Hidroponik: Keunggulan dan Cara Menanam untuk Pemula

Banyak dari masyarakat yang memilih menanam sayur atau tanaman lain dengan metode hidroponik. Selain dinilai lebih simpel juga lebih mudah dilakukan sebab banyak media yang bisa dijadikan bahan untuk menanan tanaman tersebut.

Banyak juga yang menilai keunggulan hidroponik adalah sayuran yang ditanam menjadi sayuran organik yangbebas dari bahan kimia berbahaya.

Lalu benarkah semua sayuran dengan sistem hidroponik ini adalah sayuran organik. Jika anda memberikan nutrisi pada tanaman dengan menggunakan produk dari bahan kimia tentu saja itu tidak akan menghasilkan tanaman organik walaupun menggunakan sistem hidroponik.

Mari kita lihat apa saja keunggulan dari menaman sayuran dengan menggunakan budidaya sistem hidroponik organik ini.

Keunggulan Hidroponik

1) Tidak Meninggalkan Residu Kimia Dalam Tubuh Anda.

Sehatnya sayuran dari hidroponik yang dihasilkan dengan cara organik disebabkan karena tidak adanya bahan kimia yang digunakan, baik dalam bentuk pestisida maupun berupa pupuk selama pemeliharaan sayuran dilakukan.

Hal ini membawa efek bagi tubuh dengan tidak ditemukannya residu kimia yang akan merugikan tubuh kita sendiri.

Bila Anda pernah melihat sayuran selada di supermarket yang tampak hijau bersih, ini merupakan contoh produk hidroponik sayuran.

2) Bahan Baku Nutrisi Tersedia dari Alam dan Murah.

Salah satu bahan baku untuk nutrisi hidroponik organik berasal dari tanaman Ki Pahit (Tithonia Diversifolia) yang tersedia bebas di alam dan sangat mudah untuk diperoleh.

Selain menggunakan nutrisi di atas, saat ini juga sudah banyak nutrisi AB Mix yang tersedia di toko pertanian atau toko online. Harganya pun juga relative lebih murah.

3) Pemberian Nutrisi Dalam Jumlah Banyak Tidak Membuat Tanaman Mati.

Jika pada pupuk kimia akan mengakibatkan kematian tanaman apabila anda berikan secara berlebihan, berbeda dengan pupuk organik.

Tanaman tidak akan mengalami kematian karena overdosis pupuk alami. Meskipun begitu anda juga harus memperhatikan takaran yang telah disesuaikan dengan kebutuhan tanaman. Overdosis pemberian nutrisi biasanya membuat rasa dari sayuran atau buah tidak enak.

Misalnya, sayuran selada yang air nutrisinya melebihi batas normal biasanya terasa lebih pahit.

4) Hasil Produksi Menjadi Maksimum.

Hasil panen dari sayuran hidroponik organik ini tidak kalah dengan bertanam hidropinik biasa. Hal ini dapat anda lihat dari sisi bobot maupun cita rasa sayuran.

Dengan lahan yang sempit Anda tetap bisa mendapatkan keuntungan, salah satu model sistem hidroponik NFT yang dibuat berjenjang.

5) Ramahuntuk Lingkungan.

Penggunaan pupuk alami ini menjadikan metode tanam hidroponik organik menjadi ramah lingkungkan karena tidak menggunakan bahan kimia yang merusak lingkungan.

6) Biaya Produksi Lebih Rendah.

Penggunaan pupuk alami dari Ki Pahit ini bisa memangkas biaya produksi sekitar 50%, sehingga menghemat biaya produksi anda.

Dari keunggulan-keunggulan di atas, bila Anda tertarik untuk mencobanya, berikut ini adalah panduan sederhananya.

Cara Menanam dengan Hidroponik

1) Memilih Sistem Kultur

Anda dapat menggunakan 3 macam sistem yaitu kultur air dimana sistem ini menggunakan media air, kultur agregrat atau sistem tanam yang menggunakan pecahan batu, kerikil dan lainnya dan kultur NFT (Nutrient Film Technique) yaitu dengan membuat selokan pengganti tanah.

2) Menanam Sayuran Pada Media Tanam

Beberapa tanaman sayuran harus disemai terlebih dahulu sebelum ditanam pada media tanam seperti bayam, kangkung, sawi. Usia 2-3 minggu tanaman ini bisa dipindahkan pada media tanam yang telah anda siapkan. Adapun cara pemindahan dari persemaian ke media tanam adalah sebagai berikut:

  • Pastikan bibit tanaman merupakan tanaman sehat dan tidak cacat
  • Lakukan penanaman pada sore ahri , agar esok pagi tanaman dapat langsung beradaptasi di lingkungan baru
  • Tanam bibit sayuran kedalam media yang telah disiapkan
  • Lakukan pemeliharaan dan perawatan agar dapat tumbuh maksimal.

3) Lakukan Pemeliharaan dan Perawatan

Pemeliharaan dan perawatan ini terdiri dari pengairan, pemupukan, perempelan, dan sanitasi lingkungan.

Dengan pemeliharaan dan perawatan ini diharapkan tanaman akan mendapatkan suplay air yang cukup dan bebas dari penyakit tanaman yang akan merusak sayuran. Jika anda menggunakan kultur air, media ini lebih rentan terhadap jamur

4) Penanggulangan Hama dan Penyakit Tanaman (HPT) Lainnya

Tanaman hidroponik rentan terhadap serangan hama dan penyakit. Lakukan penanggulangan dengan menggunakan tanaman kacang babi (Tephrosia vogelii) yang dapat mengusir serangan serangga seperti belalang, ulat, jangkrik.

Lakukan perawatan 3-4 minggu sekali dengan dosis yang tepat dan berkala sesuai dengan kondisi tanaman

5) Sayuran Hidroponik Organik Anda Siap Dipanen

Lama panen untuk masing-masing sayuran berbeda. Ada yang berumur pendek seperti kangkung, bayam dan sawi. Ada juga yang berumur panjang seperti sawi putih, brokoli, kubis. Simpan hasil panen dalam tempat yang sejuk agar kualitas terjamin dan awet.

Mudah untuk menanam sayuran organik dengan metode hidroponik. Selain bisa anda konsumsi sendiri untuk kesehatan anda, juga bisa anda jual sebagai pemasukan anda.

Keunggulan hidroponik organik  adalah harga tanaman organik memang lebih tinggi dibandingkan dengan tanaman sayuran lainnya, namun kualitas dan kesehatan pasti terjamin dan baik juga untuk tubuh anda.

Menarik untuk memulai hidroponik, namun dimana saya bisa belajar?

Anda bisa memulai belajar dengan mengunjungi komunitas hidroponik terdekat, mencari tutorial di buku atau internet. Saat ini saya merekomendasikan situs ini sebagai bahan referensinya: Hidroponik.

Demikianlah informasi mengenai beberapa keunggulan dan panduan sederhana menanam hidroponik. Semoga bermanfaat.

Tags: