Jenis Kain untuk Kebaya

Siapa sih yang tak mengenal busana kebaya di era saat ini, kain tradisional yang seolah sudah menjadi kebutuhan fashion wajib punya bagi setiap masyarakat terutama kaum wanita, karena sering digunakan pada acara tertentu.

Tetapi yang menjadi masalah utama biasanya ketika akan merancang sebuah busana kebaya sesuai dengan keinginan tidak tau jenis kain apa yang akan digunakan, terlebih untuk yang akan pertama kali membuat rancangan kebaya.

Maka salah satu solusinya yaitu Anda bisa simak ulasan berikut ini referensi tentang beberapa jenis kain untuk kebaya, semoga dapat membantu.

Jenis Bahan Kain Untuk Kebaya

1. Bahan Kain Katun

Jenis kain yang perlu Anda ketahui pertama untuk membuat busana kebaya ialah bahan kain katun. Bahan ini sering dipakai dari dulu hingga sekarang, karena bahan dari katun ini memiliki beberapa kelebihan seperti.

  • Bahan yang lembut dan halus

Jenis bahan kain katun memiliki kelembutan dan halus sehingga dapat mempermudah dalam proses pembuatan busana kebaya.

  • Karakteristik tidak panas

Kain katun juga mempunyai kelebihan yang saat dipakai tidak mengalami terasa panas, sehingga nyaman  dipakai dan terasa adem.

2. Kain Brokat

Jenis bahan kain brokat sangat terkenal dalam kalangan busana kebaya, karena bahan kain ini terlihat glamor dan tak heran juga kalau dari dulu kain brokat sering dipakai.

Namun perlu Anda ketahui ada beberapa jenis kain brokat yang sering dipakai untuk buat busana kebaya:

  • Brokat Perancis

French Lace sebutannya atau brokat perancis adalah jenis kain yang memiliki kualitas terbaik dan harga yang lumayan tinggi dikalangannya. Karena serat tekstur bahan kain brokat yang sangat lembut, tidak gatal, dan terasa adem ketika saat dipakai.

  • Brokat Semi Perancis

Janis kain ini merupakan turunan dari brokat perancis, akan tetapi bahan kain brokat semi perancis agak sedikit lebih kaku dan tidak sehalus sama dengan brokat perancis. Harganya pun juga lebih mudah dibandingkan dari brokat perancis.

  • Brokat Italy

Bagi Anda yang ingin terlihat tampil mewah saat ada acara seperti pernikahan atau pesta dalam menggunakan busana kebaya, maka sebaiknya menggunakan bahan dari brokat Italy.

Bahan brokat Italy ini sangat cocok untuk Anda yang ingin terlihat sedikit glamor dan bahannya pun sangat mudah dijumpai dipasaran atau dipenjual bahan kain karena jenis kain Italy ini biasanya sudah dibordir atau dipayet.

Harga dari bahan kain brokat Italy inipun tidak terlalu mahal, sehingga sangat bersahabat dengan isi dompet, tetapi tergantung juga dengan kerumitan payet dan motifnya.

3. Kain Organdi

Jika Anda tertarik untuk buat busana kebaya yang modern, maka disarankan untuk menggunakan jenis kain dari organdi, karena jenis kain ini berbeda dari yang lainnya.

Jenis kain organdi ini memiliki beberapa kelebihan yang menonjol yaitu lebih lembut dan berkilau, warna-warna yang disediakannya dari bahan kain inipun akan memberikan kesan yang elegan dan mewah. Sehingga ketika saat menggunakan busana dari kain ini akan terlihat menggunakan busana yang mahal.

4. Kain Tulle

Yang tak kalah menarik dari jenis kain untuk kebaya berikutnya adalah dari jenis kain tulle. Kain tulle ini sudah sangat populer bagi kalangan masyarakat umum, karena sering sekali digunakan untuk baju pengantin.

Kain tulle ini terkenal dengan karakteristik yang ringan dan seratnya terlihat seperti jala-jala yang kecil, maka tak heran kalu jenis kain ini sering digunakan menjadi andalan kebaya modern.

Tags: