Harga dan Spesifikasi Lengkap Huawei Y7 Pro

Huawei telah memutakhirkan model terbesar dari seri Y entry-level-nya. Perusahaan China tersebut menargetkan Huawei Y7 Pro 2019 untuk pembeli berusia muda. Sebab itu, mereka mencoba memikat pengguna dengan memberi harga perangkat pada Rp. 1.900.000, -. Y7 Pro 2019 memiliki banyak perbaikan dibandingkan pendahulunya, Y7 2018.

Besar, bagus, dan terjangkau. Y7 Pro 2019 hanya seharga Rp. 1.900.000, -, tetapi Huawei masih berhasil menjejalkan layar 6,26 inci, kamera ganda yang menghadap ke belakang dan baterai 4.000 mAh di antara fitur-fitur mengesankan lainnya.

Simak pembahasan berikut untuk mengetahui apakah spesifikasi mengesankan perangkat ini dapat bergabung untuk menciptakan smartphone entry-level yang kuat dan bagaimana harganya terhadap pesaing.

Bocoran Huawei Y7 Pro 2019

Secara khusus, layar pada seri ini mengalami perubahan yang cukup signifikan yaitu dari 5,99-inci menjadi 6,26-inci. Selain itu, penyimpanan mengalami pelipatgandaan dari 16 menjadi 32 GB, dan 3 GB RAM disajikan untuk menggantikan 2 GB yang pernah melengkapi Huawei Y7 2018.

SoC juga mendapatkan upgrade kecil dari Qualcomm Snapdragon 430 ke Snapdragon 450. Selanjutnya, Y7 baru memiliki kamera belakang ganda, dimana kamera utamanya memiliki sensor berkekuatan 13 MP yang didukung oleh sensor kamera berkekuatan 2 MP. Selain itu, kapasitas baterai telah meningkat dari 3.000 mAh menjadi 4.000 mAh, yang mana merupakan hal yang cukup mengesankan.

Spesifikasi Huawei Y7 Pro 2019

Berdasarkan informasi dari kontributor website teknologi piwiq (piwiq.com), Y7 Pro 2019 memiliki ukuran yang kurang lebih sama dengan pendahulunya. Namun, perbedaan fisik yang paling terlihat terletak pada layar, dimana Y7 Pro 2019 memiliki layar yang sedikit lebih tinggi; tampilan Y7 Pro 2019 beroperasi secara native pada 1520×720 dibandingkan dengan Y7 2018 yang beroperasi di 1440×720.

Huawei telah melakukan pemotongan pada bezel atas dan bawah untuk mengakomodasi tampilan yang lebih besar, yang memberi Y7 Pro 2019 tampilan yang lebih elegan daripada pendahulunya. Perusahaan China ini juga menyertakan takik yang menjadi tempat untuk meletakkan kamera depan.

Y7 Pro 2019 memiliki casing belakang yang terbuat dari plastik seperti pendahulunya. Namun, Huawei telah beralih ke lapisan mengkilap dari plastik matte yang digunakannya pada Y7 2018. Y7 Pro 2019 dapat dikatakan masih memiliki desain yang cukup elegan meskipun belum menyentuh kata glamor. Lewat tampilan-tampilan yang ditambahkan dan ujung-ujungnya yang bulat membuatnya pas di tangan pengguna.

Huawei melengkapi Y7 Pro 2019 dengan 3 GB RAM dan 32 GB penyimpanan flash eMMC. Perlu diingat bahwa EMUI 8.2 membutuhkan sekitar 10 GB ruang, jadi Anda hanya akan memiliki penyimpanan kosong di bawah 21 GB saat pembelian dan pemakaian.

Namun, jangan khawatir. Jika nominal tersebut tidak cukup, Anda dapat menggunakan kartu microSD hingga 512GB untuk menambah penyimpanan tambahan. Huawei Y7 Pro 2019 mendukung sistem file exFAT sehingga dapat membaca file yang lebih besar dari 4 GB, yang merupakan batasan dari sistem file FAT.

Y7 Pro 2019 juga memiliki dua slot kartu nano-SIM dan slot kartu microSD khusus, sehingga Anda dapat menggunakan kedua fungsi secara bersamaan. Namun Huawei telah memilih port micro USB daripada port USB Type-C twist-proof, yang mungkin akan menjadi kabar gembira bagi para pengguna smartphone jenis lama.

Y7 Pro 2019 meluncur bersama Android 8.1 Oreo pada saat perilisan, dan di atas hal itu Huawei menambahkan EMUI 8.2. EMUI pada ponsel ini memiliki tata letak yang sedikit berbeda dari Android stok, yang mungkin harus dibiasakan bagi orang-orang yang tidak terbiasa dengannya.

Huawei juga menginstal ulang beberapa pilihan alat sistem termasuk aplikasi radio FM, kompas dan mirror. Kelebihannya, anda dapat menghapus instalan ini, juga semua aplikasi pihak ketiga yang merupakan aplikasi bawaan seperti Netflix, Booking.com, Facebook, dan Amazon Shopping.

Y7 Pro 2019 memiliki panel IPS 6,26 inci yang memiliki rasio aspek 19: 9. Layar beroperasi secara realtime pada resolusi 1520×720 seperti yang telah sebelumnya, yang dipasarkan Huawei dengan nama HD+. Layar pada smartphone ini memiliki kerapatan piksel 269ppi.

Lebih lagi, perangkat asal pabrikan China ini tidak menggunakan Pulse Wide Modulation (PWM) untuk mengatur kecerahan tampilan, sehingga tidak akan ada tampilan berupa glitch atau yang lebih dikenal dengan kedip-kedip selama pemakaian.Hal-hal tersebut membuat Huawei Y7 Pro 2019 cocok bahkan bagi mereka yang memiliki mata sensitif.

Huawei telah melengkapi Y7 Pro 2019 dengan kamera depan 8 MP yang berada di takik yang berbentuk seperti tetesan air di bagian atas layarnya. Sensor ini memiliki aperture f/2.0 dan dapat menangkap gambar hingga resolusi 3264×2448. Kamera ini juga dapat merekam video hingga Full HD pada 30fps.

Smartphone ini dikatakan menghasilkan kualitas yang bagus dan dapat dibumbui baik dengan fungsi beautifier atau dengan stiker AI. Y7 Pro 2019 juga dapat mengambil gambar otomatis apabila subjek pada kamera sedang tersenyum atau mengatakan “cheese”. Anda dapat mengakses opsi-opsi ini beserta kontrol gerakan di pengaturan aplikasi kamera default.

Di lain pihak, kamera utama ganda mendukung mode-mode itu juga bersama dengan mode Pro yang memiliki opsi untuk menyesuaikan aperture, white balance dan sensitivitas cahaya di antara pengaturan lainnya.

Huawei telah melengkapi Y7 Pro 2019 dengan sensor kamera utama berkekuatan 13MP yang memiliki aperture f/1.8, yang didukung oleh sensor kedalaman atau depth sensor berkekuatan 2MP yang dapat digunakan untuk membuat efek bokeh. Sensor 2MP tersebut memiliki aperture f/2.4.

Y7 Pro 2019 memiliki kinerja sistem yang baik berkat octa-core Snapdragon 450 SoC dan 3 GB RAM. OS ini membuat anda dapat beroperasi dengan lancar di handphone anda. Begitu cocok bagi anda yang ingin mengutamakan multitasking dalam bekerja tanpa adanya hambatan.

Snapdragon 450 saat ini merupakan SoC yang dapat dikatakan cukup memadai dari Qualcomm dan dapat beroperasi hingga 1,8 GHz di delapan inti ARM Cortex-A53. SoC mengintegrasikan GPU Qualcomm Adreno 506, yang Huawei lengkapi dengan 3 GB RAM. Spesifikasi tersebut dirasa cukup untuk memenuhi keinginan anda akan performa yang lumayan dengan harga yang relatif murah.

Keunggulan Huawei Y7 Pro 2019

Huawei Y7 Pro 2019 adalah upgrade yang unggul dari Y7 2018. Smartphone pabrikan Cina tersebut telah meningkatkan kualitas di hampir setiap bidang penting termasuk desain, tampilan, kinerja, dan masa pakai baterai. Bezelnya yang ramping dan panel IPS 6,26 inci juga membuat Y7 Pro 2019 terlihat lebih mahal dari sebelumnya.

Kombinasi 3 GB RAM, 32 GB ruang penyimpanan dan Qualcomm Snapdragon 450 SoC juga layak untuk perangkat entry-level. Berbagai keunggulan yang ditawarkan tersebut, perlu anda ingat bahwa harga dari smartphone ini dapat dikatakan cukup terjangkau pada nominal di bawah dua juta Rupiah.

Berdasarkan pembahasan mengenai bocoran, spesifikasi, dan berbagai keunggulan yang diberikan oleh Huawei Y7 Pro 2019 ini, anda dapat menentukan apakah smartphone ini akan menjadi pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhan teknologi anda. Bagi anda yang tertarik, smartphone ini dapat dibeli melalui outlet-outlet Huawei maupun outlet gadget sejenis lainnya. Segera kunjungi sekarang!

Tags: