Jenis Finishing Kayu Yang Sering Digunakan

Mempunyai ke inginan untuk membuat sebuah custom furniture? Belum lengkap bila anda belum mengetahui Jenis Finishing Kayu apa yang digunakan untuk polesan akhir pengerjaan furniture dirumah kamu, dan untuk kamu yang belum paham tentang finishing terlebih dahulu kamu harus mengetahui jenis finishing yang ingin digunakan.

Menggunakan jenis finshing kayu pada polesan furniture akan tetap menjaga keawetannya dari barang yang digunakan olahan kayu, pada artikel kali ini aku akan memberikan beberapa jenis finishing kayu yang sering digunakan pada beberapa furniture.

Jenis finishing disini sendiri memang di bagi menjadi 2 bagian yaitu finishing transparan dan untuk yang non transparan.

Finisihing Transaparan

1. Melamik

Melamik merupakan jenis finishing kayu yang cocok digunakan pada jenis finishing furniture interior karena jenis finishing satu ini memiliki karakteristik tersendiri yang dapat membuat permukaan kayu sangat halus, karena pori – pori dari kayu itu tertutup dan dapat memberikan kesan mewah.

Namun jenis finisihing ini tidak cocok untuk diterapkan sebagai finishing exterior karena akan membuat sulit untuk dilapis ulang dan setelah di aplikasikan biasanya akan membuat sebuah bau yang menyengat dan juga perih untuk mata.

2. Politur

Politur merupakak salah satu bahan finishing yang sudah sering dikenal dari jaman dahulu, Politur sendiri terbuat dari resin damar atau lebih dikenal dengan sheelac,

Dapat memberikan penampilan menarik yang di hasilkan agar membuat finshing furniture nampak begitu indah, jika sebuah furniture diberikan lapisan politur.

Lapisan pertahanannya akan lebih baik dari serangan rayap dan juga kekurangan yang dapat diberikan sediri biasan cepat mudah memudar dan permukaan kayu harus dilapisi kembali ulang agar nampak terlihat seperti baru.

Non Finisihing Transaparan

3. Duco

Cat duco merupakJan jenis finishing kayu yang sering di jumpai untuk jenis finishing non transparan, meningkatkan pesona kayu olahan namun juga dapat kekuatan pada dasarnya. Mempunyai banyak pilihan warna yang sangat banyak dan cocok untuk digunakan untuk jenis furniture anak mengingat kaya akan warna yang akan membuat raungan menjadi lebih bervariasi.

Namun untuk cat duco sendiri memiliki harga yang relatif mahal, dan membutuhkan sebuah proses yang lumayan memakan waktu yang cukup lama dan bila dicat warna cat serat asli tidak akan bisa di kembalikan kemmbali.

4. HPL

HPL merupakan tampilan material yang memiliki tekstur sehingga terlihat begiut alami dan nampak lebih kuat, memiliki pengaplikasian yang begitu cepat dan memiliki banyak macam varian motif dan texture yang bisa di pilih.

HPL sendiri dapat memudar pada warnanya namun memiliki proses waktu yang sangat lama hingga bertahun – tahun, dan apabila para pengerajin kayu saat menggunakan hpl tidak teliti dapat menampilakan gelumbung pada perumakaan furniture yang dapat membuat hpl terkelupas karena perakat yang digunakan tidak tertata dengan baik.

5. Taco Sheet

Taco sheet merupakan material yang dapat menghasilkan texture terlihat alami dan dapat mudah di aplikasikan pada beberapa lengkung dan untuk pengerjaannya sendiri cepat. Namun warna yang dihasilkan beberapa lama biasanya akan menghasilkan warna kekuningan setelah bebarapa lama, biasanya akan lebih tipis.

Mungkin cukup sekian beberapa jenis finishing kayu yang sering digunakan pada furnture semoga dapat bermanfaat dan dari semua yang telah aku bahas ini memang memiliki kelibahan dan kekurangnnya masing – masing jadi apabila kamu mempunyai.

Sebuah uang lebih tidak salah bila menggunakan bahan finishing duco untuk membuat ruangan kalian nampak menjadi lebih bagus dan dapat menghasilkan warna yang powertfull walaupun memakan waktu yang lumayan lama.

Tags: