Orang tua merupakan salah satu elemen dalam hidup yang meluangkan waktu, tenaga, hingga materi untuk merawat kita.

Meskipun orang tua diberi kewajiban untuk merawat kita sebagai anak-anak, tentu harus membalas dengan perbuatan yang baik, salah satunya dengan doa.

Doa untuk orang tua ini sangatlah sederhana dan dapat diucapkan sesering mungkin. Doa untuk orang tua ini menjadi doa yang sering dibaca setelah sholat.

Adapun doa yang ditujukan kepada orang tua ini adalah :

اللَّهُمَّ اغْفِرْ لِى وَلِوَ الِدَىَّ وَارْ حَمْهُمَا كَمَا رَبَّيَا نِى صَغِيْرًا

“Allahummaghfirlii waliwaalidayya warhamhumaa kamaa rabbayanii shoghiroo”.

Adapun makna dari arti bacaan tersebut adalah meminta ampun atas dosa-dosa yang telah dilakukan dan meminta-Nya untuk menyayangi orang tua seperti menyayangi pendoa sejak kecil.

Menyayangi saat kecil ini patut diberi penegasan karena pada saat kecil, semua orang tua tentu sangat menyayangi dalam bentuk merawat anak secara sabar dan selalu mencurahkan perhatian kepada anak.

Dalam hal ini, seorang anak pun meminta kepada Allah agar selalu menyayangi orang tua seperti pada saat ia kecil.

2. Doa pagi hari

Pagi hari merupakan awal yang baik untuk memulai hari. Karena pada waktu pagi hari kita dibangunkan oleh Allah dari tidur panjang kita.

Alangkah baiknya untuk berdoa di waktu pagi hari dengan bacaan berikut :

اَللَّهُمَّ بِكَ أَصْبَحْنَا وَبِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوْتُ، وَإِلَيْكَ النُّشُوْرُ

“Allahumma bika ashbahnaa wa bika amsainaa wabika nahyaa wa bika namuutu wa ilaika nusyuuru”.

Doa ini bermakna agar Allah memberikan waktu untuk menjalani pagi hingga petang serta hidup dan mati. Doa pagi hari hendaknya diucapkan untuk memperoleh satu hari dalam lindungan Allah.

Setiap kehidupan pasti memberikan pilihan antara buruk dan baik. Dengan memulai pagi hari dengan doa, setidaknya satu kebaikan dilakukan demi satu hari waktu kehidupan.

3. Doa sore hari

Selain doa pagi hari kita juga dianjurkan untuk memanjatkan doa pada waktu sore hari.

Simak bacaan doa sore hari berikut ini :

اللَّهُمَّ بِكَ أَمْسَيْنَا، وَبِكَ أَصْبَحْنَا،وَبِكَ نَحْيَا، وَبِكَ نَمُوتُ، وَإِلَيْكَ الْمَصِيْرُ

“Allahumma Bika Amsaynaa Wa Bika Ash-bahnaa Wa Bika Nahyaa Wa Bika Namuutu Wa Ilaikal Mashiir.”

Doa sore hari ini memiliki makna yang sama pula dengan doa di pagi hari ditambah secara pasrah menyebutkan karena-Nya lah kami hidup dan karena-Nya lah pula kami kembali.

Sore hari di waktu ashar menjadi waktu yang paling baik untuk berdoa. Karena waktu ashar ini Allah memberikan keberkahan dan insyaAllah akan mengijabah doa hamba-Nya yang berdoa di waktu ini.

4. Doa meminta keselamatan

Ketika menjalani kehidupan ini, alangkah baiknya untuk meminta keselamatan dunia dan akhirat.

Untuk itu perlu diajarkan doa selamat dunia dan akhirat agar dalam perlindungan Allah dimanapun dan kapanpun.

Berikut doa keselamatan dunia dan akhirat :

سَلاَمَةً فِى الدِّيْنِ وَعَافِيَةً فِى الْجَسَدِ وَزِيَادَةً فِى الْعِلْمِ وَبَرَكَةً فِى الرِّزْقِ وَتَوْبَةً قَبْلَ الْمَوْتِ وَرَحْمَةً عِنْدَ الْمَوْتِ وَمَغْفِرَةً بَعْدَ الْمَوْتِ

“Allahumma inni nas aluka salaamatan fii diini wa’aafiyatan fi-zasadi waziyaadatan fii ‘ilmi wa barokatan fir-rizki wataubatan koblal maut warohmatan’indalmauut wamaghfiratan ba’dalmaut”.

Doa keselamatan ini memiliki makna yaitu memohon ampunan kepada Allah untuk diberi keselamatan agama, kesejahteraan pada tubuh, diberi ilmu yang luas serta diberi keberkahan rezeki.

Selain itu, dalam doa ini juga memiliki makna untuk diberi waktu taubat, rahmat, serta ampunan ketika kematian datang.

5. Doa minum obat agar sembuh dari penyakit

Sakit merupakan salah satu siklus yang dialami oleh makhluk hidup seperti kita. Ketika ditanamkan doa meminum obat agar sembuh dari penyakit ini, seorang anak akan selalu merasa aman dan tenteram.

Berikut bacaan doa agar sembuh dari penyakit :

بِسْمِ اللهِ الشَّافِىْ بِسْمِ اللهِ الْكَافِىْ بِسْمِ اللهِ الْمُعَافِىْ بِسْمِ اللهِ الَّذِىْ لاَيَضُرُّمَعَ اسْمِهِ شَيْءٌ فِى اْلاَرْضِ وَلاَفِى السَّمَآءِ وَهُوَالسَّمِيْعُ الْعَلِيْمُ

“Bismillahis syafii bismillahi kafii bismillahi mu’aafii bismillahil ladzii laayadurru ma’as mihi syaiun fil ardi wa laa fissyamaai wa huwa syami’ul ‘aliim”.

Doa ini memiliki arti yaitu dengan menyebut nama Allah zat yang menurunkan kesehatan, tidak ada sesuatu pun yang berbahaya baik di bumi maupun di langit yaitu Dia, Allah yang Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.

Baca juga : Amalan Pembuka Rezeki

Lima penjelasan tentang doa perlindungan ini dapat menjadi salah satu bahan ajar yang wajib diberitahukan kepada anak-anak. Berbagai keutamaan dari doa-doa tersebut akan memberikan manfaat bagi orang yang mengamalkannya. Semoga apapun yang kita lakukan dalam doa akan selalu diberi ridho oleh Allah.

Tags: