Plat Nomor Cantik

Berbicara tentang plat nomor cantik tentunya menjadi keinginan semua pemiliki kendaraan untuk memilikinya.

Apalagi jika nomer kendaraan tersebur unik dan sulit untuk didapatkan pastinya akan menjadi rebutan untuk dipakai di kendaraan pribadi.

Dan masalahnya untuk mendapatkan plat nomor untuk seuai dengan digit itu tidak gratis. Kamu harus membayar sejumlah uang untuk pajak tahunan nomor cantik ini.

Jika kamu sudah tertarik untuk mengurus dan memakainya dikendaraan kamu, simak pembahsaan mengenai plat nomor cantik ini yang sumber informasinya dari Otonesia.

Pajak Tahunan Plat Nomor Cantik

Gambar Pajak Tahunan Plat Nomor Cantik

Berdasarkan pada Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 60 Tahun 2016 perihal Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNPB), Harga atau biaya pemasangan plat nomor cantik kendaraan baik itu mobil atau motor beragam harganya.

Salah satunya tergantung pada unik dan digit nomor kendaraan yang diinginkan setiap pembeli, namun hal ini tidak boleh sembarangan untuk membeli sebuah nomor plat kendaraan.

Kamu harus menaati aturan dan prosedur yang berlaku sesuai dengan undang-undang untuk dapat memiliki nomor plat kendaraan yang unik sesuai keinginan.

Balik lagi mengenai tarif atau biaya pajak tahunan plat nomor cantink dibagi menjadi 4 (empat) golongan yaitu satu angka, dua, tiga dan empat angka.

Dan golongan tersebut dikategorikan menjadi 2 yaitu dengan menambah kode huruf atau tidak disertai kode huruf. Untuk setiap katergori yang dipilih nantinya akan memberikan perbedaan harga yang cukup signifikan.

Kisaran biaya ada diangka Rp 5 juta rupiah untuk formasi 4 (empat) yang disertai huruf, sampai Rp 20 juta rupiah untuk 1 (satu) angka dan memakai huruf dibelakangnya.

Untuk lebih jelasnya dan rinci lagi biaya pajak tahunan plat nomor cantik sebagai berikut.

Nomer Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) 1 Digit

  • Tanpa ada huruf di belakang angka (kosong) biaya pajak tahuanan senilai Rp 20.000.000,-
  • Disertai huruf di belakang angka akan dikenakan biaya pajak tahunan biaya Rp 15.000.000,-

Nomer Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) 2 Digit

  • Tanpa ada huruf di belakang angka (kosong) biaya pajak tahuanan senilai Rp 15.000.000,-
  • Disertai huruf di belakang angka akan dikenakan biaya pajak tahunan biaya Rp 10.000.000,-

Nomer Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) 3 Digit

  • Tanpa ada huruf di belakang angka (kosong) biaya pajak tahuanan senilai Rp 10.000.000,-
  • Disertai huruf di belakang angka akan dikenakan biaya pajak tahunan biaya Rp 7.500.000,-

Nomer Registrasi Kendaraan Bermotor (NRKB) 4 Digit

  • Tanpa ada huruf di belakang angka (kosong) biaya pajak tahuanan senilai Rp 7.500.000,-
  • Disertai huruf di belakang angka akan dikenakan biaya pajak tahunan biaya Rp 5.000.000,-

Nah, untuk mendapatkan plat nomor cantik tersebut ada beberapa cara atau prosedurnya seperti kamu harus menyiapkan dokumen-dokumen kendaraan mulai dari Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) asli, Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB) asli, bukti pembelian kendaraan, dan juga dokumen-dokumen yang berasal dari dealer lain sebagainya.

Plat Nomor Cantik Satu Angka

Gambar Plat Nomor Cantik Satu Angka

Untuk plat nomor satu angka atau satu digit ini merupakan pajak plat nomor dantik paling mahal. Karena harga plat nomor sati digit ini mahal, yang memakai plat nomor satu digit ini kebanyakan dari kalangan pejabat negara seperti menteri dan termasuk presiden, wakil presiden, anggota DPR, DPRD hingga kepala daerah.

Para artis ibu kota juga tidak mau kalah, nama tenar seperti rafi ahmad, ruben onsu, ivan gunawan dan masih banyak lagi artis yang memekai plat nomor cantik satu digit ini.

Tidak lupa dari kalangan pengusaha dan ahli profesi yang berpenghasilan besar tidak sungkan untuk memakai plat nomer satu digit. Mereka tidak mempersoalkan dari segi biaya yang cukup mahal.

Seperti pernyataan yang sudah dikutip diatas ini untuk harga plat nomor cantik satu digit ada dikisaran harga Rp 20 – 15 juta rupiah tergantung pada keunikan dan ada tidaknya huruf dibelakang angka.

Plat Nomor Cantik Kombinasi

Gambar Plat Nomor Cantik Kombinasi

Plat nomor cantik kombinasi biasanya dipakai untuk membuat suatu rangkaian kata yang pada akhirnya dibaca lebih mudah. Rangkaian kata yang umumnya yaitu nama identitas di pemilik atau kata simbolik yang dirasa unik oleh sang pemilik plat nomor cantik ini.

Contoh untuk plat nomor cantik kombinasi seperti, “B 460 NG”, “B 14 RIN”, “B 94 NJIL”, “B 93 NAP”, dan masih banyak plat nomor unik kombinasi lainnya.

Jika kamu tertarik memakai plat nomer cantik ini sebelum mengurus ke kantor terkait sebaiknya kamu cek plat nomer terlebih dahulu, apabila belum dipakai oleh orang lain kamu bisa memakainya untuk kendaraan kamu.

Sedikit informasi buat kamu, biaya pajak tahunan untuk plat nomor unik ini larinya kepada kas Negara dan seperti pembahasan sebelumnya bahwa untuk penerapan plat nomor cantik ini sudah diatur dalam peraturan secara resmi.

Waktunya kamu menentukan plat nomor cantik sesuai keinginan dan lakukan pengambil alihan kepemilikan plat nomor cantik dengan membayar pajak tahunan berdasarkan prosedur yang sudah ditentukan.

Tags: