Tanaman yang Cocok Untuk Teras Rumah

Teras rumah adalah sudut pertama yang dipandang oleh orang. Tampilan teras yang menarik akan menjadi daya pikat tersendiri bagi siapa saja yang melihatnya.

Berikut ini merupakan beberapa contoh tanaman yang cocok untuk teras rumah, agar tampilan teras rumah Anda semakin indah dan sedap dipandang mata.

9 Jenis Tanaman yang Cocok Untuk Teras Rumah

tanaman untuk teras rumah
tanaman untuk teras rumah

1) Kaktus

Belakangan ini, kaktus sedang naik daun dan banyak digemari oleh masyarakat. Bentuknya yang unik dan perawatannya yang mudah menjadi alasan mengapa tanaman ini digemari masyarakat untuk mempercantik tampilan ruangan atau teras.

Tanaman dengan daun berbentuk duri ini banyak dipilih untuk hiasan karena memiliki warna dan bentuk yang beragam.

2) Suji

Mungkin Anda  masih sangat asing mendengar nama tanaman yang diberi nama suji ini. Namun, bagaimana dengan bambu rezeki, masihkah asing?

Suji adalah sebutan lain untuk tanaman bambu rezeki. Tanaman tanpa bunga ini cocok untuk mempercantik teras rumah Anda karena unik dan cantik.

Tampilan tanaman ini seperti pohon bambu yang berukuran kecil dengan daun yang panjang dan runcing.

Tanaman suji atau bambu rezeki ini sangat cocok bagi Anda yang menyukai tampilan sederhana dan minimalis.

Beberapa orang juga  percaya dan meyakini jika tanaman ini bisa mendatangkan keberuntungan, rezeki, dan berkah bagi pemilik rumah.

3) Lidah Mertua

Tanaman tanpa bunga ini juga cukup digemari masyarakat sebagai penghias teras atau ruangan. Lidah mertua memiliki daun yang panjang dan tebal sehingga bisa berdiri tegak.

Tanaman asal Afrika ini banyak dipilih untuk mempercantik tampilan teras atau ruangan karena perawatannya yang mudah, tidak membutuhkan banyak air, dan tidak memerlukan cahaya matahari yang terlalu banyak.

Tanaman ini juga bisa diletakkan di dalam ruangan ber-AC.

Agar tampilan tanaman lidah mertua ini makin indah dan menarik, sebaiknya gunakan pot yang tinggi atau pot yang ada penyangganya. Hal ini dimaksudkan agar daun lidah mertua tetap bisa berdiri dengan tegak.

4) Lili Paris

Tanaman Spider Plant atau yang akrab dengan sebutan lili paris ini cocok untuk menjadi penghias teras rumah Anda.

Lili paris memiliki daun yang panjang menjuntai ke bawah dan ujungnya dapat membentuk seperti laba-laba. Daunnya memiliki warna yang unik dengan corak putih atau kuning.

Tanaman ini memiliki kemampuan untuk menyerap racun yang ada di udara sehingga keberadaannya bisa membuat teras rumah Anda menjadi lebih sejuk dan udaranya lebih segar.

Tanaman ini akan semakin cantik dan menarik apabila diletakkan pada pot yang menggantung.

5) Heart of Philodendron

Tanaman ini memiliki bentuk daun seperti daun waru, namun lebih tebal dan mengkilap. Tanaman heart of philodendron akan terlihat indah saat diletakkan pada pot yang digantung.

Selain digantung, cara agar tanaman ini terlihat menarik adalah dengan menanamnya pada pot biasa yang diletakkan di sudut teras. Sama halnya dengan lili paris, tanaman ini juga memiliki kemampuan menyerap polusi.

6) Anggrek

Tanaman bunga ini tentunya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Ada banyak jenis tanaman anggrek yang terdapat di Indonesia.

Mahkota bunga yang indah dan berwarna-warni menjadi daya tarik dari tanaman bunga ini. Untuk perawatannya pun terbilang mudah.

Anda bisa menanamnya di pot kecil atau pot gantung agar terlihat lebih menarik saat diletakkan di teras rumah.

7) Geranium

Geranium merupakan salah satu tanaman yang cocok untuk teras rumah Anda karena memiliki warna bunga yang indah dan cantik.

Warna mahkota bunga yang cantik dan beraneka ragam akan membuat teras Anda menjadi lebih ceria dan berwarna.

Agar bunga geranium cepat mekar, Anda bisa meletakkannya di pot gantung dan terkena sinar matahari selama 6-8 jam setiap harinya.

8) Seruni

Siapa pun yang melihat keindahan bunga seruni pasti akan jatuh cinta karena keindahan mahkota bunganya yang berwarna-warni.

Tampilan bunga ini sederhana, namun bisa ,memberikan kesan manis dan ceria. Jenis tanaman bunga ini sangat cocok sebagai penghias teras, karena selain bunganya yang indah, perawatan untuk tanaman ini juga cukup mudah.

Seruni bisa ditanam di dalam pot-pot kecil dan bisa Anda letakkan di atas meja teras atau rak kecil yang dipajang di dinding teras.

Orang-orang keturunan Tionghoa meyakini jika tanaman ini merupakan lambang atau simbol kesuksesan dan kekayaan.

9) Buah Kumkuat

Berbeda dari tanaman-tanaman sebelumnya yang memiliki daya tarik dari daun dan bunganya, tanaman ini memiliki daya tarik tersendiri melalui buahnya.

Buah kumkuat atau yang dikenal juga dengan jeruk kalamansi biasanya dijadikan tanaman bonsai dan ditanam di dalam pot.

Meski dijadikan bonsai, tanaman ini tetap bisa menghasilkan buah yang banyak jika Anda melakukan perawatan yang baik dan benar.

Warna jingga buah kumkuat ini juga dapat memberikan kesan ceria teras rumah Anda.

Informasi di atas bisa Anda jadikan referensi untuk memilih tanaman yang cocok untuk teras rumah agar teras rumah Anda terlihat semakin cantik dan menarik.

Jika berminat, tanaman-tanaman di atas bisa Anda temukan dengan mudah di penjual tanaman hias dengan harga yang relatif murah dan terjangkau.

Tags: