Museum POLRI

Sebagai wisata Semarang yang cukup populer, Museum POLRI ada sejak kepimpinan Jendral POLRI Dai Bachtiar dalam acara Pembinaan Akademi Kepolisian di tahun 2005 dengan tujuan untuk membina mental perjuangan PORLI dan Taruna AKPOL.

Museum POLRI berlokasi di Kompleks Akademi Kepolisian (AKPOL) di Jalan Sisingamangaraja, kota Semarang yang awalnya bernama AKPOL kini diganti menjadi Museum POLRI.

Koleksi di Museum POLRI

Museum POLRI

Sebelum berkunjung kesana pastinya kamu ingin tahu koleksi di Museum POLRI, kan? Yuk ketahui penjelasannya lebih detail dalam list di bawah ini.

  1. Koleksi Foto Bersejarah

Koleksi pertama yang akan kalian jumpai saat mengunjungi Museum POLRI yaitu memiliki foto-foto bersejarah dari awal mula museum tersebut didirikan sehingga akan menambahkan pengetahuan untuk para pengunjungnya.

Sebagai potret visual tentunya koleksi foto bersejarah ini yang akan menjadi spot sejarah yang menarik.

Tak hanya foto, tentunya di museum POLRI juga terdapat lukisan tentang sejarah yang memang menarik untuk kalian lihat pastinya dengan berbagai cerita sejarah masing-masing yang memberikan pengetahuan sehingga bisa menjadi media edukasi untuk para pengnjungnya.

  1. Macam-Macam Senjata

Berikutnya, ketika kalian ingin melihat berbagai senjata yang digunakan sejak dulu oleh AKPOL maupun POLRI maka bisa mengunjungi tempat ini untuk melihat secara detail mengenai berbagai senjata yang digunakan.

Bahkan, di museum tersebut juga terdapat replika bom Bali loh sehingga daya tarik tempat bersejarah ini membuat banyak wisatawan terkagum saat melihatnya.

Disini terdapat jenis senjata berat sampai ringan mulai dari senjata tradisional seperti tombak, pedang, Kaporlap, Diratram sampai pistol.

  1. Foto Satelit

Para pengunjung juga bisa melihat adanya foto satelit di Museum POLRI yang menjadi daya tarik tersendiri. Bahkan, ketika berkunjung ke museum tersebut kalian juga bisa melihat adanya pengabadian moment gelombang tsunami.

Bahkan, terdapat pula koleksi pakaian AKPOL yang tewas saat peristiwa tersebut.

Pastinya semua pengunjung yang melihatnya akan semakin terkagum saat melihat cerita sejarah yang terdapat pada foto maupun senjata yang terdapat di dalam ruang museum tersebut.

Transportasi Menuju Museum POLRI

Untuk informasi transportasi menuju ke Museum POLRI Semarang ternyata aksesnya cukup mudah loh, untuk jarak tempuh dari Bandara yaitu 12 KM, jarak dari Pelabuhan Laut 15 KM, jarak dari Terminal Bus 10 KM, Jarak Tempuh dari StasiuN Kereta Api 7 KM.

Jadwal Kunjung Museum POLRI

Infomasi untuk jadwal kunjungannya yaitu Museum POLRI buka setiap hari dinas pukul 07.00 sampai dengan 15.00 WIB.

Apabila kalian akan berlibur bersama rombongan maka harus mengadakan janji dengan pihak terkait terlebih dahulu.

Fasilitas di Museum POLRI

Jangan khawatir untuk fasilitas yang bisa kalian dapatkan di sekitar museum cukup lengkap mulai dari ruang kantin, toilet, tempat administrasi, tempat penyimpanan koleksi mulai dari senjata, lukisan, dan foto, tempat pameran tetap, dan ruang audio visual.

Tentunya semua ruangan tersebut dalam kalian kunjungi untuk melihat berbagai benda yang bernilai sejarah cukup tinggi sehingga memberikan nilai edukasi cukup tinggi.

Organisasi Museum POLRI

Ketahuilah untuk jumlah organisasi di Museum POLRI cukup lewat mulai dari adanya pegawai kurator, preparator, bimbingan edukasi, bahkan terdapat pula cleaning service.

Hal tersebut tentunya membuat pameran semua benda koleksi bersejarah ini dapat kita lihat seninya dengan lebih detail.

Program Museum di Museum POLRI

Ketika kalian mengunjungi museum POLRI maka kalian akan mengetahui adanya program yang dilaksanakan disana untuk memberikan informasi sejarah maupun pengetahuan kepada pengunjungnya mulai dari media ceramah, workshop, seminar, dan penyuluhan.

Tags: