Resep Urap Sayur

Indonesia adalah negara yang memiliki tanah yang subur. Untuk itu Indoensia dikenal sebagai negara agraria sebagai penghasil berbagai buah-buahan, sayur-sayuran dan palawija.

Urap Sayur

Hampir di semua wilayah Indonesia tanaman bisa tumbuh dengan subur. Hal ini dikarenakan letak Indonesia yang berada di garis khatulistiwa yang membuat Indonesia beriklim tropis.

Di Indonesia memiliki banyak makanan khas yang berasal dari berbagai penjuru nusantara. Dengan hasil kekayaan alam yang dimiliki membuat banyak olahan makanan dari sayur-sayuran dan buah-buahan yang dihasilkan.

Urap-Sayur-Bayam

Salah satu makanan dari sayur-sayuran yang menjadi primadona dan andalan banyak orang adalah urap-urap. Banyak sekali jenis urap-urap yang banyak diminati oleh orang Indonesia.

Urap-urap sayur juga memiliki kandungan gizi yang cukup baik sehingga merupakan menu sehat untuk keluarga yang bisa Anda coba kapanpun untuk mencukupi kebutuhan gizi keluarga Anda.

Pada kesempatan ini akan diulas tentang cara membuat urap sayur sebagai pendamping menu makanan. Resep ini dikutip dari https://www.resepkuerenyah.com sebagai blog yang mengulas tentang berbagai resep masakan nusantara.

Bahan sayur-sayuran yang digunakan bisa dari berbagai macam sayuran. Misalnya sayur kacang panjang, sayur bayam, sayur kol, sayur sawi dan lain-lain. Namun pada kesempatan kali ini akan diulas tentang urap sayur yang menggunakan bahan sayur bayam.

Urap sayur sangat pas jika disajikan dengan nasi hangat dan ikan asin atau ikan goreng untuk menambah selera makan.

Resep Cara Membuat Urap Sayur

Bahan Membuat Urap Sayur

  • Cabe rawit sebanyak 8 buah, tambahkan jika perlu
  • Bawang putih 3 siung
  • Cabe merah 3 buah
  • Gula dan garam secukupnya
  • 1 cm kunyit dan jahe
  • Bayam 1 ikat (boleh jenis sayur lainnya, seperti kangkung, tauoge, dan kacang panjang), rebus sebentar
  • Kelapa parut secukupnya.
  • Penyedap rasa

Langkah Membuat Urap Sayur

  1. Haluskan cabe rawit, bawang putih, cabe merah, gula dan garam secukupnya. Untuk menghaluskannya Anda bisa menggunakan blender atau dengan cara di ulek. Setelah itu jika sudah dilembutkan, Anda bisa mensangrai bumbu halus tadi dengan menggunakan olive oil agar baunya lebih harum, tetapi jika tdak ada bisa menggunakan minyak sehat sedikit saja. Tambahkan juga penyedap rasa jika anda suka menggunakannya.
  2. Setelah bumbu disangrai hingga berbau harum Anda bisa memasukan parutan kelapa dan aduk hingga warna berubah tercampur dengan bumbu, namun jangan sampai gosong.
  3. Jika Anda sudah merasa kelapa parut sudah sudah berubah warna dan menyatu dengan bumbu, maka Anda bisa memasukan bayam atau sayur lainnya yang sudah direbus hingga menyatu dengan kelapa parut. Setelah mencampur jadi satu Anda bisa menghidangkannya di atas piring untuk menyantapnya.

Demikian ulasan tentang resep cara membuat sayur urap nusantara menggunakan bayam. Bahan dan juga caranya sangat sederhana sehingga bisa digunakan kapan saja karena bahan-bahannya mudah untuk dicari, selamat mencoba.

Tags: