Etika dan Prinsip Bisnis

Peraturan merupakan hal yang wajib ada untuk mengatur segala kegiatan di dunia, termasuk peraturan dalm berbisnis.

Ada beberapa peraturan yang harus diperhatikan dalam berbisnis, hal ini bertujuan untuk memberikan nilai dan norma positif antar individu maupun perusahaan.

Sehingga tidak ada individu atau perusahaan yang merasa kecewa dan dirugikan.

Jika ada beberapa orang atau perusahaan yang tidak menerapkan peraturan atau etika dalam berbisnis, maka akan timbul persaingan yang tidak sehat, konsumen dirugikan dan praktek monopoli perdagangan.

Jadi etika bisnis merupakan pedoman yang harus dilakukan individu atau perusahaan dalam menjalakan bisnis.

Etika Bisnis

Secara umum, etika bisnis adalah cara atau langkah dalam melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup berbagai aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan, bahkan masyarakat.

Jadi dengan kita menerapkan etikan bisnis maka kita akan mendapat nilai yang baik dalam berbisnis dari semua aspek.

Ada beberapa etika bisnis yang perlu anda pahami.

1. Sebutkan nama lengkap

Dalam sebuah hubungan bisnis, alangkah baiknya anda menyebutkan nama lengkap anda, jika anda mewakili sebuah perusahaan atau instansi anda juga menyebutkan asal perusahaan.

Tetapi jika dikira nama dan perusahaan terlalu panjang anda bisa menyebutkannya dengan sedikit menyingkat.

Karena dengan menyebutkan nama lengkap anda, mencerminkan bahwa anda adalah orang yang serius, dan terperinci.

2. Berdirilah saat memperkenalkan diri

Jika anda sedang berada dalam lingkungan pertemuan bisnis, usahakan anda berdiri saat memperkenalkan diri, karena hal itu akan memberikan nilai positif kesopanan oleh mitra anda.

Jika anda terpaksa tidak bisa berdiri, sebaiknya anda memundurkan sedikit kursi anda kemudian sedikit membungkukan badan

Ingat jangat terlihat bungkuk, lemas atau lesu, itu akan berdampak buruk dengan persepsi mitra anda. Posisikan berdiri dan duduk anda dengan benar.

3. Jangan duduk sambil menyilang kaki

Saat dalam kondisi bekerja, sebaiknya anda tidak melakukan kondisi duduk dengan menyilangkan satu kaki diatas kaki lainnya.

Karena tidak hanya wanita, pria pun sering melakukan hal ini, tapi disarankan tidak melakukannya dalam kondisi berbisnis, selain itu juga tidak baik bagi kesehatan.

Jika anda tetap duduk dengan menyilangkan kaki anda, anda akan dinilai tidak sopan dan terlalu santai, tidak bisa serius.

4. Ucapkan terima kasih secukupnya

Hal yang sepele namun sangat harus diperhatikan adalah etika berterimakasih.

Ucapkanlah terimakasih secukupnya, cukup satu atau dua kali saja, jangan terlalu banyak, karena bos atau mitra kerja anda akan menganggap bahwa anda sangat membutuhkannya.

Berterimakasih juga mencerminkan bahwa anda selalu menghargai mitra bisnis.

5. Kirim ucapan terima kasih lewat email setelah pertemuan bisnis

Untuk mempererat hubungan bisnis, sebaiknya anda mengirim ucapan terimakasih melalui email setiap menyelesaikan sebuah pertemuan dengan mitra.

Pengiriman ucapan terimakasih melalui email dinilai sangat membantu keharmonisan hubungan, dan prosesnya yang efisien dan cepat.

Sebenarnya untuk memberi ucapan terimakasih saat ini tidak harus menggunakan email, anda bisa menggunakan media sosial atau platform yang mitra anda gunakan dalam berhubungan bisnis.

6. Tuan rumah yang harus membayar

Jika ada sebuah pertemuan dan anda menjadi tuan rumah, atau anda sebagai pengundang sebaiknya anda yang membayar segala kebutuhan mitra selama pertemuan, seperti makan, penginapan dll.

Jika mitra anda menolak, katakan saja bahwa perusahaan anda yang mebayarkannya.

Ketika anda menjadi tuan rumah dalam berbisnis, jangan pernah merepotkan mitra anda, apalagi kalo sampai mitra anda mengeluarkan biaya.

Manfaat Penerapan Etika Berbisnis

Setelah anda menerapkan etika bisnis yang telah anda baca diatas, akan ada beberapa manfaat yang bisa anda dapatkan, diantaranya :

1. Pengendalian diri

Dengan penerapaan etika bisnis, diharapkan pelaku bisnis akan mampu untuk mengendalikan diri agar tidak memperoleh dari apapun dari siapapun dan dalam bentuk apapun.

Anda akan terbiasa untuk bekerja secara ikhlas, tidak mengharap imbalan apapun diluar tunjangan kerja.

2. Suasana Persaingan Sehat

Sudah bukan rahasia lagi jika masih banyak persaingan bisnis secara individu baik di internal atau eksternal perusahaan.

Namun dengan penerapan etika bisnis, akan membuat suasana persaingan menjadi lebih sehat.

3. Sikap Saling Percaya

Dengan penerapan etika bisnis disetiap individu atau perusahaan akan menimbulkan sikap saling percaya dalam hubungan bisnis, hal ini juga akan memberi kelancaran dalam suatu bisnis.

4. Kenyamanan Dalam Berbisnis

Manfaat selanjutnya adalah kenyamanan dalam berbisnis yang tercipta, kenyaman ini juga akan mendorong pelaku bisnis untuk lebih optimal dalam berbisnis.

Dengan penerapan etika bisnis anda tidak akan memiliki beban dan merasa pusing dalam menjalankan rapat dengan mitra.

Berikut penjabaran tentang etika dalam berbisnis beserta manfaatnya.

Jika anda sudah mengetahui etika dalam bisnis, dan anda sudah siap mebuat usaha sendiri, anda bisa mengunjungi bisnisdulu.com karena di situ terdapat banyak referensi bisnis.

Jadilah pebisnis yang memiliki etika baik, maka akan baik pula karir yang anda perjuangkan.

Tags: