Cara Menghilangkan Garis Merah Saat Mengetik di Word

Cara menghilangkan garis merah saat mengetik harus diketahui oleh siapa saja. Karena, garis berwarna merah ini mengganggu pandangan pengguna ketika menggunakan software penulisan seperti Ms. Word dan lainnya.

Garis tersebut tidak hanya mengganggu pandangan tetapi juga membuat Anda tidak nyaman ketika bekerja. Karenanya, cara di bawah ini wajib diketahui baik oleh mahasiswa, pekerja kantoran, dosen serta berbagai profesi lainnya yang banyak memakai software tersebut.

Garis merah yang terdapat pada software penulisan ini merupakan pertanda bahwa kata serta kalimat yang Anda ketikkan memiliki kesalahan.

Namun, hal ini terjadi karena pengaturan pada software tersebut dibuat dalam Bahasa Inggris. Oleh karena itu, garis ini akan selalu muncul terutama saat Anda mengetikkan kata dalam bahasa lain termasuk Bahasa Indonesia (dikutip dari netgeek.id). Fitur ini disediakan Ms. Word karena penggunaan Bahasa Inggris lebih banyak digunakan secara global.

Namun, hal ini akan mengganggu para user dalam negeri. Walaupun demikian, terdapat beberapa pilihan cara untuk menghilangkan garis merah tersebut, yaitu:

1. Cara Menghilangkan Garis Merah di Ms. Word 2007

Salah Ms. Word yang masih banyak dipakai saat ini adalah versi 2007. Software ini cukup jadul, namun masih mudah Anda temukan terutama di warnet dan tempat print. Oleh karena itu, cara ini harus diketahui agar Anda nyaman menggunakan sotware satu ini. Adapun cara menghilangkannya antara lain:

  • Buka Ms. Word 2007 pada perangkat Anda masing-masing
  • Pilih bagian review lalu pilih “language”
  • Selanjutnya ‘uncheck’ bagian “do not check spelling grammer”.
  • Kemudian tekan Ok dan garis tersebut sudah hilang

Anda juga bisa mengatur Ms. Word agar dapat mengenali tulisan secara otomatis. Caranya tetap sama seperti pada bagian di atas. Namun, pastikan anda “check” pada bagian “detect language automatically”.

Nah, dengan melakukan hal ini maka Ms. Word akan mengenali pemakaian Bahasa Indonesia ketika diketik. Jika masih tidak dikenali maka Anda harus download patch Bahasa Indonesia langsung dari website Microsoft. Namun, karena ini software lama maka bisa saja patch-nya telah dihapus. Oleh karena itu, pastikan Anda menggunakan software versi terbaru.

2. Cara Menghilangkan Garis Merah di Ms. Word 2010

Cara ini bisa Anda lakukan untuk pengguna Ms. Word 2010. Adapun langkah menghilangkan garis bawah berwarna merah tersebut dengan mudah, antara lain:

  • Buka Ms. Word 2010 yang dimiliki pada perangkat masing-masing.
  • Lalu simbol Ms. Office yang berada kiri atas layar Anda bagian pojoknya
  • Klik bagian “word option”
  • Setelah halaman baru muncul, klik bagian proofing
  • Kemudian ‘uncheck’ opsi check spelling as you type
  • ‘uncheck’ bagian grammar errors as you type. Akhirnya tekan tombol OK

Setelah itu, coba ketik kata dalam Bahasa Indonesia untuk melihat pengaturan tadi telah bekerja atau tidak.

3.  Cara Menghilangkan Garis Merah di Ms. Word 2019

Cara menghilangkan garis merah saat mengetik juga harus diketahui oleh user Ms. Word 2019. Cara tersebut cukup mudah sehingga dapat dilakukan oleh siapa saja. Adapun langkah pengaturannya tersebut adalah:

  • Buka software word tahun 2019 di perangkat Anda
  • Lalu, kliklah Options. Posisi ini berada di bawah layar monitor Anda
  • Kliklah opsi proofing yang terletak pada bagian kiri layar pc
  • Lalu ‘uncheck’ di bagian “check spelling as you type”
  • Klik Ok untuk menyelesaikan langkah tersebut

Itulah tiga cara menghilangkan garis merah saat mengetik untuk beberapa versi Word yang paling umum serta banyak dipakai sekarang ini. Beberapa versi seperti 2019 serta 2016 bisa memakai cara yang sama. Karenanya, semua orang haruslah mengetahui cara tersebut agar Anda dapat bekerja dengan nyaman ketika memakai software tersebut.

Tags: