Macam Macam Artikel

Seringkali kita jumpai bahwasannya tulisan artikel ini kerap dimuat dimedia-media seperti blog ataupun media cetak.

Sehingga untuk membaca sebuah tulisan artikel kita tidak perlu susah payah untuk menemukannya.

Akantetapi ada hal yang harus Anda ketahui yaitu macam macam artikel ini telah dibedakan berdasarnya dengan jenisnya.

Sudah tahukah Anda tentang macam macam artikel ini? Jika dirasa belum maka Andapun bisa memahaminya didalam pembahasan ini, silahkan simak hingga selesai.

Macam Macam Artikel Yang Sering Dijumpai

#1. Artikel Ringan

Jenis artikel yang utama sering kita jumpai yaitu artikel ringan yang pada umumnya membahas seputar masalah- masalah yang ringan dalam artian tidak membutuhkan uraian mendalam.

Artikel ringan semacam ini terdapat dalam rubrik- rubrik majalah anak muda ataupun surat kabar berita. Artikel ringan biasanya dikemas dalam wujud data ataupun hiburan.

Membacanya juga tidak membutuhkan atensi serta konsentrasi penuh. Tipe artikel ini umumnya ada di tempat umum semacam rumah sakit ataupun juga stasiun. Salah satu contohnya merupakan artikel ringan yaitu seperti seputar membahas tentang cara hidup sehat ataupun metode belajar yang sukses di Perguruan Tinggi.

#2. Artikel Praktis

Artikel praktis yaitu semacam ulasan tentang petunjuk- petunjuk metode membuat, membetulkan, serta mengoperasikan sesuatu perlengkapan. Artikel praktis lebih merujuk kepada keahlian daripada pengembangan pengetahuan ataupun analisis buat permasalahan.

Penulisan didalam artikel praktis juga cenderung memakai wujud karangan narasi. Maksudnya, pesan yang disampaikan disusun sesuai dengan urutan waktu, kejadian, serta ataupun tahapan- tahapan. Contoh artikel praktis yaitu seperti cara membersihkan muka yang biasa terdapat di majalah- majalah.

#3. Artikel Halaman Opini

Pada dasarnya, seluruh artikel yang ada itu merupakan opini, akan tetapi jenis artikel yang satu ini biasanya ditempatkan dalam surat berita ataupun majalah di bagian spesial opini semacam tajuk rencana, karikatur, pojok, kolom, serta pesan pembaca.

Artikel halaman opini ini pada umumnya mengupas tuntas sesuatu permasalahan secara akademis. Oleh sebab itu, penulisnya wajib orang- orang yang betul- betul pakar di bidangnya. Contoh yang terkait dengan artikel opini yaitu merupakan orangtua merupakan panutan utama bagi anaknya.

#4. Artikel Analisis Ahli

Macam macam artikel berikutnya yaitu artikel analisis ahli yang merupakan pembahasan mengenai analisis yang dituliskan berdasarkan kemampuan atau keahliannya.

Artikel analisis ahli ini pula wajib ditulis oleh orang yang berdisiplin ilmu yang sesuai dengan topik artikel.

Perbedaannya jika postingan lain wajib senantiasa memakai bahasa yang populer atau sehari-hari, dengan begitu sebaliknya artikel analisis ahli boleh memakai bahasa ilmiah.

Artikel ini pembahasannya lebih tuntas secara tajam, mendalam, serta luas sesuatu permasalahan yang lagi tumbuh di lingkungan sekitar. Artikel semacam ini biasa ditempatkan pada ruangan khusus media cetak. Salah satu contoh dari jenis artikel ini yaitu menganalisis kemampuan anak-anak dalam belajar.

Demikian sudah pembahasan mengenai macam -macam artikel, baik jenis artikel ringan, praktis, halaman opini serta analisis ahli. Semoga dengan adanya ulasan diatas dapat bermanfaat dan bisa membantu segala keperluan Anda.

Tags: