Pengertian Server

Apa itu server? Mungkin sebagian orang awam akan bertanya-tanya mengenai “Apa itu Server”, terlebih bagi mereka yang awam dengan dunia teknologi.

Bicara soal server, pengertiannya banyak sekali yang harus kamu ketahui. Ingin mengetahui informasi mengenai server?

Simak ulasan pengertian server secara umum dan apa saja fungsi kegunaan dari server tersebut. Berikut ulasan lengkap yang kami rangkum melalui situs web winstrix.

Selamat menyimak.

Pengertian Server

Ada yang tahu apa yang dimaksud dengan server? Jadi, pengertian server merupakan sebuah wadah yang digunakan untuk penyimpanan data dan informasi lainnya untuk menyediakan layanan kepada seluruh client yang tertaut dengannya.

Adapun pendapat lain yang menyatakan, bahwa pengertian server itu merupakan sebuah sistem komputer yang mana fungsinya untuk menyediakan layanan atau mengontrol seluruh akses client yang terhubung dengan jaringan internet dan komputer.

Server ini didukung oleh RAM, prosesor dan OS yang disebut sebagai network operating system.

Sebuah server dapat menyimpan berbagai jenis data, dokumen, dan informasi lainnya yang dapat diakses oleh klien. Dalam hal ini, klien memerlukan server agar dapat terhubung dengan sebuah jaringan atau untuk meminta data/ file yang ada di server.

Perlu diketahui, server juga bisa digunakan untuk menyimpan beragam jenis data. Misal seperti dokumen web atau informasi lainnya yang bisa diakses oleh setiap client pada komputer melalui jaringan internet.

Fungsi Server

Membahas mengenai apa saja fungsi server, server merupakan wadah yang fungsinya melayani permintaan dari komputer yang digunakan untuk mengakses sebuah internet.

Misal seperti permintaan data, aplikasi, game dan masih banyak permintaan lainnya.

Agar lebih jelas, berikut ragam fungsi server yang harus kamu ketahui agar tidak terlalu kudet.

  • Menyediakan data dari aplikasi yang bisa kamu akses pada semua perangkat komputer atau laptop.
  • Mengontrol seluruh hal akses pada sebuah jaringan untuk membatasi penggunaan yang bisa diakses melalui server komputer.
  • Memberikan beragam sumber daya, hadware atau software yang bisa digunakan oleh komputer melalui jaringan internet.
  • Menyimpan beragam data aplikasi dan informasi lainnya. Hal ini bisa diakses secara bersamaan melalui komputer maupun ponsel.
  • Mengontrol lalu lintas data dalam sebuah jaringan internet.
  • Melayani permintaan yang diminta oleh komputer.

Itulah penjelasan mengenai fungsi server secara umum. Setelah ini, kamu juga harus mengetahui apa saja jenis-jenis yang ada pada bagian server.

Penjelasan lengkapnya, silahkan simak ulasan berikut ini.

Jenis-Jenis Server

Dilihat dari fungsinya, server ini terbagi menjadi beberapa bagian. Masih satu pembahasan dengan pengertian server, berikut jenis-jenis server yang harus kamu ketahui:

  • Mail Server:Fungsinya untuk menyimpan data yang masuk melalui email, entah itu surat undangan dan beragam jenis data lainnya.
  • New Server:Fungsinya untuk menghubungkan beragam jenis berita dari jaringan internet.
  • Audio& Video Server:Fungsinya untuk menyimpan berkas media berupa musik dan video di dalam website.
  • Aplikasi Server: Fungsinya untuk mengontrol permintaan dari pengguna komputer untuk menghubungkannya dengan database melalui jaringan internet. Misal membuka aplikasi di Internet untuk mengakses data di dalamnya.
  • Web Server: Fungsinya untuk menyimpan database konten di dalam website dan dikomunikasikan dengan HTTP/HTTPS.
  • FTP Server: Berfungsi untuk mengontrol data yang masuk pada jaringan internet.
  • Virtual Server: Fungsinya untuk membuat server fisik agar menjadi beberapa server.
  • Telnet Server: Fungsinya untuk mengontrol komputer dengan memberikan pelayanan logindan logout.
  • Proxy Server: Bagian ini mempunyai fungsi untuk membatasi permintaan data yang diajukan oleh pengguna komputer. Selain itu, Proxy Server juga berfungsi sebagai pintu antara jaringan global dan lokal.

Tags: