Software Screenshot PC

Screenshot atau menangkap gambar di layar PC atau Smartphone memang sangatlah penting untuk di kuasai. Anda dapat mengambil momentum yang  menarik pada layar perangkat Anda dengan cepat dan mudah. Bayak cara untuk melakukan screenshot pada layar mulai dengan fitur bawaan atau menggunakan software pihak ke tiga yang tentu memiliki fitur lebih lengkap. Kali ini kami ingin berbagi beberapa rekomendasi software atau aplikasi untuk screenshot pada PC Anda, Berikut daftarnya:

Rekomendasi Daftar Aplikasi Screenshot PC

Snipping Tools

Snipping Tools menjadi salah satu software Screenshot andalan bagi banyak orang. Meski sudah sangat lama dan umum digunakan, Snipping Tools nyatanya masih memberikan fitur-fitur mumpuni untuk mengambil tangkapan layar dari PC.
Keunggulan paling utama dari snipping tools ini adalah Anda tak perlu repot-repot mendownloadnya karena sudah tersedia di Windows.
Proses penggunaanya sangat mudah, Anda cukup melakukan tiga langkah saja, yakni buka program Snipping Tools, lalu pilih New, pilih Free-form Snip untuk mengambil tangkapan layar dengan bentuk bebas.
Selanjutnya pilih area yang Anda akan tangkap (screenshot) di layar, kemudian Save untuk menyimpan di direktori penyimpanan Anda,
Meski demikian banyak juga yang kurang puas dengan fitur sederhana Snipping Tools tersebut seperti tidak adanya fitur untuk menambahkan teks dan screenshot menggunakan tombol di keyboard.
Snipping tools hanya memiliki fitur aksesori garis sederhan dan highlight. Sementara untuk mennggunakan tombol keyboard, harus melakukan sedemikian rupa terlebih dulu.

TinyTake

Software screenshot PC selanjutnya yang kita bahas adalah TinyTake. Selain screenshot, TinyTake juga bisa digunakan sebagai perekam layar untuk video.
Aplikasi ini menawarkan fitur menambahkan catatan pada screenshot, sehingga bisa Anda pakai untuk mendeskripsikan screenshot yang anda ambil, misalnya untuk gambar pelengkapn tutorial. Setelah mengambil screenshot, Anda juga bisa membagikannya dalam penyimpanan Cloud TinyTake.
Sedangkan untuk video, Anda bisa membagikan juga ke platform berbagi video Youtube. TinyTake tersedia di OS Windows dan iOs. Anda bisa menggunakannya secara gratis terlebih dulu (sebelum memakai full berbayar) untuk merekam maksimal 5 menit dalam penyimpanan maksimal 2GB.

LightShot

Selanjutnya, ada aplikasi untuk Windows bernama LightShot. Salah satu software screenshot PC yang memiliki tampilan terbaik, LightShot tidak hanya mengambil screenshot secara keseluruhan, Anda bisa memilih bidang mana yang akan diambil tangkapan layarnya lewat aplikasi ini,
Berbagai fitur yang ditawarkan antara lain screenshot, edit screenshot, dan berbagi lewat sosial media. Lightshot tersedia untuk berbagai platform yaitu untuk PC atau laptop bersistem operasi Windows atau iOs, juga tersedia di berbagai web browser seperti Google Chrome, Internet Explorer dan Opera Mini,
Anda bisa mendapatkannnya secara gratis di situs-situs yang menyediakan download aplikasi penunjang PC atau laptop Windows secara bebas.

Untuk cara penggunaan dan intalasi Lighshot Anda dapat mengunjungi Winfixer, disana telah dibahas secara detail dan terperinci mengenai Lighshot.

Clarify

Aplikasi berikutnya dalam pembahasan kali ini, yaitu Clarifiy. Fitur unggulan pada aplikasi ini adalah Anda bisa membuat screenshot yang Anda ambil menjadi sebuah daftar, Hal ini sangat berguna bila Anda membuat sebuah tutorial yang disertai gambar.
Alih-alih Anda merapikan urutan, kerja Anda sudah dibantu oleh aplikasi Clarify. Selain fitur daftar screenshot tersebut,
Clarifiy juga memberikan cara mengambil tangkapan layar dengan beberapa metode seperti melalui tombol Capture yang ada di aplikasi, tombol di keyboard atau ikon yang ada di toolbar PC. Seperti software screenshot yang lain, Clarifiy dapat mengambil tangkapan layar sebagian bidang pada gambar.

ShareX

Bagi pengguna PC atau Laptop lawas pasti mengenal aplikasi screenshot PC bernama ShareX karena sudah ada sejak 9 tahun yang lalu.
Ada banyak fitur yang ditawarkan ShareX seperti screenshot layar penuh (fullscreen), screenshot sebagian, screenshot halaman website dan screenshot halaman PC atau laptop yang aktif.
Ada juga beberapa fitur edit yang bisa dimanfaatkan oleh pengguna setelah mereka mengambil tangkapan layar (screenshot) seperti copy ke clipboard, print screenshot, menambah catatan, melihat di File Explorer, mengedit screenshot memakai image editor, upload ke sosial media, dan lain-lain.
ShareX dapat digunakan dan diunduh secara gratis di internet.

ScreenPresso

Selanjutnya, aplikasi atau software yang bertugas untuk screenshot PC adalah ScreenPresso. Aplikasi ini mempunyai keunggulan dapat mengambil tangkapan layar (sceenshot) dengan berbagai bentuk dan sudut,
Selain itu, ScreenPresso juga bisa merekam layar pada sebuah video.yang diputar di PC atau laptop. Nantinya, hasil perekaman dan screenshot aka nada watermark dari ScreenPresso.
ScreenPresson juga dilengkapi alat untuk mengedit gambar atau biasa disebut Image Editor, Widget dan bisa juga untuk mengirim tangkapan layar ke penyimpanan Cloud ScreenPresso.
Untuk penyimpanan cloud lain, ScreenPresso juga support untuk Google Drive, Drop Box, Micorosoft One Drive, Evernote, Youtube dan lainnya.

Jing

Jing merupakan software screenshot PC sederhana yang bisa digunakan di PC atau laptop yang bisa digunakan baik di sistem operasi Windows maupun Mac.
Penggunaan software tidak bertele-tele hanya punya mode capture satu saja, yakni Region yang bisa menangkap tangkapan layar baik itu dari foto/gambar dan video. Ada juga fitur berbentuk lingkaran berwarna oranye yang memungkinkan Anda mengaksesmenu Settings secara cepat.
Tidak hanya itu, setelah melakukan penangkapan layar, Anda akan dibawa ke semacam proses editing sederhana di Jing. Di situ Anda bisa menambahkan teks, atau bingkai dan lainnya.

Tags: