Shortcut Windows 10

Di Windows, kita bisa membuka sebuah program dengan cara manual ataupun menggunakan pintasan (shortcut). Kedua cara tersebut sama-sama sering digunakan. Bagi yang sudah paham dengan shortcut, pasti lebih memilih menggunakan shortcut karena jauh lebih cepat daripada cara manual.

Bagi yang belum paham itu shortcut, saya kasih contoh sederhana: saya yakin Anda semua sudah sering mengetik menggunakan software Microsoft Word. Ketika hendak copy paste tulisan dari Google, pasti Anda akan menggunakan kombinasi tombol CTRL+C dan CTRL+V kan? Nah, itulah shortcut.

Anda pasti merasakan ketika copy paste manual (menggunakan mouse) dengan menggunakan shortcut pasti lebih nyaman menggunakan shortcut, bukan? Nah, oleh karena itu, ada pentingnya juga mengetahui beberapa shortcut Windows 10 yang akan sangat membantu Anda.

Berikut adalah beberapa shortcut penting pada Windows 10:

1. Windows + Tab

Shortcut ini digunakan untuk menampilkan seluruh program yang sedang dijalankan pada Windows dalam bentuk thumbnail atau gambar kecil. Berikut adalah contoh tampilan ketika Anda menekan tombol shortcut Windows + Tab.

shortcut windows 10

Dengan menekan tombol ini, maka Anda akan melihat semua program yang sedang berjalan. Termasuk ketika Anda membuka Google Chrome dengan beberapa user, maka akan tampil seluruh user tersebut. Seperti contoh pada gambar di atas, ketika saya membuka 2 user Google Chrome, maka yang akan tampil juga 2 Google Chrome.

Cara ini hampir sama ketika kita menekan tombol Alt + Tab, keduanya sama-sama menampilkan program yang sedang berjalan. Bedanya, ketika menekan tombol Alt + Tab, kita memilih program yang akan dibuka dengan menekan tombol Tab. Jadi, tombol Alt tetap ditahan, sedangkan tombol Tab digunakan untuk memilih.

2. Windows + E

Tombol shortcut ini digunakan untuk membuka program Windows Explorer. Saya yakin, kita semua akan selalu membutuhkan tombol ini karena setiap membuka laptop, hampir semua orang pasti membuka Windows Explorer.

tombol shortcut windows 10

Cara ini memang sangat efektif, akan tetapi cara manual (menggunakan mouse) juga tidak kalah efektif jika Anda meletakkan icon Windows Explorer di Taskbar.

3. Windows + L

Tombol ini digunakan untuk mengunci Windows Anda. Jadi, ketika Anda menekan tombol Windows + L, secara otomatis akan masuk ke lockscreen, berikut adalah contoh lockscreen pada Windows 10.

pintasan windows 10

Jujur saja, shortcut ini sangat membantu karena caranya memang sangat cepat. Cara manual untuk mengunci layar Windows 10 adalah dengan klik icon Windows > klik foto user Windows Anda > pilih Lock. Dengan tombol shortcut Windows + L ini, Anda tidak perlu melakukan klik ini itu, cukup tekan tombol shortcut ini saja.

4. Windows + D

Tombol shortcut ini digunakan untuk masuk ke halaman desktop (halaman utama) Windows. Tombol ini juga bisa dikatakan tombol untuk minimize semua aplikasi dengan cepat. Berikut adalah contoh desktop pada Windows 10 saya.

tombol cepat windows 10

Cara ini juga bisa dilakukan secara manual loh, caranya dengan klik pada bagian pojok kanan bawah, nanti Anda akan dibawa ke desktop.

5. Windows + R

Tombol ini digunakan untuk membuka Run, yaitu sebuah program yang digunakan untuk membuka program lain dengan cepat. Contohnya untuk membuka Dxdiag, Anda tinggal mengetikkan perintah ini pada Run lalu tekan Enter.

shortcut keyboard windows 10

Bagi yang sering utak-atik Windows, pasti sering menggunakan shortcut ini untuk membuka Run. Untuk membuka Run bisa juga dengan cara manual yaitu klik Windows > All apps > Windows System > Run.

Nah, itulah beberapa shortcut yang sering digunakan pada Windows 10. Sebenarnya masih banyak banget shortcut lainnya, tapi shortcut di atas adalah yang sering digunakan.

Tags: