Layar AMOLED vs Layas IPS

Produsen smartphone dunia saat ini sedang berlomba lomba memberikan fitur terbaik kepada para penggunannya.

Tak terkecuali dalam memberikan sentuhan layar yang enak digunakan dan membuat kita betah berlama lama dengan smartphone kita.

Taukah kamu bahwa persaingan layar AMOLED dan IPS kini semakin sengit ? sebenarnnya mana yang terbaik ? layar Amoled atau layar Ips ? Simak penjelasannya.

Layar AMOLED

Gambar Layar AMOLED

Kelebihan Layar AMOLED

Baik AMOLED atau IPS adalah sama sama layar smartphone yang memiliki kelebihan dan kekurangan.

AMOLED atau singkatan dari Active Light-Emitting Diode ini adalah sebuah layar yang tidak perlu mendapatkan sinar dari belakang, karena AMOLED ini tipe layar yang dapat menghasilkan layar sendiri.

Kelebihan Layar AMOLED ini tentu karena desainnya yang begitu elegan, selain itu pemilihan warna pada layar AMOLED ini juga sangat bagus dan terasa lebih hidup dibandingkan dengan layar IPS.

Kekurangan Layar AMOLED

Meskipun memiliki desain yang sangat elegan dengan berbagai fitur yang keren, namun banyak vendor smartphone yang berfikir dua kali jika ingin membuat smartphone menggunakan layar AMOLED ini. kenapa ?

Yaitu karena layar AMOLED ini dibandrol dengan harga yang tidak murah, selain itu meskipun memiliki tingkat pemilihan warna cahaya yang bagus, namun apabila terlalu lama digunakan maka lama kelamaan laya ini akan menurun juga kinerjannya.

Meskipun memiliki kekurangan yang terbilang berat, namun ternyata layar AMOLED ini adalah tingkatan terbawah dimana layar AMOLED ini sudah dikembangkan menjadi beberapa jenis jenis layar smartphone baru, seperti Layar Super Amoled, dan Dynamic Amoled.


Layar IPS

Gambar Layar IPS

Kelebihan Layar IPS 

Berbeda dengan layar AMOLED yang mampu menghasilkan cahaya sendiri, kalau layar IPS ini sebagaimana kepanjangan dari Liquid Crystal Display yang dimana layar ini membutuhkan sinar dari belakang untuk dapat menampilkan sebuah cahaya.

Kelebihan Layar IPS ini bisa kamu rasakan apabila kamu sedang menggunakan smartphone disiang hari atau pada keadaan yang memiliki cahaya yang terang.

Maka smartphone yang menggunakan layar IPS masih akan terlihat jelas dibanding dengan layar AMOLED.

Selain itu layar IPS ini juga sudah digunakan sangat lama oleh para produsen smartphone, apalagi kalau bukan hargannya yang murah.

Kekurangan Layar IPS

Kekurangan layar IPS ini adalah gambar yang dihasilkan serta pemilihan warna yang ditampilkan masih kurang bagus dibandingkan dengan layar AMOLED.

Selain itu layar IPS ini bisa bertahan tidak lebih lama dari layar AMOLED.

Bagaimana ??? Kira kira dari ulasan diatas sudah bisa menyimpulkan belum mana yang lebih baik antara layar IPS dan AMOLED ?

Silahkan di kira kira sendiri ya hehe, kalau saya lebih prefer dengan smartphone yang menggunakan layar AMOLED.

Karena meskipun hargannya cukup mahal, namun wort it dengan apa yang disajikan, semoga bermanfaat.

Source : Ibnufirnas.com 

Tags: