Kenali Bagian Bagian Jantung, Hingga Gangguan yang Harus Diwaspadai

Untuk mengenal gangguan-gangguan pada organ jantung manusia, tentunya kita harus mengetahui bagian-bagian jantung itu sendiri. Karena setiap bagian jantung mempunyai peran dan cara kerjanya dalam tubuh manusia maupun hewan. Namun yang akan kami bahas disini fokus pada bagian bagian jantung manusia, secara garis besar lebih mirip seperti mamalia.

Jantung sendiri menjadi salah satu organ tubuh paling penting dengan beban tugas yang berat dalam organ tubuh. Pada jantung orang dewasa berdetak 60 sampai 100 kali setiap menitnya untuk kondisi normal. Tanpa peran jantung yang memompa darah dan oksigen ke seluruh tubuh, maka sistem metabolisme pada tubuh tidak akan berjalan dengan optimal.

Bagian Bagian Jantung dan Perannya

Sebelum mengetahui beberapa jenis kelainan pada organ jantung, terlebih dahulu mari kita kenali bagian pada organ jantung dan perannya. Ada dua bagian besar pada organ jantung manusia, yang akan kami jelaskan masing-masing di sini beserta fungsinya.

Adapun berikut ini beberapa bagian pada anatomi jantung:

apa fungsi dari bagian bagian jantung
https://usaha321.net/
  • Ruang Jantung

Dalam bagian ruang jantung ini ada 6 ruang utama, masing-masing memiliki kandungan oksigen yang berbeda. Dalam ruang ini dipenuhi dengan darah yang akan kembali ke organ jantung, melalui atrium kiri dan atrium kanan. Antar ruang jantung terdapat bagian septum, yaitu berupa otot dengan dinding yang tebal.

Sementara untuk permukaan jantung pada bagian arteri koroner yang berperan dalam penyediaan darah untuk otot jantung. Atrium jantung yang kiri diperlukan tubuh untuk menerima darah dengan tinggi O2 yang didapatkan dari paru. Sementara atrium jantung bagian kanan akan mendapatkan darah yang miskin O2.

  • Pembuluh Darah Jantung

Di jantung ada bagian pembuluh darah jantung dimana pada bagian yang ini terjadi suatu sistem sirkulasi. Sistem tersebut yaitu ada darah yang masuk dan keluar dari jantung lewat pembuluh darah. Kemudian daerah yang kekurangan oksigen akan kembali ke jantung melalui pembuluh vena.

Bisa dikatakan pada bagian ini memang cukup rumit karena melibatkan banyak pembuluh darah. Perannya sangat penting karena untuk mendistribusikan darah yang kaya oksigen keseluruh tubuh.

Berikut gambar bagian jantung:

Gangguan Jantung yang Harus Diwaspadaibagian bagian jantung ayam

Gangguan jantung tidak hanya terjadi pada manusia, melainkan pada mamalia maupun jenis binatang lainnya. Dengan seiring bertambahnya usia, maka kinerja jantung seseorang akan menurun serta rentan terhadap resiko penyakit serius. Penyakit jantung sering dikaitkan dengan kebiasaan hidup tidak sehat seperti merokok, namun bisa juga disebabkan oleh faktor genetik dan usia.

Adapun berikut ini beberapa gangguan jantung yang harus diwaspadai sejak dini:

  • Penyakit Jantung Koroner

Penyakit ini dipengaruhi oleh aliran darah yang terhambat dari arteri koroner ketika menyuplai darah ke jantung. Umumnya kondisi atau gangguan ini terjadi karena adanya penyempitan arteri atau yang disebut aterosklerosis. Akibatnya akan membentuk plak pada dinding pembuluh darah. Akibatnya akan mengurangi intensitas aliran darah ke jantung.

  • Bising Jantung/ Heart Murmur

Sesuai dengan namanya, penyakit ini di indikasikan dengan suara detak jantung yang tidak normal. Melalui stetoskop, dokter akan mengetahui adanya suara abnormal dari jantung yang menandakan kelainan katup jantung.

  • Serangan Jantung

    apa fungsi bagian bagian jantung
    https://doktersehat.com/

Kita mungkin sudah sangat familiar dengan penyakit jantung yang satu ini dan dianggap paling berbahaya karena beresiko mematikan. Penyakit serangan jantung ini sangat mematikan dan bisa terjadi karena adanya penggumpalan darah. Tepatnya penggumpalan di arteri koroner yang dapat mengganggu otot jantung.

  • Kardiomiopati

Jenis penyakit jantung yang berkaitan dengan otot miokardium yang diisebabkan karena melemahnya otot jantung. Kondisi tersebut akan menyebabkan jantung tidak dapat memompa darah seperti biasanya ke seluruh tubuh. Dalam keadaan atau kondisi ini bisa menyebabkan gagal jantung. Bahkan bisa juga menyebabkan masalah pada katup jantung dan komplikasi penyakit jantung lainnya.

  • Gagal Jantung

Merupakan indikasi ketika jantung tidak bisa memompa darah keseluruh tubuh, yang biasanya disebabkan sebagai hasil komplikasi kardiomiopati. Itulah sedikit penjelasan mengenai bagian bagian jantung dan fungsinya, serta beberapa jenis penyakit jantung yang harus diwaspadai.

Jika Kamu ingin membaca informasi menarik lainnya, bisa kunjungi situs Selasar.

Tags: