Fungsi Kurikulum

Bila dilihat dari segi istilah pengertian dari kurikulum ini adalah jarak yang harus ditempuh pelari, agar bisa memperoleh medali atau jenis penghargaan lainnya.

Namun dalam arti yang sebenarnya, kurikulum ini berkaitan secara langsung dengan pendidikan. Salah satu fungsi kurikulum ini adalah sebagai alat atau media yang digunakan pendidik dalam memberikan materi pelajaran pada peserta didik.

Demi kesuksesan belajar dalam dunia pendidikan formal, kurikulum ini memiliki peran yang besar dan penting. Walaupun isi dari kurikulum tersebut terus mengalami perkembangan dan perubahan dari masa ke masa.

Kurikulum ini bisa berupa apa saja, misalnya materi pembelajaran, tujuan yang harus diraih, dan juga pedoman untuk para peserta didik demi memperoleh kesuksesan.

Fungsi KurikulumDalam Bidang Pendidikan

Agar perencanaan serta program pendidikan dalam kurikulum ini dapat terwujud dengan baik maka kurikulum juga memiliki fungsinya masing-masing, yang diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Fungsi Penyesuaian

Fungsi dari kurikulum yang satu ini merupakan alat untuk menyesuaikan yang dimana, kemampuan dalam penyesuaian diri tersebut sesuai dengan perubahan yang ada di suatu lingkungan yang sifatnya dinamis.

2. Fungsi Integrasi

Apa yang dimaksud dengan fungsi interaksi dalam fungsi kurikulum? Maksudnya adalah sebuah alat di dunia pendidikan yang dimana hal itu mampu menciptakan beberapa individu yang mampu berintegrasi, utuh, serta bisa diandalkan di dalam masyarakat secara umum.

3. Fungsi Diferensiasi

Makna dari salah satu fungsi kurikulum ini adalah sebuah alat yang memiliki kemampuan dalam memberi pelayanan pada beberapa perbedaan. Perbedaan tersebut adalah yang biasa terdapat pada para peserta didik atau siswa, yang memang harus dilayani sekaligus dihargai.

4. Fungsi Persiapan

Maksud dari fungsi persiapan ini adalah suatu alat dalam ilmu pendidikan yang juga mampu mempersiapkan para peserta didik untuk menuju ke jenjang selanjutnya. Mereka juga diharapkan mampu menyiapkan diri supaya bisa hidup dengan baik di tengah masyarakat luas.

5. Fungsi Pemilihan

Fungsi lainnya pada kurikulum ini adalah fungsi pemilihan, yaitu sebuah kesempatan yang dimiliki oleh para siswa dalam memilih masing-masing program belajar yang ada dan sesuai dengan minat serta bakat yang dimiliki oleh siswa tersebut.

6. Fungsi Diagnostik

Arti dari fungsi diagnostik ini adalah sebagai alat dalam ilmu pendidikan yang memiliki kemampuan dalam mengarahkan serta memahami, apa saja potensi setiap siswa dan juga memahami kelemahan dirinya sendiri dan bagaimana cara mereka memperbaiki kelemahan itu sendiri.

Fungsi utama dalam kurikulum ini nantinya akan mengarahkan peserta didik dalam proses belajar dan juga mengajar, hal itu dilakukan agar tujuan dalam dunia pendidikan itu sendiri dapat dicapai dengan baik.

Kesimpulan

Masing-masing bagian dari fungsi kurikulum yang telah dibahas di atas memiliki keunggulannya sendiri, dan fungsi tersebut harus terealisasi dengan baik dalam kehidupan sehari-hari.

Tags: