Seni Rupa Terapan

Pernahkah kamu melihat sebuah karya seni? Pastinya pernah kan. Jenis karya seni ada banyak, misalnya seni rupa dua dimensi, seni rupa tiga dimensi, seni rupa murni, seni rupa terapan, dan lain-lain.

Nah untuk kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai seni rupa terapan. Seperti apa sih seni rupa terapan itu? Yuk simak contohnya dibawah ini.

Pengertian Seni Rupa Terapan

Apa yang dimaksud dengan seni rupa terapan? Seni rupa terapan adalah sebuah karya seni yang menitikberatkan pada sebuah keindahan sekaligus fungsi dari karya itu sendiri. Oleh karenanya, seni rupa ini adalah sebuah karya seni yang multifungsi.

Fungsi Seni Rupa Terapan

Fungsi seni rupa terapan terbagi menjadi 2, yaitu :

1. Berdasarkan Pemenuhan Praktis

Artinya, fungsi ini hanya sekedar sebagai pelengkap keindahan pada suatu benda. Dalam hal ini, kegunaan benda tersebut lebih penting daripada sebuah keindahannya.

Contoh : sebuah tas yang memiliki banyak pernak-pernik atau hiasan. Pada dasarnya, fungsi dari sebuah tas adalah untuk membawa barang bukan untuk menunjukan pernak-pernik atau hiasannya. Namun, jika tas tersebut tidak menggunakan hiasan akan terlihat kurang enak dipandang ketika digunakan. 

2. Berdasarkan Pemenuhan Estetis

Jika fungsi seni rupa berdasarkan pemenuhan praktis lebih mengutamakan kegunaannya, berbeda dengan fungsi seni rupa berdasarkan pemenuhan estetik yang lebih mengutamakan nilai keindahannya.

Contoh : Perhiasan. Perhiasan adalah sebuah karya seni yang mempunyai nilai keindahan dan juga kegunaan. Namun yang lebih diutamakan yaitu nilai estetisnya atau nilai keindahannya.

Contoh Seni Rupa Terapan

Ada banyak sekali contoh karya seni rupa terapan yang sering kita gunakan, namun terkadang kita tidak menyadarinya. Berikut beberapa contoh dari karya seni rupa terapan yang sering kita gunakan.:

1. Pakaian

Pakaian merupakan salah satu contoh seni rupa terapan yang paling dekat dengan kita. Sekarang ada banyak sekali model pakaian seperti batik, gamis atau yang lainnya yang memiliki gambar untuk menghiasi pakaian tersebut. Semua yang dibuat itu bertujuan untuk memperindah pakaian tersebut.

2. Peralatan Rumah Tangga

Contoh kedua adalah peralatan rumah tangga. Peralatan rumah tangga juga bisa disebut sebagai karya seni rupa terapan, mengapa? Karena peralatan rumah tangga memiliki fungsi kegunaan sekaligus memiliki fungsi keindahan, yaitu untuk mempercantik rumah. Contoh peralatan rumah tangga sebagai seni rupa terapan antara lain seperti tempat tidur, meja, dan kursi.

3. Barang Elektronik

Contoh seni rupa terapan selanjutnya adalah barang-barang elektronik. Barang-barang elektronik seperti smartphone juga menjadi contoh seni rupa terapan. smartphone saat ini dirancang dengan berbagai desain yang indah dan keren. Desain inilah yang menjadi bagian dari sebuah karya seni. Bahkan, smartphone dengan desain yang indah dapat membuat harganya menjadi lebih tinggi.

4. Alat Transportasi

Ada banyak sekali alat transportasi di dunia ini yang dibuat bukan hanya sekedar untuk mengangkut penumpang saja, namun ada juga dijadikan sebagai karya seni. Misalnya seperti mobil-mobil mewah yang dibuat dengan nilai estetika yang tinggi. Dalam hal ini, mobil mewah tersebut adalah karya seni rupa terapan 3 dimensi.

5. Perhiasan

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bahwa perhiasan tergolong dalam karya seni rupa terapan karena lebih mengutamakan nilai keindahannya daripada kegunaannya. Bahkan, banyak juga perhiasan yang hanya dijadikan sebagai pajangan saja. Contoh dari perhiasan tersebut seperti emas, berlian, emas dan lain sebagainya.

6. Senjata Tradisional

Sampai saat ini, senjata tradisional masih banyak digunakan oleh sebagian masyarakat daerah. Ada beberapa senjata tradisional yang memiliki nilai seni keindahan seperti keris. Keris yang diukir dengan sedemikian rupa akan menghasilkan sebuah karya seni yang indah. Senjata tradisional ini juga sudah mempunyai seni sejak zaman dahulu.

Demikian ulasan ringkas mengenai seni rupa terapan. Semoga bermanfaat.

Tags: