Telaga Remis Kuningan

Kuningan memiliki banyak sekali destinasi wisata yang patut kamu kunjungi. Salah satu destinasi wisata yang ada di kota Kuningan adalah Telaga Remis. Destinasi wisata ini merupakan surga yang tersembunyi dengan keindahan dan pesonanya.

Telaga Remis memiliki luas total wilayah sekitar 13 hektar. Sedangkan danau yang ada di wilayah ini adalah sekitar 3,2 hektar. Tempat wisata ini menyimpan berbagai macam jenis flora dan fauna yang tersebar di seluruh wilayah Telaga Remis. Kurang lebih terdapat sekitar 160 jenis tumbuhan semisal Malaka, Kosambi dan Sonokeling.

Sejarah Telaga Remis

Menurut cerita yang beredar, asal muasal nama Telaga Remis berasal dari kata Reumis yang memiliki arti tetesan embun. Pada masa itu, Raja Siliwangi sedang melakukan pertapaan di hutan batu yang memiliki kontur tanah sangat tandus. Maka Raja Siliwangi menggunakan air embun yang ia dapat dari dedaunan untuk minum.

Setelah haus mereda, air embun tersebut di buang sisanya dan Raja Siliwangi meramalkan bahwa tempat ini akan menjadi telaga yang indah. Itu salah satu cerita masyarakat yang beredar. Namun, Ada juga yang mengatakan bahwa di sekitar wilayah ini ada banyak sekali hewan remis seperti kerang kecil dan siput dengan warna kekuningan.

Hal Menarik dari Telaga Remis

Telaga Remis Kuningan

Destinasi wisata Telaga Remis memiliki daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Meskipun lokasi dari destinasi wisata ini tersembunyi namun tidak menghalangi para wisatawan yang ingin singgah dan menikmati keindahan dari Telaga Remis. Berikut ini adalah beberapa hal yang menjadi daya tarik dari destinasi wisata alam yang ada di Kuningan ini.

Aktivitas Adventure

Di kawasan wisata ini kamu bisa melakukan petualangan seru dengan menggunakan Offroad atau bisa juga dengan cara tracking. Setelah berpetualang, kamu bisa mendirikan tenda untuk camping bersama dengan kawan-kawan mu.

Spot Foto

Tidak bisa di pungkiri bahwa destinasi wisata Telaga Remis ini memiliki view yang sangat instagramable. Kamu bisa melakukan selfie di beberapa lokasi semisal di dekat danau atau di jembatan yang ada di wilayah tempat wisata ini.

Panorama Alam

Daya tarik utama dari tempat wisata ini tak lain adalah keindahan yang sungguh mempesona. Ketika kamu sampai di Telaga Remis ini kamu akan di suguhkan dengan banyak pepohonan yang memberi udara sejuk.

Tak hanya itu, air di danau yang jernih dan semua itu akan membuat tenang hati dan jiwa mu. Sejenak kamu bisa melupakan penat akan rutinitas yang membosankan atau mungkin kamu bisa melupakan mantan.

Ada banyak ide wisata yang bisa kamu kunjungi di Jawa Barat, khususnya kabupaten Kuningan. Untuk rekomendasi lainnya, silahkan cek situs rutemu.

Lokasi Telaga Remis

Lokasi dari Telaga Remis ini adalah berada di Desa Kaduela, Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Untuk sampai di area wisata ini, dari Kuningan kamu menuju ke arah majalangka dengan jarak kira-kira 20 km. Kamu bisa gunakan google maps untuk lebih memudahkan perjalanan atau bisa juga kamu datang ke tempat wisata ini bersama dengan orang yang pernah mengunjungi Telaga Remis.

Harga Tiket Masuk Telaga Remis

Untuk dapat menikmati panorama dan keindahan dari Telaga Remis ini kamu tidak perlu mengeluarkan biaya alias gratis. Hanya saja di perlukan biaya untuk parkir kendaraan. Untuk kendaraan sepeda motor, tarif parkir sebesar seribu rupiah. Untuk mobil pribadi, tarif parkir yang berlaku sebesar 2.5 ribu rupiah dan untuk bus pariwisata atau kendaraan roda enam biaya parkir yang berlaku sebesar 6 ribu rupiah.

Nah itulah sekilas mengenai destinasi wisata Telaga Remis yang ada di kota Kuningan. Kamu bisa langsung menghampirinya untuk melihat keindahan yang disajikan.

Tags: