Kelebihan dan kekurangan teori humanistik

Teori humanistik adalah metode belajar untuk mempelajari ilm psikologi, teori ini hadir untuk menentang teori-teori sebelumnya.

Yaitu teori behavioristik yang mendapat banyak kritikan bahkan dianggap kurang memanusiakan manusia, dan teori psikoanalisis yang dianggap merendahkan martabat manusia karena sifatnya menekan dan sering kali kurang rasisonal.

Berbeda dari kedua teori di atas teori humanistik lebih human friendly karena proses pembelajrannya yang tidak di kuasi oleh guru, dan siswa bebas melakukan eksplorasi terhadap dirinya sendiri.

Meskipun begitu teori yang satu ini tidaklah bisa dikatakan sempurna, teori ini hanya menutupi sebagian kekurangan dari beberapa teori sebelumnya.

Teori besutan tiga tokoh kondang Abraham maslow, Carl rogers dan Arthur Comb itu memeiliki berbagai kekurangan dan kelebihan antara lain.

Kelebihan teori humanistik

Sifat demokratis lebih mendominasi

Dengan diterapkannya teori pembelajaran humanistik ini, susana belajar akan lebih terasa demokratis, setara namun tetep menghormati guru sebagai fasilitator untuk menghantarkan siswa untuk mencapai hal yang di inginkan, serta membantu mengembangkan potensi siswa.

Peserta didik cenderung akan lebih aktif, sehingga output belajar lebih maksimal.

Kelebihan teori humanistik yang kedua adalah peran aktif peserta didik yang lebih dominan, dari pada guru, tidak seperti teori pendahulunya yang guru sebagai pusat pembelajaran. dan memaksa siswa untuk menerima semua pelajaran yang bahkan tidak disukainya.

Terciptanya susana saling menghargai dan menghormati

Kelebihan teori humanistik selanjutnya yaitu selain demokratis juga mampu menciptakan susana belajar yang saling menghormati.

kebebasan mengeluarkan pendapat juga akan mendorong siswa bisa lebih berpikir kreatif dan terbuka.

Sifatnya membentuk kepribadian siswa sesuai potensi

Dengan menerapkan teori humanistik yang berarti pembelajaran mengikut jalan pikir dan minat siswa akan mempermudah siswa memaksimalkan potensi serta membentuk kepribadian asli si siswa.

Dengan begitu akan membuat siswa bisa lebih menemukan jadi dirinya dan mampu menjadi manusia dengan kepribadian yang luar biasa baik.

Melatih guru menerima siswa apaadanya.

selanjutnya dengan menerapkan teori humanistik, guru akan dilatih untuk menerima siswa apaadanya, karena dalam proses pembelajaran nanti adalah untuk mengembangkan potensi serta bakat yang dimiliki oleh siswa.

selanjutnya kita akan membahas kekurangan teori humanistik ini.

Kekurangan teori humanistik.

Tidak bisa di uji dengan mudah

teori humanistik yang sifatnya adalah pembelajaran psikologi kepribadian ini tidak bisa diuji dengan mudah karena tidak ada ukuran pasti sifatnyayang terletak dalam pribadi manusia itu sendiri.

Terjadian bias dalam tujuan

kekurangan teori humanistik yang ini masih berhubungan dengan yang pertama, yaitu karena sifatnya kepribadian maka untuk menggetahui ukuran pasti seseorang sudah berhasil atau belum tidak bisa ditentukan dengan jelas alias masih bias.

Dan hal ini cenderung subjektif sehingga penilaian setiap orang akan berbeda-beda tergantung dengan pengetahuan bahkan hinga pengalaman pribadi sang penilai.

Sulitnya membedakan mana yang serius dan mana yang tidak

Memang, teori pembelajaran ini membuat siswa lebih aktif dan kreatif untuk mengeksplorasi dirinya sendiri.

Untuk murid yang memang serius belajar pasti akan memanfaatkan kesempatan yang ada, dan mencoba hal-hal baru yang masih dalam lingkup yang disukainya.

Berbeda dengan murid yang tidak serius, tanpa adanya pengawasa dari guru selaku fasilitator justru akan membuat si murid ini semakin menjadi dan tidak mendapatkan hasil apa-apa

Kebebasan yang di berikan biasanya malah disalah gunakan.

Dalam proses pembelajaran humanistik yang cenderung memberi kebebasan lebih terhadap muridnya ini biasanya cenderung disalahgunakan, misal dalam kerja kelompok ada beberapa siswa yang hanya titip nama tanpa ikut bekerja.

Tags: