Gardu Pandang Tieng

Tidak pernah bosan rasanya untuk liburan ke Dieng. Mungkin itulah tanggapan orang jika ditanyakan mengapa selalu ke Dieng.

Pasalnya, Dieng merupakan salah satu surganya wisata alam selain Panganaran dengan angin sepoi-sepoi yang berasal dari pantai.

Pada dataran tinggi Dieng, kamu akan menemukan rasa sejuk nikmat yang berasal dari pegunungan. Jika kamu ke Dieng, jangan lupa pula untuk mengunjungi Gardu Pandang Tieng.

Daya Tarik Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng adalah salah satu tempat wisata yang digunakan banyak orang untuk menikmati matahari terbit.

Hal ini bisa terlihat jelas di Gardu Pandang Tieng. Walaupun tidak seterkenal yang lainnya, namun tak sedikit wisatawan yang berkunjung di lokasi ini.

Makin penasaran? Berikut informasi lengkap yang kami bagikan.

Lokasi Gardu Pandang Tieng

Adapun letak wisata yang satu ini berada di desa Tieng, kabupaten Wonosobo. Desa ini masih masuk di dataran tinggi Dieng.

Adapun Gardu Pandang Tieng ini memiliki ketinggian 1.789 meter di atas permukaan laut. Hal tersebut menandakan bahwa kamu beradan di dataran tinggi dengan kesejukan alam yang ada.

Pesona Gardu Pandang Tieng

Gardu Pandang Tieng di Wonosobo
Foto: Piknikly.com

Mengapa tempat yang satu ini wajib kamu kunjungi saat pergi ke Dieng?

Karena tempat ini merupakan spot terbaik untuk bisa melihat matahari terbit. Hal ini menandakan kamu bisa mendapatkan golden sunrise jika kamu mengunjunginya di waktu pagi.

Kamu akan diberi keindahan dengan melihat matahari yang muncul dan menghangatkan tubuh kamu yang mungkin saja kedinginan.

Lalu, keindahan yang tidak bisa di tawar lagi adalah penampakan di sekeliling wisata ini dengan view gunung sindoro yang memukau.

Apakah kamu yakin bakal turun secepat itu untuk sebuah pemandangan yang indah?

Keramahan Warga Setempat

Tidak hanya pesona keindahan saja yang ditawarkan oleh Gardu Pandang Tieng. Namun para warga yang tinggal di desa tTeng juga ramah dan memberikan gambaran kenyamanan hidup di desa.

Pada saat kamu melihat matahari terbit, maka kamu akan melihat pula banyak para warga yang sudah mulai mengolah sawah atau ladangnya. Banyak warga yang lewat dan memberikan salam kepada kamu.

Adapun tempat ini cukup unik karena dijadikan sebagai tempat penyambutan tamu yang berada di luar kabupaten Wonosobo dan Banjarnegara. Hal ini cukup unik dan membuat orang-orang di sekitar menjadi lebih menghargai desa.

Tanpa Tiket Masuk

Nah, ini yang menjadikan sesuatu yang menarik dari wisata satu ini. Kamu tidak dipungut biaya masuk untuk menikmati keindahan alam yang ada, alias gratis.

Meski begitu, fasilitas disini juga tidak bisa dianggap remeh. Tersedia foodcourt berupa warung kopi yang bisa kamu sambangi.

Apabila kamu kurang puas dengan wisata ini, bisa coba mengunjungi Batu Ratapan Angin yang juga tak kalah hits.

Itulah beberapa hal yang berkaitan dengan Gardu Pandang Tieng. Kamu bebas mengambil momen apakah pada saat sunrise maupun sunset. Keduanya tetap indah untuk dinikmati.

Tags: