Pengertian Kurikulum

Dunia pendidikan selalu berkaitan dengan kurikulum. Pembahasan mengenai kurikulum ini terdapat komponen yang menunjang pendidikan.

Sekumpulan rencana, cara mengajar, tujuan dan materi pembelajaran merupakan pengertian kurikulum. Rancangan pembelajaran tersebut ditujukan pada siswa atau peserta didik terkait.

Kurikulum untuk pendidikan ini tidak boleh sembarangan dibuat, artinya harus dibuat dengan tepat dan sesuai dengan tingkatan masing-masing para peserta didik tersebut.

Kurikulum juga harus dibuat dengan kemampuan serta kondisi di setiap jenjang pendidikan yang ada, dan kebutuhan lapangan kerja bagi para peserta didik jika sudah menyelesaikan sekolah.

Pengertian KurikulumMenurut Para Ahli

Menurut keterangan dari situs pendidikan Cryptowi.com, Ada banyak sekali tentang definisi atau pengertian kurikulum ini yang telah diungkapkan oleh para ahli, diantaranya yaitu sebagai berikut :

1. Menurut Dr. H. Nana Sudjana Tahun (2005)

Niat dan harapan yang dituangkan ke dalam rencana program pendidikan yang nantinya akan diberikan oleh pendidik pada para peserta didik, merupakan definisi kurikulum menurut Dr. H. Nana Sudjana Tahun.

Niat dan rencana tersebut berupa kurikulum, sedangkan pelaksananya yaitu proses dalam kegiatan belajar mengajar itu sendiri.

2. Drs. Cece Wijaya, dkk

Menurut Drs. Cece Wijaya, dkk pengertian dari kurikulum dalam makna yang lebih luas adalah seluruh program pendidikan serta kehidupan yang terjadi di sekolah setiap harinya.

3. Prof. Dr. Henry Guntur Tarigan

Konteks di dalam proses belajar mengajar itu juga menjadi hal yang penting, sehingga kurikulum menjadi sebuah formulasi pedagogis yang utama. Pengertian dari kurikulum tersebut diungkapkan oleh Prof. Dr. Henry Guntur Tarigan.

4. Harsono (2005)

Definisi kurikulum yang diungkapkan oleh Harsono adalah gagasan dalam ilmu pendidikan yang diekspresikan ke dalam suatu praktik. Pengertian dari kurikulum ini terus berkembang dari masa ke masa, sehingga maknanya tidak terbatas di gagasan ilmu pendidikan saja. Program pendidikan dan pembelajaran yang sudah terencana dengan baik juga menjadi bagian kurikulum.

5. Prof. Dr. S. Nasution, M. A

Rencana yang telah disusun dalam melancarkan proses dalam kegiatan belajar mengajar di bawah arahan, tanggung jawab dari sekolah serta bimbingan lembaga pendidikan merupakan pengertian dari kurikulum menurut Prof. Dr. S. Nasution, M. A.

6. H. Hasan

Hasan mengungkapkan bahwa kurikulum memiliki sifat dan karakter fleksibilitas, yang menjadi pemikiran kependidikan untuk diklat. Dalam posisi teoritiknya kurikulum ini harus terus dikembangkan dan menjadi sesuatu yang terencana, yang dianggap sebagai kaidah dalam pengembang kurikulum itu sendiri.

Kesimpulan

Pengertian kurikulum terdiri dari beberapa pendapat, khususnya dari para ahli yang memang menguasai bidang kurikulum dan juga pendidikan.

Semua pengertian tersebut mengacu pada program dan perencanaan yang dibuat khusus untuk para peserta didik dengan tepat. Kurikulum juga menjadi alat untuk mencapai tujuan pendidikan yang sifatnya universal dalam segala kegiatan pembelajaran.

Tags: