Jenis-jenis Mentega

Mentega atau butter adalah salah satu bahan yang sering digunakan untuk membuat makanan. Biasanya mentega ini dicampurkan untuk bahan makanan seperti kue, cake, roti, dan lain-lain.

Tidak banyak orang yang tahu tentang mentega, karena memang jarang sekali digunakan untuk bahan makanan. Namun yang perlu Anda ketahui bahwa mentega itu sendiri memiliki banyak macam dan jenisnya. Setiap jenis tersebut juga berbeda kegunaan dan fungsinya.

Jenis-jenis mentega yang ada sekarang dibedakan berdasarkan proses pembuatannya dan juga susu apa yang digunakannya. Agar lebih tahu tentang jenis-jenis mentega, kami sudah mengumpulkan dari berbagai sumber, terutama dari website makanan yaitu Foodnesia. Mari simak ulasan berikut ini:

Salted Butter

jenis jenis mentega
meijer.com

Jenis yang pertama yaitu Salted Butter. Mentega yang satu ini merupakan jenis mentega yang sangat umum dan sering kita jumpai karena memang yang sering banyak digunakan untuk bahan makanan tertentu.

Salted Butter ini rasanya asin karena mengandung garam sesuai namanya “salted”. Biasanya orang-orang menggunakan mentega jenis ini untuk bahan makanan seperti olesan pada roti tau martabak atau kue, bisa juga untuk menumis sayuran, atau untuk menggoreng sebagai pengganti minyak goreng.

Unsalted Butter

mentega
meijer.com

Unsalted Butter atau jika diterjemahkan ke dalam Bahasa Indonesia artinya mentega tawar. Dinamakan mentega tawar karena jenis mentega ini dibuat dengan mengandung 80% lemak susu dan tanpa mengandung garam.

Jenis mentega yang satu ini juga bisa digunakan sebagai bahan kuliner pada umumnya. Dan lebih bagus lagi jika digunakan untuk bahan makanan yang sehat.

European Butter

mecam macam mentega
igourmet.com

Jika unsulted butter mengandung 80% lemak susu, maka European butter mengandung lemak susu yang lebih banyak, yaitu 82% hingga 85%. Jenis mentega yang satu ini memiliki tekstur yang lembut dan halus serta memiliki warna yang pudar daripada mentega pada umumnya.

Mentega jenis ini terbuat dari fermentasi krim, dan bisa digunakan untuk berbagai bahan masakan.

Organic Butter

mentega populer
bornstate.com.au

Bahan pembuatan mentega jenis organic butter ini sangat organic dan higienis. Hal ini karena sumber bahannya yaitu dari susu sapi dimana susu sapi tersebut tumbuh secara organic tanpa disuntik antibiotic ataupun hormon pertumbuhan. Begitupun dengan makanan sapi, rumput yang dimakan sapi tersebut tumbuh secara alami tanpa menggunakan pestisida atau pupuk sintetis.

Hal inilah yang membuat mentega satu ini sangat organik. Jenis mentega ini juga terbagi 2, yaitu ada yang salted butter dan unsalted butter dan bisa digunakan untuk bahan makanan seperti biasanya.

Irish Butter

irish mentega
target.com

Jenis mentega selanjutnya yaitu Irish Butter. Mentega ini dibuat dari bahan susu yang dirawat dengan sangat baik, sehingga membuat mentega ini bertekstur lembut dan lebih lembut daripada mentega jenis lainnya.

Irish butter juga memiliki kandungan lemak yang sangat tinggi, hal ini karena bahan dasar pembuatannya dari susu yang tadi disebutkan.

Whipped Butter

whipped butter mentega kue
seriouseats.com

Jenis mentega yang satu ini memiliki kandungan udara atau gas di dalamnya seperti nitrogen. Sehingga tingkat kepadatan pada whipped butter ini sangat rendah daripada jenis mentega pada umumnya.

Hal ini juga menyebabkan Whipped Butter memiliki kalori yang rendah dan teksturnya juga ringan dan lembut. Whipped Butter ini biasanya cocok digunakan untuk olesan pada roti atau hiasan pada kue ulang tahun. Yang pasti, jenis mentega ini tidak cocok dijadikan bahan untuk membuat kue atau pun bahan untuk memasak.

Light Butter

light butter jenis mentega
amazone.com

Light Butter mengandung kalori dan lemak susu yang sangat rendah jika dibandingkan dengan jenis mentega yang lainnya. Kandungan kalorinya yaitu sebesat 50%, sedangkan lemak susunya yaitu 40% saja. Terdapat komposisi lain juga yang terkandung dalam light butter ini yaitu seperti asam laktis, air, dan yang lainnnya. Jenis mentega ini sangat tidak direkomendasikan untuk bahan membuat kue ataupun digunakan untuk memasak.

Demikian adalah jenis-jenis mentega yang jarang orang ketahui. Semoga dengan adanya artikel ini bisa menambah pengetahuan Anda. Semoga bermanfaat.

Tags: